Sukses


    Rekor Cemerlang Indra Sjafri: 2 Kali Antar Timnas Indonesia Meraih Piala AFF

    Bola.com, Jakarta - Lemari trofi Indra Sjafri berpeluang kedatangan penghuni baru. Bersama Timnas Indonesia U-22, pelatih berusia 56 tahun ini selangkah lagi meraih medali emas SEA Games 2019.

    Jelang partai final SEA Games 2019, Indra Sjafri dipastikan meracik strategi seampuh mungkin untuk mengatasi perlawanan Vietnam di Rizal Memorial Stadium Manila, Selasa malam (10/12/2019).

    Sepanjang karier kepelatihannya, Indra Sjafri sudah berhasil merengkuh dua trofi bergengsi.

    Pertama, arsitek asal Pesisir Selatan, Sumatera Barat, itu membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2013 di rumah sendiri.

    Di partai puncak, tim berjulukan Garuda Nusantara ini mengalahkan Vietnam 7-6 melalui adu penalti setelah bermain 0-0 selama 120 menit.

    Indra Sjafri juga mengantar Timnas Indonesia U-22 keluar menjadi terbaik pada Piala AFF U-22 2019 di Kamboja. Marinus Wanewar dkk. sukses membungkam Thailand 2-1 di pertandingan pamungkas.

    Lemari trofi Indra Sjafri akan makin lengkap apabila ia berhasil membawa pulang medali emas SEA Games 2019. Apalagi, eks pelatih Bali United ini berambisi untuk promosi sebagai pelatih Timnas Indonesia senior.

    Tentu, Curriculum Vitae (CV) Indra Sjafri bakal kian mentereng untuk menarik perhatian PSSI agar memilihnya sebagai pengganti Simon McMenemy di Timnas Indonesia senior.

    2 dari 3 halaman

    Membangun Karier Kepelatihan dari Bawah

    Indra Sjafri mengklaim dirinya satu-satunya pelatih dengan karier yang berjenjang. Ia mengawali pekerjaannya sebagai pelatih dengan menangani Timnas Indonesia U-16 pada 2011.

    Setahun kemudian, Indra Sjafri berhasil mengantar Timnas Indonesia U-17, identitas baru U-16, menjuarai HKFA International Youth Football Invitation Tournament di Hong Kong.

    Timnas Indonesia U-18 lalu berubah wujud menjadi Timnas Indonesia U-19 pada 2013. Lagi-lagi, skuat asuhan Indra Sjafri mampu mempertahankan gelar HKFA International Youth Football Invitation Turnamen pada Februari 2013.

    Puncak karier Indra Sjafri sebagai pelatih terjadi pada 2013. Timnas Indonesia U-19 berhasil dibawanya merengkuh Piala AFF U-19.

    Sempat dicopot, PSSI kembali menetapkan Indra Sjafri menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19. Sayang, tidak ada gelar bergengsi yang mampu dipersembahkannya.

    Mulai 2020, PSSI mempromosikan Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas Indonesia U-22 menggantikan Luis Milla Aspas. Hanya beberapa bulan setelah penetapannya, ia sukses meraih gelar Piala AFF U-22 2020.

    3 dari 3 halaman

    Medali Emas SEA Games 2019 Dapat Antarkan Indra Sjafri ke Timnas Senior?

    Kini, tinggal selangkah lagi Indra Sjafri mengantar Timnas Indonesia U-22 ke podium teratas untuk kedua kalinya di tahun ini. Gelar juara kemungkinan dapat mengantarnya ke tantangan yang lebih berat, melatih Timnas Indonesia senior.

    "Tolong sampaikan dan tulis di semua media di Indonesia, yakni "Indra Sjafri adalah pelatih yang memiliki progres yang baik". Sekarang siap kalau ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia senior," kata Indra Sjafri.

     

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer