Sukses


    Soal Bendera, Indonesia Akan Ajukan Nota Keberatan ke Malaysia

    Bola.com, Kuala Lumpur - Insiden kekeliruan pemasangan bendera Indonesia jadi Putih Merah di buku panduan pembukaan SEA Games 2017 berbuntut panjang. Sekretaris Menpora (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto, menyatakan kemungkinan akan mengajukan nota keberatan ke penyelenggara SEA Games terkait kekeliruan tersebut. 

    Gatot mengatakan akan membawa masalah ini The Malaysia Organising Committee (MASOC) SEA Games 2017. Jika tak ada penjelasan logis, masalah ini akan dibawa ke jalur diplomatik dengan mengajukan nota keberatan melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Malaysia.

    "Dalam tahapan pertama, CDM Indonesa bisa mengajukan nota permintaan klasifikasi pada OC Malaysia mengapa hal itu bisa terjadi. Jika terungkap fakta (adanya kemungkinan mereka berkilah macam-macam), maka Indonesia melalui KBRI bisa mengajukan nota keberatan mulai dari lunak hingga berat tergantung tingkat kesalahan mereka," kata Gatot dalam rilis yang diterima Bola.com, Sabtu (19/8/2017).

    "Bagaimanapun juga Malaysia bukan sekali ini jadi tuan rumah event olahraga internasional sehingga harusnya sensitif," tegas Gatot.

    Gatot meminta insiden semacam ini tidak menganggu fokus para atlet di SEA Games 2017. Menurut Gatot, biarlah urusan politis ini diselesaikan sesuai prosedur.

    "Kepada atlet diminta tidak terganggu apapun bentuk provokasinya karna harus fokus pada prestasi di SEA Games 2017. Biarlah urusan politis itu diselesaikan sesuai prosedur pimpinan kontingen dan KBRI," ucap Gatot.

    Kesalahan pemasangan gambar bendera Indonesia tersebut kali pertama diungkapkan Menpora, Imam Nahrawi. Dia kecewa mendapati kekeliruan pada buka panduan SEA Games 2017.  

    "Saya kaget setelah melihat bendera Indonesia dalam posisi terbalik di buku panduan SEA Games," ujar Menpora setelah acara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Sabtu (19/8/2017) malam.

    "Jelas kami akan protes kepada panitia penyelenggara SEA Games (Masoc)," ujar Imam Nahrawi, mengenai insiden pada pembukaan SEA Games 2017 tersebut. 

     

     

    Video Populer

    Foto Populer