Sukses


Angelika Friskylia Esvalda Tak Sabar Beraksi di Darts National Competition Series 03

Bola.com, Jakarta - Angelika Friskylia Esvalda tak bisa dipisahkan dari darts. Ia sudah mendapatkan banyak hal dari darts. Perempuan kelahiran Jakarta, 09 Februari 1995 ini mengenal darts karena bekerja di iDarts Jakarta pada 2013.

Kala itu, perempuan yang akrab disapa Angel ini diberikan pelatihan selama dua pekan untuk menjadi darts instructor yang bertugas menemani dan memberikan pembelajaran kepada pengunjung yang mau bermain darts di sana.

Angel sempat menjadi sosok yang populer karena bisa menarik minat banyak orang untuk mencoba bermain darts. Pada 2015, Angel pindah bekerja ke Phoenixdarts, kali ini berperan tidak hanya sebagai Darts Instructor tapi juga sekaligus sebagai Marketing Event yang bertugas melakukan aktivasi dan berbagai event darts di berbagai darts shop dan venue.

“Awal kenal darts itu karena kerja di resto yang punya banyak darts machine. Lama-lama jadi enjoy karena fun. Ketemu dan kenal banyak orang. Karena udah dapat fun nya jadi keterusan jadi hobi. Aku udah dapat banyak sekali dari darts," kata Angelika Friskylia.

"Pekerjaan, uang, teman, prestasi dan berbagai kenangan indah yang bisa dibilang membentuk aku menjadi pribadi seperti sekarang ini. Darts itu bukan sekadar olahraga dan permainan tapi sebuah paket komplet yang bisa memberikan banyak hal bagi semua orang," sambungnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Motivasi Khusus

Dalam perjalanannya, Angel berkembang menjadi salah satu pemain darts perempuan yang melanglang buana ke berbagai event dan kejuaran soft tip darts tak hanya di Indonesia tapi juga di berbagai negara.

Hongkong ADA Competition, Maxima Malaysia Soft Darts Open 2016, Asia International Darts Tournament Taiwan adalah beberapa event soft tip darts prestisius international yang pernah ia ikuti. 

“Ada motivasi khusus bertanding melawan rival dari negara lain karena kami tidak bertanding buat diri sendiri. Bangga bisa mewakili Indonesia di event kejuaraan Internasional itu gimana ya beda banget pokoknya. Apalagi kalau bisa dapat juara," katanya.

"Jujur nagih banget, Untuk event kejuaraan International, pencapaian terbaikku itu Juara Ketiga, ADA Hongkong Competition. Kalau di Malaysia Open, sampe 16 besar ladies single dan 8 besar di double," ucap Angelika Friskylia.

 

 

3 dari 4 halaman

Harapan Angel

Mulai menggeliatnya olahraga darts di Indonesia akhir-akhir ini ditanggapin dengan positif oleh Angel. Banyak hal-hal positif yang ia dapatkan. Angel sangat berharap darts bisa berkembang dan dikenal secara luas di Indonesia.

"Aspek positif yang bisa didapatkan kalau kita bermain darts itu banyak banget. Kita bisa melatih fokus dan konsentrasi. Motorik dan kemampuan kognifi kita juga akan semakin bagus. Circle pertemanan dan jaringan sudah pasti akan meluas. Paling utama adalah bermain darts itu bisa menjadi relaksasi dan rekreasi karena bermain darts itu fun dan bikin happy," katanya.

Angel yang mengaku mengidolakan pro player darts Jepang, Masumi Chino, dan Lourence Ilagan, pro player darts dari Philipina ini berharap berbagai pihak khususnya pemerintah bisa hadir dan memberikan dukungan untuk pengembangan darts di Indonesia.

Menurut Angel, hal utama yang dibutuhkan agar darts bisa berkembang dengan baik di Indonesia adalah ketersediaan alat-alat darts. Saat ini, masih sangat sulit untuk bisa mendaptkan dan membeli dartsboard, barrel, dan berbagai perlengkapan darts.

Soft Tip Darts Machine juga sangat langka. Mungkin bisa dihitung dengan jari, tempat yang memiliki darts machine karena memang bisa dikatakan semua provider soft tip darts machine memang sudah tidak ada yang beroperasi di Indonesia.

Setelah akses untuk mendapatkan peralatan darts atau tempat untuk bermain dart sudah ada barulah harus ada kompetisi yang konsistent agar masyarakat punya trigger untuk bermain darts. Ada wadah untuk beraktualisasi. Wadah untuk berprestasi.

Terakhir, yang menjadi faktor paling penting dalam pengembangan olahraga darts adalah adanya federasi atau asosiasi atau lembaga yang bisa memainkan peran sebagai regulator. Federasi atau asosiasi ini harus bisamendapatkan dukungan dari pemerintah agar pengembangan darts itu ada roadmap dan arahnya.

 

4 dari 4 halaman

Apresiasi Penyelenggaraan Darts National Competition

Angel sangat mengapresiasi penyelenggaraan Darts National Competition dan memastikan akan menjadi salah satu darts player yang berpartisipasi di Darts National Competition Series 03 yang akan diselenggarakan pada 29 dan 30 Juni 2024 di Tokyo Hub, PIK 2.

“Sebenarnya sudah dari awal pengin banget ikut Darts National Competition, bahkan dari Series 01. Saya kan ikut event Darts Champions Tournament 2023, Eksibisi event yang dibuat IEG sebelum Darts National Competition ini. Cuma kendala waktu susah banget," kanya.

"Saya kan sekarang sudah jadi ibu rumah tangga dan mengurus bisnis juga jadi ya gitulah. Makanya ketika ketemu waktunya, saya langsung daftar. Sudah tidak sabar merasakanvibe turnamen," sambung Angelika Friskylia.

Angel tidak punya target khusus di Darts National Competition Series 03 ini. Meskipun masih didominasi oleh pemain senior, Angel menilai para pemain muda punya potensi yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Semua pemain, menurut Angel punya peluang yang sama untuk saling mengalahkan satu sama lain.

Seperti di series-series sebelumnya, Darts National Competition Series 03 masih akan menggunakan format Round Robin to Single Knock Out dengan format permainan 501 Best Of Three untuk Babak Kualifikasi hingga Perempat Final dan format permainan 501 Best of Five untuk babak semifinal, peringkat ketiga, dan grand final.

Registrasi pendaftaran bagi semua pemain darts yang mau ikut berpartisipasi di Darts National Competiion Series 03 sudah dibuka dari 31 Mei 2024 hingga 23 Mei 2024. Para pemain yang berminat dapat mendaftarkan diri secara online di https://bit.ty/dncs3steeltip.

 

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer