Sukses


    SEA Games 2019: Timnas Indonesia U-22 Kalah Dramatis dari Vietnam

    Bola.com, Manila - Timnas Indonesia U-22 kalah dramatis 1-2 dari Vietnam pada laga ketiga Grup B SEA Games 2019, Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Gol penentu kemenangan Vietnam tercipta pada injury time.

    Hasil ini membuat Tim Garuda Muda tetap berada di urutan tiga Grup B dengan nilai enam. Indonesia kalah produktivitas gol dari Thailand di urutan kedua, dan tertinggal tiga poin dari Timnas Vietnam U-22 yang berada di posisi tertas.

    Alhasil, Timnas Indonesia U-22 harus menyapu bersih kemenangan di dua laga sisa jika ingin lolos ke semifinal. Pada pertandingan selanjutnya, Indonesia akan bersua Brunei Darussalam di Binan Football Stadium, Binan, 3 Desember 2019.

    Sementara itu, pada hari yang sama, Timnas Vietnam akan bersua Singapura di Rizal Memorial Stadium.

    Timnas Indonesia U-22 tampil di bawah tekanan sejak bola digulirkan. Pergerakan Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tien Linh, dan Nguyen Trong Hoang yang menempati pos di lini depan kerap merepotkan barisan pertahanan Tim Garuda Muda. Akan tetapi, upaya Vietnam untuk mencetak gol selalu kandas.

    Timnas Indonesia U-22 yang tampil lebih sabar dalam membangun serangan berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-22. Berawal dari umpan lambung Asnawi Mangkualam dari sisi kanan, bola gagal ditangkap dengan baik oleh kiper Vietnam, Bui Tien Dung.

    Si kulit bundar pun membentur mistar gawang. Bola liar langsung disambar Sani Rizki untuk menjadi gol dengan sundulan. Indonesia 1 Vietnam 0.

    Pada menit ke-24, Timnas Vietnam mengancam gawang Indonesia lewat aksi Do Hung Dung. Namun, bola hasil tembakan Hung Dung yang memanfaatkan umpan Nguyen Trong Hoang masih melenceng di sisi kanan gawang Timnas Indonesia U-22.

    Memasuki menit-menit akhir, Vietnam semakin meningkatkan intensitas serangan. Namun, hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-22 tetap bertahan.

    2 dari 4 halaman

    Babak Kedua

    Masuk paruh kedua, Timnas Indonesia U-22 mendapat perlawanan sengit dari Vietnam. Pada menit ke-50, Vietnam memiliki kans untuk menyamakan kedudukan lewat aksi Nguyen Quang Hai.

    Namun, bola hasil tendangan Quang Hai yang memanfaatkan umpan dari Nguyen Tien Linh dari dalam kotak penalti masih dengan mudah diamankan Nadeo Argawinata.

    Masuk menit ke-64, gawang Timnas Indonesia U-22 kebobolan. Eksekusi sepak pojok Hung Dung mampu disambut Nguyen Thanh Chung menjadi gol dengan sundulan.

    Berhasil menyamakan kedudukan membuat Timnas Vietnam U-22 semakin meningkatkan intensitas serangan. Pada menit ke-75, Nguyen Hoang Duc nyaris membawa Vietnam berbalik unggul.

    Akan tetapi, bola hasil tendangan keras Hoang Duc yang memanfaatkan umpan sepak pojok Hung Dung masih jatuh tepat dipelukan Nadeo Argawinata.

    Pada menit ke-90+1, Vietnam berhasil menggandakan keunggulan. Bola hasil tendangan keras kaki kiri Nguyen Hoang Duc dari luar kota penalti menghujam deras gawang Timnas Indonesia U-22.

    Sampai pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan Timnas Vietnam tetap bertahan.

    3 dari 4 halaman

    Susunan Pemain

    Timnas Vietnam U-22 (3-4-3): 1-Bui Tien Dung; 5-Doan Van Hau, 18-Nguyen Thanh Chung, 3-Hyunh Tan Sinh (21-Nguyen Duc Chien 86'); 2-Do Thanh Thinh (6-Le Ngoc Bao 89'), 16-Do Hung Dung, 19-Nguyen Quang Hai, 4-Ho Tan Tai; 14-Nguyen Hoang Duc, 22-Nguyen Tien Linh, 8-Nguyen Trong Hoang.

    Pelatih: Park Hang-seo (Korea Selatan)

    Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): 12-Nadeo Argawinata; 14-Asnawi Mangkualam, 5-Bagas Adi, 2-Andy Setyo Nugroho, 3-Dodi Alekvan Djin (4-Nurhidayat Haji 76'); 16-Sani Rizki (17-Syahrian Abimanyu 81'), 7-Zulfiandi, 13-Racham Irianto; 18-Irkham Zakhrul Mila (10-Egy Maulana Vikri 65'), 20-Osvaldo Haay, 15-Saddil Ramdani.

    Pelatih: Indra Sjafri (Indonesia)

    4 dari 4 halaman

    Kabar Langsung dari Filipina

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer