Sukses


    Menembus Kemacetan, Jurnalis Indonesia Dikawal Polisi Menuju Opening Ceremony SEA Games 2019

    Bola.com, Manila - SEA Games 2019 akan dibuka pada Sabtu (30/11/2019) di Philippine Arena, Bulacan. Puluhan jurnalis asal Indonesia turut meliput acara tersebut, termasuk Bola.com.

    Perjalanan jurnalis menuju Philippine Arena cukup seru. Sebagai informasi, GOR terbesar di dunia itu terletak di wilayah Bulacan. Untuk menuju ke sana, dari pusat kota Manila, normalnya sekitar 2 jam.

    Jurnalis Indonesia berkumpul di Hotel Diamond, Manila. Panitia sudah menyiapkan bus untuk membawa jurnalis ke lokasi. Sesuai jadwal, bus seharusnya berangkat dari Manila pada pukul 12.00 waktu setempat.

    Namun, bus terlambat datang. Jurnalis dan beberapa perwakilan kontingen, termasuk CdM Indonesia, Harry Warganegara, baru dijemput pada pukul 13.30.

    "Kami cukup panik karena sudah membayangkan macet di jalan. Tadi harus menunggu dulu dan tanya sana-sini sampai mendapat bus ke Bulacan," kata Muhammad Iqbal Ichsan, fotografer Bola.com yang bertugas di SEA Games 2019.

    Bus akhirnya berangkat menuju lokasi pembukaan. Karena terlambat, panitia langsung bergerak cepat menyiapkan Patwal, agar rombongan jurnalis dan perwakilan kontingen Indonesia tidak terkendala macet.

    "CdM Indonesia dalam satu rombongan dengan jurnalis, tapi di mobil yang berbeda," kata Iqbal.

    Pembukaan SEA Games 2019 dimulai pada pukul 19.00 waktu Filipina atau 18.00 WIB.

    2 dari 2 halaman

    Tak Bisa Memotret

    Panitia penyelenggara SEA Games 2019 (PHISGOC), akan membuat kejutan pada acara nanti. PHISGOC memang sedikit tertutup mengenai acara pembukaan. Namun, beberapa jurnalis Filipina membocorkan sedikit konsep acara tersebut.

    "PHISGOC terlalu merahasiakan apa saja acara yang disajikan pada pembukan. Kami hanya sedikit saja mengetahuinya," kata jurnalis Rajah Broadcasting, Michael Francisco yang diamini rekannya, Michael Galdiano.

    Menurut Galdiano, ada 11 ratu kecantikan Filipina yang sudah meraih gelar internasional akan dilibatkan dalam acara itu. Mereka akan membawa bendera peserta SEA Games ke-30 itu pada sesi defile.

    Dia menyebut, Miss World 2013, Megan Young akan membawa bendera Indonesia pada defile tersebut.

    Jurnalis Filipina itu juga memastikan, acara pembukaan SEA Games 2019 akan dimeriahkan oleh penyanyi papan atas Filipina. Selain itu, petinju legendaris Filipina, Manny Pacquiao, juga bakal terlibat dalam acara itu.

    Sayangnya, jurnalis Indonesia dan negara lain kecewa karena mereka tidak bisa memotret acara pembukaan. Panitia memberikan aturan bahwa hanya fotografer official saja yang bisa memotret acara tersebut.

     

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina di dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer