Sukses


Wasit 28 Tahun asal Sri Lanka Pimpin Laga Malaysia vs Indonesia

Bola.com, Jakarta - Wasit kerap jadi sosok sentral dalam sebuah pertandingan. Apalagi, dalam pertandingan berlabeh penuh gengsi dan diprediksi berjalan panas seperti semifinal SEA Games 2017 yang mempertemukan Timnas Malaysia U-22 kontra Timnas Indonesia U-22, Sabtu (26/8/2017), di Stadion Shah Alam, Selangor.

Suporter Indonesia di manapun berada, tentu berharap wasit yang akan bertugas dalam laga penting nanti bisa menjalankan tugasnya dengan baik, tegas, dan adil.

Sesuai informasi yang diterima Bola.com, wasit yang bertugas jadi pengadil pada duel Malaysia versus Timnas Indonesia U-22 adalah Kasun Lakmal Weerakkody. Dia wasit asal Sri Lanka.

Sedikit rekam jejak sang pengadil, Kasun Lakmal Weerakkody berusia 28 tahun (kelahiran 1989). Dilansir dari situs resmi FIFA, Sabtu (26/8/2017), Kasun Lakmal Weerakkody merupakan satu dari lima wasit utama dari Sri Lanka yang punya lisensi FIFA dan saat ini masih aktif bertugas.

Di usia yang masih terbilang muda, dia sudah mengantongi lisensi FIFA pada 2016. Jadi, rekam jejaknya di level internasional masih belum banyak karena ia belum satu tahun jadi wasit FIFA.

Ia tercatat baru jadi wasit di turnamen-turnamen internasional di Asia pada 2017, semisal di Piala AFC dan Liga Champions Asia. Jam terbangnya jadi wasit utama di laga internasional yang melibatkan tim nasional juga masih minim.

Kasun Lakmal Weerakkody belum pernah memimpin pertandingan yang melibatkan klub asal Indonesia ataupun Timnas Indonesia. Namun, ia pernah jadi wasit pada laga yang melibatkan Timnas Malaysia maupun klub Malaysia, tepatnya di Piala AFC 2017 mempertemukan Tampines Rovers melawan Felda United pada 21 Februari 2017.

Selain itu, laga semifinal SEA Games 2017 antara Malaysia versus Indonesia ini bukan jadi tugas pertama Kasun Lakmal Weerakkody di SEA Games 2017 lantaran ia sebelumnya sudah jadi wasit di laga penyisihan grup. 

Kasun Lakmal Weerakkody bertugas memimpin duel Thailand kontra Timor Leste (Grup B, 17 Agustus 2017), serta Malaysia versus Myanmar (Grup A, 21 Agustus 2017). Pertandingan itu berkesudahan dengan skor 1-0 untuk kemenangan Thailand dan 3-1 untuk keunggulan Malaysia.

Video Populer

Foto Populer