Sukses


    Reaksi Ong Kim Swee Setelah Timnas Malaysia U-22 Tersingkir Dini dari SEA Games 2019

    Bola.com, Manila - Secara mengejutkan Timnas Malaysia U-22 harus angkat koper lebih dini dari SEA Games 2019. Tergabung di Grup A bersama Myanmar, Filipina, Kamboja, dan Timor Leste, Harimau Malaya sebenarnya difavoritkan melaju ke semifinal.

    Namun, faktanya, Timnas Malaysia U-22 gagal bersaing dengan Kamboja, yang akhirnya merebut satu tiket tersisa ke semifinal dari Grup A pada matchday terakhir (keempat), Rabu sore (4/12/2019).

    Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamboja menang 3-1. Seluruh gol tercipta di babak kedua, yakni lewat gol In Sodavid menit ke-56, Sieng Chanthea 57', Keo Sokpheng 68', sedangkan Malaysia mendapat gol hiburan pada menit ke-89 melalui Quentin Cheng.

    Sebelumnya, pada Senin (2/12/2019), Myanmar sudah lebih dulu menyegel tiket ke empat besar setelah menaklukkan Kamboja 2-1.

    Setelah pertandingan kontra Kamboja, pelatih Timnas Malaysia U-22, Ong Kim Swee, bersikap sportif menyikapi kekalahan tim asuhannya.

    "Selamat buat Kamboja. Kami mencoba untuk menang, tapi gagal. Timnas Malaysia U-22 tak bisa memaanfaatkan peluang dan harus membayar kekurangan itu. Pemain saya tak mengambil pelajaran dari kesalahan yang dilakukan pada laga sebelumnya," ujar Ong Kim Swee, dikutip dari Zing.

    "Hal ini memperlihatkan bahwa level sepak bola di Asia Tenggara sekarang sudah tak jauh berbeda. Lihat saja bagaimana penampilan Kamboja sejak awal di SEA Games ini. Sangat sulit mengalahkan mereka," lanjut pelatih asal Melaka itu.

    "Saya berharap para pemain muda akan mengambil banyak pelajaran setelah turnamen ini. Saya sudah katakan sebelumnya, hal terpenting bagi kami adalah kemampuan untuk bangkit setelah jatuh. Mudah-mudahan pemain saya akan lebih kuat lagi di masa mendatang. Ini hanya turnamen usia muda," kata pelatih yang mempersembahkan medali emas untuk Malaysia pada SEA Games 2011 itu.

    2 dari 2 halaman

    Finalis SEA Games 2017

    Dengan kekalahan dari Kamboja yang merupakan laga penentu, Timnas Malaysia U-22 total hanya mengumpulkan poin empat dari empat pertandingan di Grup A.

    Tim Harimau Malaya hanya satu kali membukukan kemenangan, yakni saat mengalahkan 4-0 atas Timor Leste (2/12/2019). Selebihnya bermain imbang 1-1 kontra Myanmar di partai perdana (25/11/2019), dan kalah masing-masing 0-1 dari Filipina (29/11/2019) dan 1-3 dari Kamboja (4/12/2019).

    Dengan koleksi poin empat, Akhyar Rashid dkk. hanya bercokol di peringkat keempat klasemen akhir Grup A, persis di atas Timor Leste yang jadi juru kunci. Hal ini tentu jadi pukulan mengingat Malaysia berstatus finalis di SEA Games 2017.

    Sumber: Zing

     

    Video Populer

    Foto Populer