Sukses


Hati Joao Bosco Terbelah buat Timnas Indonesia dan Timor Leste

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 bakal menjajal kekuatan Timor Leste dalam lanjutan penyisihan Grup B SEA Games 2017 di Stadion Selayang, Selangor, Minggu (20/8/2017). Joao Bosco Cabral mengaku amat antusias menyaksikan duel tersebut.

Sekadar informasi, Joao Bosco Cabral mantan pesepak bola berdarah Timor Leste. Hingga gantung sepatu pria berusia 41 tahun tersebut berkarier di Indonesia. Ia sempat membela PSPS Pekan Baru dan Persija Jakarta. Ia sempat beberapa kali dipanggil membela Timnas Indonesia.

Saat ini Bosco tinggal di Bali menekuni bisnis travel. Hingga saat ini ia masih aktif mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia dan juga tanah leluhurnya, Timor Leste.

"Tim Timor Leste yang saat ini tampil di SEA Games tidak lagi diperkuat pemain berdarah Brasil, imbas kasus paspor ilegal yang dipermasalahkan FIFA. Tanpa pemain keturunan, jelas ada pengaruh pada kekuatan tim. Timnas Indonesia U-22 jelas diuntungkan dengan situasi ini," ungkap Joao Bosco yang dikontak Bola.com pada Sabtu (19/8/2017) siang.

Timor Leste sendiri selalu punya masalah kontinuitas pembinaan. "Kami selalu punya pemain bagus di usia belia. Namun begitu lewat usia 17 tahun entah mengapa penampilan pemain berbakat melorot. Ketiadaan kompetisi junior di usia-usia jelang senior jadi persoalan. Federasi sepak bola Timor Leste terlihat belum bisa menyelesaikan masalah ini," ungkap Bosco.

Joao Bosco melihat performa Timor Leste U-22 memperlihatkan grafik menanjak. Anak asuh Kim Shin-hwan tampil buruk saat menghadapi Vietnam. Mereka dipermak 0-4. Namun, selanjutnya saat menghadapi Thailand, permainan tim membaik. Mereka hanya kalah tipis 0-1.

"Saat menghadapi Thailand terlihat Timor Leste mulai menemukan bentuk permainan terbaik. Saya punya keyakinan saat menghadapi Indonesia para pemain akan fight. Ada rasa ingin membuktikan kalau mereka tidak kalah dibanding Indonesia, yang berstatus saudara tua," ujarnya.

Joao Bosco Cabral mengakui hatinya terbelah saat pertandingan Timor Leste kontra Indonesia. "Biar bagaimana pun saya cari makan dan hidup puluhan tahun di Indonesia. Saya berharap Tim Merah-Putih bisa sukses di SEA Games 2017. Namun, saat menghadapi Timor Leste, situasinya beda. Saya juga tidak ingin tim kampung halaman saya jadi bulan-bulanan," kata mantan pesepak bola berambut gondrong tersebut.

Lantas prediksi hasil pertandingan versi Joao Bosco Cabral akan seperti apa? "Bicara kualitas permainan Timnas Indonesia U-22 lebih unggul dibanding Timor Leste. Namun berbeda dengan saat menghadapi Filipina, kali ini Evan Dimas dkk. tidak akan menang mudah. Malah jika tidak waspada, skor akhir bisa imbang."

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer