Sukses


Begini Kisah Perjalanan Avoskin bersama Shopee yang Sukses Hadirkan Produk Perawatan Berkualitas

Bola.com, Jakarta Permintaan masyarakat akan produk kecantikan lokal untuk semakin kreatif dengan mengedepankan kualitas bahan baku yang baik, menjadikan kosmetik dan perawatan kulit semakin populer. Hal tersebut ternyata dilihat sebagai peluang menjanjikan bagi Anugrah Pakerti selaku Founder Avoskin, untuk mendirikan brand lokal kecantikan Avoskin pada 2014. 

Terinspirasi dari kata 'Avocado'  yang mencerminkan unsur natural, Avoskin ingin memastikan konsumennya bisa merasakan produk skincare yang aman dengan memanfaatkan bahan dari alam.

Kini, perkembangan teknologi juga mempermudah proses distribusi dan akses konsumen terhadap berbagai produk kecantikan. Melalui platform online seperti Shopee, turut menunjang pertumbuhan UMKM dan brand lokal untuk memperluas pangsa pasar melalui fitur dan program yang ditawarkan.

Anugrah Pakerti selaku Founder Avoskin menceritakan awal kisah hadirnya Avoskin. Dia mengatakan bahwa Avoskin menemukan situasi dimana beberapa konsumen masih mencoba produk yang belum terjamin keamanannya hingga berbahaya buat kulit mereka. Maka dari itu, Avoskin hadir untuk menyajikan skincare lokal yang mengedepankan bahan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. 

"Saat peluncurannya, Avoskin fokus pada produk basic seperti pelembab, namun seiring berjalannya waktu mulai menghadirkan cleanser dan produk lainnya. Hingga pada tahun 2016, Avoskin merilis Perfect Hydrating Treatment Essence (PHTE) dan berhasil membuat Avoskin dilirik oleh pasar Indonesia lebih besar lagi. Dan sejak awal, brand kami sendiri lebih berfokus pada penjualan online sehingga memudahkan orang untuk mencoba produk kami, termasuk salah satu langkah strategis kami adalah bergabung dengan platform Shopee," katanya. 

Produk-produk yang saat ini diproduksi oleh Avoskin sangat variatif dan bisa digunakan unisex, baik wanita maupun pria. Avoskin berkreasi untuk merilis setiap produknya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen yang beragam. Melalui bisnisnya, Avoskin berkomitmen untuk mengambil peran dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja dan kontribusi terhadap perekonomian lokal. 

Selain itu, unique selling point dari produknya adalah pemilihan natural ingredients dan konsep sustainability yang terus diimplementasikan mulai dari proses supply chain, produksi hingga kampanye. Avoskin juga menggabungkannya dengan kandungan aktif seperti AHA, BHA, Tranexamic, Lactic Acid, Retinol dan lainnya yang juga teruji efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Selain Wanita, Avoskin Jadi Solusi Untuk Perawatan Diri Para Pria

Dalam urusan merawat diri, baik wanita dan pria tentu ingin menunjukkan penampilan terbaik dirinya. Menggunakan skincare maupun body care bukan hanya ditujukan untuk wanita, tetapi juga pria agar tampil memukau dan lebih percaya diri setiap harinya. Menurut penelitian, tekstur kulit pria lebih tebal dan memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif dibandingkan kulit wanita, sehingga kulit pria lebih rentan terhadap masalah jerawat hingga kusam. Ditambah lagi, aktivitas sehari-hari dan polusi juga berdampak pada semua kulit tanpa melihat gender.

Melihat hal tersebut, Avoskin memperkenalkan Refal Hady sebagai Local Brand Ambassador sejak tahun 2022. Avoskin dan Refal Hady merepresentasikan semangat dan misi yang sama yaitu berkarya dan selalu menyajikan performa terbaik. Refal merupakan sosok anak muda yang digemari oleh semua kalangan masyarakat, sehingga diharapkan dapat juga merangkul konsumen pria untuk lebih menyadari pentingnya merawat diri.

Biar para pria jadi tampil lebih menawan, berikut tahapan skincare Avoskin yang dapat digunakan di pagi dan malam hari:

Skincare Pagi Hari:

  1. Bersihkan wajah dengan Natural Sublime Facial Cleanser
  2. Hidrasi kulit dengan Perfect Hydrating Treatment Essence
  3. Gunakan Intensive Divine Day Cream
  4. Beri perlindungan tambahan dengan The Great Shield Sunscreen.

Skincare Malam Hari:

  1. Bersihkan wajah dengan Natural Sublime Facial Cleanser
  2. Nutrisi kulit dengan Your Skin Bae Toner Vitamin C
  3. Hidrasi kulit dengan Perfect Hydrating Treatment Essence
  4. Gunakan Your Skin Bae Serum Hyacross (untuk kulit kering)
  5. Kunci kelembaban kulit dengan Night Cream
3 dari 3 halaman

Kolaborasi bersama Shopee untuk Meningkatkan Peluang Bisnis

Dalam perjalanan bisnisnya, Avoskin terus berupaya mencari langkah strategis dalam mengadaptasi perkembangan teknologi dan tren penjualan online. Sejak awal berdiri, Anugrah menyadari pentingnya memanfaatkan platform e-commerce untuk menjangkau konsumen secara lebih luas. 

"Kami memilih Shopee karena melihat potensinya sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia. Tahun 2019, kami memutuskan untuk berkolaborasi dengan Shopee sebagai langkah strategis untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan visibilitas produk, dan penjualan melalui platform online. Sejak pertama kali berjualan di Shopee, Avoskin telah mengalami peningkatan penjualan yang luar biasa berkat fitur dan kampanye menarik yang ditawarkan oleh Shopee," ujar Anugrah.

Avoskin telah aktif memanfaatkan fitur dan program yang disediakan oleh Shopee untuk meningkatkan daya tarik produk dan memperluas jangkauan konsumen. Salah satu strategi yang gencar digunakan adalah kampanye angka kembar yang kian menjadi alasan utama pengguna berbelanja online dan berhasil menghasilkan lonjakan pesanan hingga 9 kali lipat dibandingkan hari biasa. 

Avoskin juga menyadari pentingnya membangun loyalitas konsumen yang dapat diperkuat melalui fitur-fitur yang ada di Shopee, seperti flash sale, voucher, dan live streaming. Juga berupaya memberikan layanan customer service yang responsif dan solutif melalui fitur chat di Shopee untuk menjawab pertanyaan dan menangani keluhan konsumen dengan baik.

Selain berbagai kampanye, Avoskin juga ingin meningkatkan interaksi yang lebih dekat dengan konsumen melalui fitur Shopee Live dan Shopee Video, dimana penjual dapat berinteraksi dan memperkenalkan produk secara lebih detail, serta tidak lupa memberikan penawaran menarik ketika mengadakan sesi live.

Setelah bergabung dengan Shopee, Anugrah mengatakan bahwa Avoskin merasakan performa yang luar biasa dengan peningkatan penjualan yang signifikan. Pada 2022, Avoskin telah melakukan aktivasi fitur Shopee Live sebagai bentuk strategi digital untuk memperkuat interaksi dengan konsumen. 

Kemudian dengan mengoptimalkan fitur Shopee Live kontribusi tersebut pada total pendapatan Avoskin berhasil mencapai 30-40% pada Mei 2024. Selain itu, menurut Anugrah, fitur tersebut juga dapat memberikan kesempatan bagi Avoskin untuk mendapatkan eksposur yang lebih banyak dan benefit voucher dari Shopee. 

"Tentunya juga sekaligus menarik konsumen baru dan memperkuat branding bisnis kami," kata Anugrah.

 

 

(*)

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer