Sukses


Gak Nyangka, Mendag Zulkifli Hasan Jadi Host Shopee Live Jual Produk UMKM yang Sukses Ekspor

Bola.com, Jakarta Menyambut Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 12.12, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, menjadi host live shopping dadakan di Shopee Live, Senin (11/12/23). Dalam sesi tersebut, Zulkifli Hasan sukses menawarkan produk rok dan daster plisket, serta sepatu wanita produksi UMKM lokal yang sudah berhasil ekspor bersama Shopee, yakni Gosisonline dan Mikhayla Shoes.

Mendag Zulkifli Hasan terlihat lihai saat memandu sesi live shopping Harbolnas di Shopee LiveDirinya kerap kali berinteraksi dengan para penonton Shopee Live, sambil menunjukkan beberapa produk lokal yang ada di etalase. Namun, Zulhas nampak kaget, saat menyebutkan harga dari produk lokal.

“Wah ini daster berapa ini? Cuma 80 ribu masih diskon jadi 60 ribu? Wah ini kalau di Prancis harganya 100 Dollar ini, 1,6 juta,” ujar Zulkifli.

Begitu pula saat Zulhas menawarkan sepatu produksi UMKM lokal asal Bogor, Mikhayla Shoes, dengan harga diskon kepada para penonton.

“Wah ini sepatu bagus gini dari harga 55 ribu, cuma di live ini jadi 26 ribuan saja. Ayo buruan diborong, rugi ini kalau nggak dibeli," kata Zulkifli.

2 dari 3 halaman

UMKM Menopang Ekonomi Indonesia

Tidak hanya memandu acara live shopping, dalam kesempatan tersebut Zulhas juga berbincang-bincang dengan dua UMKM lokal yang sudah sukses ekspor di Shopee.

Dirinya menjelaskan bahwa sektor ini memiliki peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

“UMKM menopang masa depan ekonomi Indonesia, kenapa? Karena 64% bisnis di Indonesia berasal dari UMKM, Kuncinya UMKM maju, ekonomi maju.” jelas Zulhas.

Ia juga yakin kalau UMKM lokal akan bisa lebih berkembang melalui e-commerce.

"Kamu semua bisa jualan bahkan sampai ke luar negeri, semuanya ada lengkap kan? Kaya mas Ardi ini sampai diajarin buka toko dan pakai fitur-fitur di Kampus Shopee, jadi omset bisa tambah banyak," tambah Zulkifli Hasan.

3 dari 3 halaman

Cerita UMKM Sukses Ekspor

Merespon pertanyaan menteri, pemilik Gosisonline, Achmad Ardi Kurniawan turut menceritakan kisahnya ketika memulai bisnis online.

“Dulu saya jualan tapi pesanan datangnya nggak tentu. Tahun 2018 itu saya mulai jualan di Shopee, belajar jualannya di Kampus Shopee. Alhamdulillah setelah 3 bulan berjalan, satu hari bisa puluhan sampai ratusan pesanan Pak. Bahkan waktu Covid, pesanan saya tembus di 1000-2000 per hari,” ungkap Ardi.

Sama halnya dengan Ardi, owner dari Mikhayla Shoes, Esa Bella, juga merasakan bisnisnya berkembang sangat pesat setelah beralih ke sistem online.

“Saya merasakan sekali kemudahan sistem jualan online ini. Apalagi saat masuk Shopee, terasa terbantu sekali saya sama fitur-fiturnya,seperti seller center, selain itu promo-promo tanggal kembar, dan momen harbolnas itu juga nggak boleh saya lewatkan, karena paling tidak omset meningkat bisa 2-3 kali lipat,” kata Esa.

Hingga saat ini, Shopee memang tercatat telah banyak berinvestasi untuk UMKM lokal. Tidak hanya melalui fitur-fitur marketing unggulan yang membuat omset UMKM seperti Gosisonline dan Mikhayla Shoes melejit, namun juga membantu mereka untuk bisa berkembang secara global.

Misalnya saja melalui Program Ekspor Shopee yang memungkinkan UMKM lokal untuk menjual produknya hingga Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin. Shopee juga menghadirkan sejumlah inisiatif pengembangan UMKM lewat program Bimbel Shopee, Kampus UMKM Shopee, dan Gerakan Ekspor Serentak, juga menjadi bentuk dukungan nyata dalam memajukan ekonomi kreatif di tanah air.

 

(*)

Video Populer

Foto Populer