Sukses


    Ada Badai di Filipina, 8 Cabang Olahraga SEA Games 2019 Ditunda

    Bola.com, Manila - Badai Kammuri yang mengancam Filipina membuat sejumlah pertandingan SEA Games 2019 akan mengalami penundaan jadwal. Hal itu dilakukan karena badai tropis tersebut berpeluang mengganggu jalannya pertandingan.

    "Harap diperhatikan olahraga berikut di Subic akan memiliki perubahan dalam jadwal kompetisi karena kondisi cuaca," kata Karen Claire Caballero, Direktur Olahraga SEA Games 2019.

    Olahraga yang mengalami penundaan adalah voli pantai, canoe/kayak, muaythai, pencak silat, layar, triathlon, modern pentathlon, dan selancar yang digelar di daerah Subic. Namun, ada juga olahraga yang tetap akan berjalan di daerah yang terkena dampak badai.

    Olahraga tersebut adalah tenis meja, sepak takraw, catur, bola tangan pantai, dayung, renang laut lepas, dan selancar.

    Badai Kammuri saat ini sedang menerjang Filipina yang diawali dari sebelah barat yakni Subic. Badai tersebut berupa angin besar hingga hujan deras yang bisa menyebabkan banjir.

    Chef de Mission Kontingen Indonesia, Harry Warganegara, mengaku kejadian ini di luar kendali dari panitia penyelenggara. Hal itulah yang membuat keselamatan menjadi prioritas para atlet.

    "Namanya badai ini force majeure. Kami tidak bisa intervensi. Beberapa cabang olahraga SEA Games 2019 ditunda terutama yang digelar di luar ruang," ujar Harry Warganegara.

    2 dari 2 halaman

    Sudah Diprediksi

    Badai tersebut memang sudah diprediksi. Apalagi, Filipina memang sudah akrab dengan cuaca buruk, terutama angin topan.

    Panitia SEA Games, PHISGOC pun sudah mengantisipasi untuk cuaca buruk yang kemungkinan menimpa arena SEA Games outdoor. Jika terjadi angin topan, beberapa cabang olahraga tetap dipertandingkan, namun bisa jadi tanpa penonton.

    SEA Games 2019 digelar di empat wilayah, yakni Clark yang menjadi venue enam cabang olahraga, Metro Manila delapan cabor, Subic dua, dan tujuh cabang di Filipina selatan.

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina di dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer