Sukses


Macam-Macam Teknik Menembak dalam Permainan Basket

Bola.com, Jakarta - Teknik menembak dalam permainan basket adalah sat keterampilan penting yang harus dikuasai oleh para pemain basket.

Dalam permainan basket, kemampuan untuk menembak dengan akurat dan konsisten merupakan satu di antara faktor kunci untuk mencetak skor dan mengalahkan lawan.

Teknik ini melibatkan berbagai fakto, seperti postur tubuh, gerakan tangan, posisi kaki, dan fokus mental yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang optimal.

Seorang pemain basket perlu memperhatikan beberapa hal dalam melatih teknik menembak, antara lain adalah postur tubuh yang benar. Postur tubuh yang baik membantu dalam menjaga keseimbangan dan stabilitas saat menembak sehingga meningkatkan akurasi tembakan.

Selain itu, gerakan tangan memegang peranan penting dalam teknik menembak. Posisi jari, sudut siku, dan gerakan pergelangan tangan berpengaruh pada arah dan kecepatan tembakan.

Lalu, posisi kaki juga penting dalam teknik menembak. Posisi kaki yang benar membantu dalam memberikan kekuatan dan stabilitas saat melakukan tembakan.

Terakhir, fokus mental dan konsentrasi turut menjadi bagian penting dalam teknik menembak.

Ada beberapa teknik menembak dalam permainan basket. Agar lebih paham lagi, berikut macam-macam teknik menembak dalam permainan basket, Senin (19/2/2024).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Teknik Menembak dalam Permainan Basket

Jump Shot

Pemain melompat ke atas saat menembak untuk menghindari blok dari pemain lawan.Teknik ini cocok untuk menembak dari jarak menengah hingga jauh.

Layup

Pemain membawa bola mendekati ring dan melakukan lemparan yang lembut saat mendekati ring untuk mencetak skor.

Layup umumnya digunakan ketika pemain berada dalam jarak dekat dengan ring.

Hook Shot

Pemain melempar bola dengan gerakan melingkar, menggunakan lengan yang ditekuk pada siku. Teknik ini efektif ketika pemain berada dalam jarak dekat dengan ring dan ingin menghindari blok.

Finger Roll

Pemain menggulung bola dengan ujung jari-jari saat mendekati ring. Teknik ini memberikan sentuhan lembut dan kontrol lebih baik pada bola.

Fadeaway Shot

Pemain melangkah mundur sambil melompat dan menembak bola dengan gerakan melambung ke belakang.

Teknik ini digunakan untuk menjauh dari pemain lawan dan menciptakan ruang tembak.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Teknik Menembak dalam Permainan Basket

Bank Shot

Pemain memantulkan bola ke papan pantul sebelum bola masuk ke ring. Selanjutnya gunakan papan sebagai bantuan dapat meningkatkan akurasi tembakan.

Free Throw (Tembakan Bebas)

Pemain melakukan tembakan bebas dari garis lemparan bebas setelah mendapatkan pelanggaran dari pemain lawan.

Konsentrasi dan teknik yang baik sangat penting dalam tembakan bebas.

Three-Point Shot

Pemain menembak bola dari luar garis tiga poin untuk mencetak skor lebih tinggi. Dalam melakukan teknik tersebut diperlukan kekuatan dan akurasi yang baik dalam teknik ini.

Step-Back Shot

Pemain melakukan gerakan melangkah mundur sebelum menembak untuk menciptakan ruang antara dirinya dan pemain lawan. Teknik ini efektif untuk menghindari blok.

Pull-Up Jumper

Dalam melakukan tekni ini pemain bergerak dengan dribel dan kemudian melakukan lompatan untuk menembak saat masih bergerak. Teknik ini sering digunakan dalam situasi serangan cepat.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan tautan ini.

Video Populer

Foto Populer