Sukses


Indonesia Youth Games Dimulai oleh Panahan, Mainkan 5 Cabor dan Diikuti Ribuan Peserta

Bola.com, Jakarta - Indonesia Youth Games 2024 resmi digelar. Mempertandingan kejuaraan panahan indoor kategori pelajar tingkat nasional yang memperebutkan Piala Menpora.

Indonesia Youth Games dihadiri oleh ribuan peserta pelajar dari berbagai daerah. Selain panahan, terdapat empat cabang olahraga (cabor) yang juga dimainkan.

"Kami mendukung program pemerintah di mana atlet itu pembinaan mulai dari bawah terus berkembang," ujar Johansyah Lubis, penaggung jawab Indonesia Youth Games.

"Kami sepakat bahwa pembinaan itu dari usia muda dengan tahapan-tahapannya mulai dari usia dini hingga senior," jelas Johansyah.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

4 Cabor Lainnya

Empat cabor yang juga dipertandingkan di Indonesia Youth Games adalah pencak silat, karate, bola basket 3x3, dan bulutangkis.

Ribuan peserta mengikuti Indonesia Youth Games. Pencak silat, misalnya, yang mengundang animo hingga 2000 partisipan. Selain itu, 1000 pelajar juga berlomba di karate.

"Dimulai dari panahan saat ini, Total peserta panahan 500. Kemudian ada pencak silat yang pesertanya hampir menyentuh 2000 peserta, lalu ada Karate 1000 peserta, serta Basket 3x3, dan bulutangkis," ucap Johansyah.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasehat KONI DKI Jakarta, Sylviana Murni, mengapresiasi Indonesia Youth Games yang membuat para pelajar menjadi semangat dan bergairah berolahraga.

"Saya sangat mendukung kegaiatan ini. Ini adalah langkah awal kami untuk mendidik bagaimana jiwa yang sehat itu dilahirkan dari badan yang sehat," imbuh Sylviana Murni.

3 dari 3 halaman

Dibina sejak Usia Dini

DKI Jakarta mempunyai Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan (POPB) untuk SD. Sementara SMP dan SMA, terdapat Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP) yang terdiri dari 26 cabor.

"Mereka harus dibina dari usia dini. Oleh sebab itu, kami mempunyai program olahraga POPB dan PPOP. Semua fasilitasnya sudah standar nasional tingkat mahasiswa," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Andri Yansyah.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer