Sukses


    Mengenal Mereka yang Menjamin Asupan Gizi Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019

    Bola.com, Manila - Padatnya jadwal SEA Games 2019 membuat para pemain Timnas Indonesia U-22 harus membutuhkan stamina yang fit dan kondisi tubuh yang bugar. Hal itulah yang membuat para pemain harus mendapatkan asupan gizi yang tepat.

    Untuk mendapatkan asupan gizi di luar makanan, PSSI bekerja sama dengan salah satu penyedia jasa boga di Manila, Filipina. Adalah Mariana Fang, pemilik Warung Indo, yang menjamin kelancaran asupan gizi para pemain Timnas Indonesia U-22.

    Mariana Fang setiap hari mendapatkan tugas untuk menyediakan dan mengantar makanan tambahan buat pemain, tim kepelatihan, dan ofisial Timnas Indonesia U-22. Makanan tambahan yang dikirim sudah sesuai dengan arahan dari dokter Timnas Indonesia U-22, Syarif Alwi.

    "Jadi setiap hari dokter memberikan daftar makanan tambahan yang dibutuhkan Timnas Indonesia U-22 lengkap dengan jam konsumsinya. Nanti daftar tersebut diberikan ke mas Eko, yang langsung menyerahkan ke saya," kata Mariana Fang ketika ditemui wartawan di restoran miliknya.

    Wanita asal Medan, Sumatra Utara, itu mengaku daftar makanan pesanan yang untuk Timnas Indonesia U-22 berupa buah, camilan, dan sayur-sayuran.

    "Menu wajib adalah buah pisang setiap harinya. Nanti pisang ditemani apel atau pir. Kemudian kami diminta untuk membuat banana cake, banana sandwich, spaghetti, juga terkadang sayur capcay dan kangkung," ujar Mariana.

    Namun, perjuangan Mariana dan timnya dalam mendistribusikan makanan tersebut ke hotel setiap hari menemui kendala. Hal itu terjadi karena ketatnya pengawalan di hotel tempat Timnas Indonesia U-22 menginap.

    "Awalnya kami memang bekerja sama untuk menyediakan seluruh makanan Timnas Indonesia U-22 selama SEA Games 2019. Namun, akhirnya batal karena tidak mendapatkan persetujuan dari hotel. Untuk mengantarkan makanan pendukung seperti ini saja sulit, terkadang harus sembunyi-sembunyi ketika membawanya," ucap Mariana.

     

    Video

    2 dari 2 halaman

    Mengelola Sejak 2012

    Mariana Fang sudah mengambil alih Warung Indo sejak 2012. Dalam kesehariannya, Mariana dibantu beberapa staf yang merupakan pekerja asli Manila.

    "Kami mulai mengelola restoran ini sejak 2012 setelah mengambil alih dari pemilik sebelumnya. Saya di sini dibantu sama suami dan adik saya," ujar Mariana.

    Restoran yang menyediakan makanan Indonesia di Filipina ternyata cukup ramai. Terutama pada jam makan siang yang dipenuhi dengan para pekerja karena lokasi restoran yang berada di daerah perkantoran.

    "Pengunjungnya bukan hanya masyarakat Indonesia, melainkan juga orang asli Filipina. Mereka sepertinya menyukai makanan Indonesia semisal pecal ayam, pecal lele, dan menu favoritnya adalah rendang sapi," ujar wanita berusia 34 tahun itu.

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer