Sukses


    Alami Patah Jari, Tiara Andini Tetap Sumbang Perak di MTB SEA Games 2019

    Jakarta Rider putri Indonesia, Tiara Andini Prastika, mempersembahkan medali perak dari cabor sepeda gunung (MTB) downhill SEA Games 2019 yang berlangsung di Tatlong Bunglo, Filipina, Senin (2/12/2019). Tiara yang mengalami patah jari kelingking sebelum beraksi harus puas tak bisa meraih medali emas.

    Bertanding dengan kondisi patah jari kelingking tangan kiri, pembalap asal Semarang, Jawa Tengah, itu sukses meraih medali perak SEA Games 2019 dengan catatan waktu tiga menit 16,9 detik.

    Medali emas MTB downhill SEA Games 2019 direbut pembalap tuan rumah Lea Denise Belgira dengan waktu 3 menit 9 detik. Sedangkan medali perunggu direbut oleh pembalap Thailand Vipavee Dekabales dengan waktu tiga menit 17,6 detik.

    "Untuk Tiara sangat luar biasa dengan kondisi jari kelingking yang patah masih mau berlomba dan meraih medali perak," kata manajer tim balap sepeda Indonesia, Budi Saputra, seperti dikutip Antara.

    Tiara pada awalnya memang ditargetkan mampu meraih medali emas mengingat ia adalah pembalap berpengalaman dan sarat dengan prestasi. Namun, ada sedikit masalah saat uji coba trek yang mengakibatkan cedera yang cukup serius.

    Kondisi ini jelas membuat manajemen timnas balap sepeda was-was mengingat Tiara Andini Prastika itu menjadi ujung tombak untuk meraih hasil terbaik pada sepeda downhill di SEA Games 2019.

    Dengan gagalnya Tiara meraih emas SEA Games 2019, maka dua peluang sudah hilang setelah sebelumnya dari nomor cross country (XCO) juga mengalami hal yang sama dan bahkan lebih kurang beruntung karena Zaenal Fanani dan Rafika Farisi terlempar dari tiga besar.

    2 dari 4 halaman

    Tambah Perunggu

    Hasil kurang bagus juga diraih di sektor putra. Popo Ariyo Sejati, yang diharapkan meraih medali gagal meraih hasil terbaik. Justru pembalap muda Andy Prayoga yang sukses merebut medali perunggu SEA Games 2019. Untuk emas dan perak direbut pembalap tuan rumah Filipina.

    "Di nomor putra Andy Prayoga mendapatkan medali perunggu. Bukan pencapaian terbaik untuk timnas downhill, tapi sudah maksimal dalam perjuangan ini," kata Budi menambahkan.

    Di sektor putra, medali emas dan perak direbut oleh pembalap tuan rumah John Derrick Farr dengan waktu dua menit 41,1 detik dan Barba Eleazar Jr dengan waktu dua menit 42,5 detik dan Andy dengan waktu dua menit 47,8 detik.

    Sumber: Antara

    Disadur dari: Liputan6 (Defri Saefullah/Windi Wicaksono, published 2/12/2019)

    3 dari 4 halaman

    Video

    4 dari 4 halaman

    Kabar Langsung Bola.com dari Filipina

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer