Sukses


Bacaan Doa saat Salat Maghrib yang Bisa Mendatangkan Berkah

Bola.com, Jakarta - Dalam kegiatan ibadah umat muslim, salat Maghrib menjadi satu di antara momen suci yang ditunggu-tunggu, mempererat hubungan individu dengan Sang Pencipta.

Berdiri di antara terbenamnya matahari dan gelapnya senja, salat Maghrib adalah waktu yang dirindukan untuk mengabulkan doa-doa, memohon ampunan, dan memohon berkah kepada Allah.

Ada beberapa bacaan doa setelah salat Maghrib, yang secara tradisional telah diyakini membawa berkah bagi kehidupan kita.

Dalam doa-doa ini, kita akan menemukan makna yang dalam, kebijaksanaan spiritual, dan harapan yang mengalir dalam setiap kalimatnya.

Kita akan menemukan ungkapan syukur, permohonan ampunan, permintaan petunjuk, serta doa-doa perlindungan dan keberkahan bagi keluarga, diri sendiri, dan umat Islam di seluruh dunia.

Berikut bacaan doa saat salat Maghrib yang bisa mendatangkan berkah, disadur dari Dream, Jumat (24/11/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa saat Salat Maghrib yang Bisa Mendatangkan Berkah

Berikut adalah bacaan doa salat maghrib yang bisa umat muslim amalkan selepas mengerjakan salat:

A’uudzu bollaahi minasy-syaithaanir-rajiim. Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahi rabbil ‘alamin hamda yuwafi wayukafi mazidahu.

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan yang memelihara seluruh alam. Segala puji (bagi Allah) yang telah memenuhi semua nikmat-Nya dan mencukupkan tambahannya.”

Selain itu, umat muslim bisa membaca doa salat maghrib berikut:

Yaa rabbanaa lakal-hamdu kamaa yambaghii li jalaali wajhikal-kariimi wa ‘azazhiimi sulthaanik.

Artinya: "Wahai Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji, sebagaimana pujian itu patut terhadap keagungan dan kemuliaan-Mu serta keluhuran kerajaan-Mu."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa saat Salat Maghrib yang Bisa Mendatangkan Berkah

Membaca Ayat Kursi

Setelah itu dilanjutkan dengan membaca ayat kursi yang ada dalam surah Al-Baqarah ayat 255 berikut:

Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzi yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati warladh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa huwal aliyyul adziim. (QS. Al-Baqarah: 255).

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Membaca Istighfar 3 Kali

Bacaan doa salat Maghrib yang terakhir adalah membaca istighfar sebanyak tiga kali. Berikut adalah bacaannya:

Astaghfirullah Hal'adzim, Aladzi Laailaha Illahuwal Khayyul Qoyyuumu Wa Atuubu Ilaiih.

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung yang tiada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 4/4/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer