Sukses


Tugu Api Kaldron SEA Games 2019 Seharga Rp13 Miliar Memicu Perdebatan

Bola.com, Manila - Tugu api kaldron SEA Games 2019 memicu perdebatan. Penyebabnya adalah karena biaya pembuatannya yang dianggap terlalu mahal karena menghabiskan dana sebesar 50 juta peso atau setara Rp13 miliar.

Kecaman tersebut datang dari Ketua DPD Filipina, Franklin Drilon. Menurut Drilon, jumlah tersebut dianggap pemborosan dan lebih baik dihabiskan untuk renovasi ruang kelas.

"Harga tugu api kaldron 50 juta peso. Apakah Anda menyadari dengan 1 juta peso per ruang kelas, dana itu bisa membangun 50 ruang kelas? Dengan kata lain, kita menyingkirkan 50 ruang kelas dengan imbalan 1 kaldron," kata Drilon dalam rapat yang digelar, Senin (18/11/2019).

Sementara itu, Kedua DPR Filipina, Alan Peter Cayetano, menyebut biaya pembangunan tugu kaldron api SEA Games 2019 terbilang murah. Jumlah tersebut lebih sedikit dari yang dikeluarkan Singapura ketika membangun tugu api kaldron untuk SEA Games edisi 2015.

"Tugu api kaldron yang menjadi sorotan lebih murah daripada yang dibangun Singapura empat tahun lalu yakni 63 juta peso," kata Cayetano yang juga menjabat sebagai Panitia Penyelenggara SEA Games Filipina (Phisgoc) seperti dikutip Inquirer, Selasa (19/11/2019).

Menurut Cayetano, tugu api kaldron SEA Games 2019 bukan sekadar monumen. Apalagi rancangannya dibuat seniman lokal, Bobby Manosa.

"Tugu api kaldron adalah simbol, namun bukan hanya sekadar simbol. Itu adalah simbol dari pertandingan-pertandingan yang mana merupakan Olimpiade atau SEA Games dan itu adalah sebuah seni," ujar Cayetano.

"Sementara itu, beberapa orang mungkin hanya melihatnya sebagai sebuah kaldron. Namun, kami melihatnya sebagai sebuah monumen. Kami melihat para atlet, kami melihat api uang membakar yang mewakili harapan dan semangat juang," tegas Cayetano.

SEA Games 2019 merupakan edisi keempat yang digelar di Filipina. Biaya penyelenggaraan SEA Games edisi XXX itu mencapai 7,5 miliar peso atau setara Rp2 triliun.

2 dari 2 halaman

Dibuka Presiden

SEA Games 2019 rencananya akan dibuka secara langsung oleh Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Upacara pembukaan akan berlangsung di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019).

SEA Games Filipina akan melombakan 529 nomor dari 56 cabang olahraga. Venue-venue pertandingan tersebar dalam 15 kota di seluruh Filipina.

Hendro Yap Si Raja Jalan Cepat Lengkapi Medali Emas Keempatnya di SEA Games 2019

Video Populer

Foto Populer