Sukses


    Fakta Menarik di Balik 6 Medali Emas Menembak Indonesia pada SEA Games 2019

    Bola.com, Manila - Atlet menembak Indonesia membuat kejutan di SEA Games 2019. Mereka telah merebut enam medali emas, lima perak, dan dua perunggu.

    Ini merupakan lompatan prestasi yang luar biasa. Pada SEA Games Myanmar 2013, Indonesia hanya mampu merebut dua emas, kemudian SEA Games Singapura 2015 tanpa medali emas dan SEA Games Malaysia 2017 hanya satu medali emas.

    Sekjen PB Perbakin, Firtian Yudi Swandarta mengatakan, kunci prestasi atlet menembak di SEA Games ialah kerja keras Ketua PB Perbakin, Letjen Joni Supriyanto. Kepala Staf Umum TNI itu membuat perubahan besar.

    "Kesuksesan tim menembak Indonesia berkat adanya perubahan sistem manajemen dan pembinaan Ketua Perbakin Pak Joni Supriyanto. Bukan hanya itu, revolusi itu juga telah mencatat sejarah pertama kali meloloskan petembak putri nomor 10 M Air Rifle Women, Vidya Ravika Rachmatan Thoyiba melalui babak penyisihan ke Olimpiade Tokyo 2020," kata Firtian di Philippine Marine Shooting Range, Manila.

    "Selama ini, kami mendapatkan jatah wild card untuk tampil di OLimpiade. Terakhir, jatah itu diberikan pada Olimpiade London 2012," kata Sekjen PB Perbakin, Firtian Yudi Swandarta yang ditemui di Marine Shooting Range, Manila.

    Perbakin tidak gembar-gembor soal target. Mereka hanya membidik target realistis, yakni tiga medali emas. Namun, pencapaian atlet luar biasa.  

    Firtian Yudi Swandarta menyebut kunci sukses Perbakik di antaranya perubahan manajemen dan perekrutan atlet dengan melibatkan peran Pengprov Perbakin.

    "Kami meminta semua Pengprov melakukan seleksi dan mengirimkan atlet terbaik pada event resmi. Kami juga mengirimkan atlet latihan dan uji coba di Qatar dan Jerman," jelasnya.

    Untuk memaksimalkan potensi atlet di SEA Games 2019, PB Perbakin merekrut dua pelatih asing berkualitas, yakni Ebrahim Inanloushaviklo (Iran) yang menangani nomor Air Rifle dan pelatih asal Bulgaria, Lyuben Stoyanov untuk nomor pistol.

    2 dari 3 halaman

    Nomor Olimpiade

    Pada SEA Games 2019, tim menembak Indonesia mengikuti 11 nomor, yakni, Air Rifle Man, Air Rifle Woman, Air Rifle Mix, Air Pistol Man , Air Pistol Woman (Olympic Sport) dan PPC W1500 Man, PPC W1500 Woman individual and Team, Benchrest LV , Benchrest HV, Air Pistol Metsil, Air Rifle Metsil (Non Olympic Sport).

    Dari enam medali emas yang direbut Indonesia, dua di antara merupakan nomor Olimpiade, yakni nomor 10 M Air Rifle putri yang disumbangkan Vidya Ravika Rachmatan Thoyiba dan nomor 10 M Air Rifle Mixed yang menjadi milik Vidya Ravika Rachmatan Thoyiba dan Fatur Gustafian. 

     

    3 dari 3 halaman

    Daftar Peraih Medali Cabor Menembak

    Daftar Petembak Peraih Medali SEA Games XXX Filipina 2019 :

    EMAS :

    - 10 M Air Rifle Woman (Vidya Ravika Rachmatan Thoyiba)

    - 10 M Air Rifle Mix (Vidya Ravika Rachmatan Thoyiba dan Fatur Gustafian)

    - PPC W1500 Man (Rio Tjabu)

    - Benchrest LV (Tirano Baja)

    - Benchrest HV (Fafan Choirul Anwar HM)

    - Air Pistol Silhoutte (Agus Domosarjito) 

    PERAK

    - 10 M Air Rifle Man (Fatur Gustafian)

    - PPC W1500 Man ( dan Perak an. Safrin Sihombing ;

    - PPC W1500 Woman individual (Pratiwi Kartika Sari)

    - PPC W1500 Team (Pratiwi Kartika Sari, Eva Tiana & Ayu Dini)

    - - Air Pistol Silhoutte (Totok Tri Martanto)

    PERUNGGU :

    - Benchrest LV (Bayu Aji Putra)

    - Benchrest HV (Anung Satriya Wibowo)

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer