Sukses


SAC Indonesia 2023: Tiba di Solo, 288 Pelajar Siap Bersaing di Level Nasional

Bola.com, Solo - Puncak kegiatan SAC Indonesia 2023 telah digelar di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, 18-20 Januari 2024. Para peserta mendapatkan kesempatan menjajal lintasan dan arena yang akan digunakan untuk bertanding pada Kamis (18/1/2024).

National Championship untuk kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia ini diikuti 288 pelajar tingkat SMA/sederajat dari enam regional, masing-masing Sumatra, Jawa Barat, Bali-Nusa Tenggara, Jawa Tengah, DKI Jakarta-Banten, dan Jawa Timur.

Peserta National Championship ini adalah para pelajar tingkat SMA/sederajat berstatus juara, runner-up, dan peringkat ketiga dari lima nomor atletik yang diperlombakan dalam rangkaian fase kualifikasi regional SAC Indonesia 2023.

Kelima nomor itu adalah sprint (lari 100 meter), middle distance (lari 1.000 meter), relays (lari estafet 4x100 meter), long jump (lompat jauh), dan shot put (tolak peluru).

Tiba di Solo pada Kamis (18/1/2024), para atlet pelajar National Championship SAC Indonesia 2023 ini langsung hadir di Stadion Sriwedari untuk menjajal arena perlombaan.

Mereka juga mendapatkan athletic clinic dan sharing session bersama legenda sprinter legendaris Indonesia, Suryo Agung Wibowo. Kemudian peserta juga diberikan kesempatan menjajal lintasan dan berlatih di stadion legendaris itu.

Dalam kesempatan itu, Suryo Agung mengajak para peserta untuk diskusi mengenai fase akselerasi hingga kecepatan maksimal, sebuah tahapan penting dalam perlombaan sprint yang memang menjadi nomor yang dikuasainya.

"Saya tentu excited. Saya ikut melihat perkembangan SAC Indonesia selama dua tahun ini," ujar Suryo Agung.

"Beberapa waktu lalu, saya mengantar para pelajar jebolan SAC Indonesia berlaga di kompetisi internasional SEA Youth Athletics Championship. Beberapa dari mereka berhasil merebut medali emas."

"Tentu bisa beragi ilmu seperti ini sangat menyenangkan bagi saya, lanjut mantan atlet yang kini menjadi anggota talent scouting PB PASI itu.

 

2 dari 2 halaman

Minat Terhadap Atletik di Solo Besar, Pelajar SD dan SMP Diajak Terlibat

Selain menggelar puncak SAC Indonesia 2023, panitia juga menggelar event pendukung bertajuk Junior Challenge. Kompetisi itu diikuti pelajar SD dan SMP dari Solo Raya.

Ada 1.790 pelajar yang ambil bagian dalam lomba Kid's Athletics, kemudian Middle Distance 800m, Relays 5x80m, Relay 8x50m, Sprint 60m, dan Sprint 80m. 

Kegiatan itu digelar oleh Pengprov PASI Jawa Tengah karena adanya minat yang tinggi dari pelajar tingkat SD dan SMP di Solo terhadap atletik.

"Event yang bagus sekali. Ini justru membantu program pembinaan kami. Pengprov PASI itu punya pembinaan usia dini dan biasa hanya dilakukan lewat kegiatan POPDA atau kejuaraan pelajar lain. Dengan SAC Indonesia ini, bisa menghadirkan kompetisi yang sifatnya massal," ujar Sekretaris Umum PASI Jawa Tengah, Herma Hayu.

 

Video Populer

Foto Populer