Sukses


    Prediksi Timor Leste Vs Indonesia: Optimistis Tanpa Meremehkan

    Bola.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia U-22 menghadapi Timnas Timor Leste U-22 pada laga ketiga penyisihan Grup B SEA Games 2017, Minggu (20/8/2017), di Stadion Selayang, Selamhor. Optimisme terlihat dari pemain Tim Garuda Muda meski sikap tidak mau meremehkan lawan tetap menjadi prinsip.

    Timor Leste dalam dua laga awal SEA Games 2017 belum sekali pun meraih kemenangan. Tim asuhan pelatih Kim Shin-hwan itu dipukul 0-4 oleh Vietnam di laga perdana sebelum kalah tipis 0-1 dari Thailand di laga kedua.

    Namun, kemampuan Timor Leste membuat Thailand hanya menang tipis membuat Indonesia harus waspada. Asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Bima Sakti, mengungkapkan pelatih Luis Milla meminta agar pemain-pemainnya tetap fokus dan tidak memandang lawan dengan sebelah mata.

    "Pesan Luis Milla selalu sama. Tidak ada lawan yang mudah dan semua harus dihadapi dengan respek yang sama," ujar Bima Sakti.

    Luis Milla akan menurunkan tim terbaik yang dimiliki dalam laga ketiga ini. Skuat yang turun dalam laga kontra Thailand di pertandingan pertama tampaknya akan dimainkan, minus Muhammad Hargianto.

    Gelandang Persija Jakarta itu sempat ikut dalam sesi latihan taktik Timnas Indonesia U-22 di Stadion Universiti Kebangsaan Malaysia. Namun, kemudian ia harus mendapatkan perawatan di lutut kanan, masalah yang diperolehnya saat melawan Filipina. Hanif Abdurrauf Sjahbandi kemungkinan besar akan mengisi posisi yang ditinggalkan Hargianto.

    Rotasi pemain menjadi salah satu solusi. Namun, dari pantauan Bola.com, rotasi yang dilakukan adalah mengembalikan semua pemain yang tampil dalam laga kontra Thailand sebagai starter.

    "Rotasi akan terus dilakukan karena jadwal pertandingan akan mepet. Ada beberapa pemain juga yang masih terasa. Hargianto masih akan kami lihat besok. dia masih tahap terapi," ujar Bima.

    Pada Sabtu (19/8/2017), para pemain Timnas Indonesia U-22 juga menjalani sesi dalam ruang, yakni mempelajari permainan lawan melalui rekaman video.

    "Kami beri gambaran kepada pemain bagaimana kinerja Timor Leste saat bertahan dan saat menyerang. Jadi semua pemain harus fokus dan konsentrasi untuk menghadapi permainan mereka," ucapnya.

    Timor Leste Santai

    Lantas bagaimana dengan Timor Leste? Bisa dibilang urutan laga yang dijalani negara yang pernah jadi provinsi di Indonesia ini tidak menguntungkan. Pasalnya, dalam tiga pertandingan beruntun mereka harus menghadapi tim-tim tangguh di Grup B, diawali dengan Vietnam, Thailand, dan hari ini, Indonesia.

    Alhasil, pelatih Timnas Timor Leste U-22, Kim Shin-hwan, mengaku semakin mengetahui kekuatan tim-itu. Dan menurutnya, Indonesia ada di urutan kedua.

    "Vietnam paling kuat, number one. Saya lihat persiapan mereka sudah lama. Sebelum ke SEA Games mereka latihan di Korea Selatan. Kedua, Thailand dan Indonesia, yang sama-sama kuat," ujarnya.

    Menariknya, mengetahui tantangan berat yang dihadapi anak asuhannya, pelatih asal Korea Selatan itu justru tampak santai. "Kami tahu Indonesia pasti menginginkan kemenangan. Tapi yang penting buat kami, main serius. Tidak usah mikir soal menang dan kalah," ucapnya.

    Pelatih yang mendapat julukan Guus Hiddink-nya Korea Selatan itu juga membeberkan kondisi timnya, yang hanya punya waktu efektif melakukan persiapan selama tiga hari sebelum ke SEA Games 2017. "Ada yang sakit, ada yang bermain di liga. Tapi, sekarang kami membaik," ungkapnya.

    Tentu saja, pernyataan pelatih Timor Leste itu diharapkan tidak membuat Timnas Indonesia U-22 terlena. Optimisme tetap utama, namun sikap tidak mau meremehkan lawan tetap menjadi prinsip.

    Prakiraan Formasi Pemain

    Prakiraan Formasi Pemain
    Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Kurniawan Kartika Ajie (kiper); Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanussa (belakang); Hanif Abdurrauf Sjahbandi, Evan Dimas, Septian David Maulana (tengah), Febri Hariyadi, Marinus Wanewar, Osvaldo Haay (depan)
    Pelatih: Luis Milla


    Timor Leste U-22 (4-3-3): 20-Fagio Augosto (kiper); Andelino De Oliveira, Jorge Sabas Victor, Nelson Viegas, Gumario Da Silva Moreira (belakang); Kornelis Nahak Portelo, Nataniel Reis, Jorge Alves (tengah); Rufino Walter Gama, Danilson Conceicao Araujo, Henrique Cruz (depan)
    Pelatih: Kim Shin-hwan

    Live Streaming Timor Leste Vs Indonesia

    Duel Timnas Timor Leste U-22 vs Timnas Indonesia U-22 dalam partai ketiga penyisihan Grup B SEA Games 2017 digelar di Stadion Selayang, Selangor, Minggu (20/8/2017), jam 15.00 WIB. Pembaca Bola.com bisa menyaksikan pertandingan melalui player berikut ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer