Sukses


    Eks Pemain Timnas Menangis Kenang Momen Juara SEA Games 1991

    Bola.com, Jakarta - Sudirman tidak bisa membendung air matanya saat bercerita tentang perjuangan Timnas Indonesia di SEA Games 1991. Saat itu, Tim Garuda meraih medali emas setelah menang adu penalti 4-3 atas Thailand di Rizal Memorial Stadium, Filipina.

    Tangis pemain yang akrab disapa Jenderal itu tak terbendung saat bercerita pertemuan dengan pelatih, Anatoli Polosin di ruang ganti stadion setelah Timnas Indonesia memenangi adu penalti. Pelatih asal Uni Soviet itu menunggu di ruang ganti karena tak berani menyaksikan drama adu penalti melawan tim Negeri Gajah Putih.

    "Saat itu, setelah pertandingan, dia bilang ke anak-anak, kalian luar biasa. Dia juga memeluk pemain satu per satu," ucap Sudirman sambil menahan haru saat diskusi bincang taktik "Mengembalikan Tradisi Emas Sepak Bola SEA Games" di Gedung KMK Online, Jakarta, Kamis (10/8/2017).

    "Hal itu membuat saya pribadi bangga, (medali) emas itu hingga 26 tahun ini, belum kita raih lagi," ia melanjutkan sambil terbata-bata.

    Sudirman merupakan satu di antara pahlawan Timnas Indonesia kala meraih medali emas di Manila. Mantan pemain Arseto Solo menjadi eksekutor keenam yang membawa Tim Garuda unggul 4-3 dalam drama adu penalti.

    Timnas Indonesia akhirnya memenangi drama adu penalti setelah Eddy Harto menggagalkan eksekusi penalti pemain Thailand dalam sistem sudden death. "Sebenarnya saat itu Bang Danurwindo menunjuk Robby Darwis tetapi karena dia menolak akhirnya saya yang mengajukan diri. Saya hanya refleks saja mengangkat tangan dan bersyukur bisa mencetak gol," ucapnya.

    Sudirman pun berharap Timnas Indonesia U-22 bisa merasakan sensasi yang ia dan rekan-rekan setimnya rasakan pada SEA Games 1991. "Semoga Indonesia bisa dapat emas lagi," katanya berharap.

    Tim asuhan Luis Milla tergabung bersama Thailand, Vietnam, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina di Grup B. Timnas Indonesia U-22 akan melakoni laga perdana dengan meladeni Thailand pada 15 Agustus 2017.

    Video Populer

    Foto Populer