Sukses


    Media Vietnam Punya Cara Berbeda saat Bahas Insiden Evan Dimas dan Doan Van Hou

    Bola.com, Jakarta - Doan Van Hau menjadi nama yang ramai diperbincangkan pencinta sepak bola Tanah Air. Bek Timnas Vietnam itu dianggap melakukan aksi tak terpuji kepada pemain Indonesia, Evan Dimas, pada partai final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12/2019).

    Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri, terpaksa menarik Evan Dimas pada menit ke-20. Keputusan itu terjadi setelah Evan Dimas mengalami cedera kaki kiri dan tidak bisa meneruskan pertandingan.

    Cedera yang diterima Evan Dimas itu bukan tanpa alasan. Doan Van Hau disebut sengaja menghajar kaki kiri Evan Dimas.

    Hantaman tersebut membuat gelandang berusia 24 tahun itu terjatuh dan meringis kesakitan. Imbasnya, Evan Dimas ditarik keluar dan digantikan oleh Syahrian Abimanyu.

    Gara-gara insiden itu, akun Instagram Doan Van Haun menjadi arena suporter melemparkan kritikan pedas. Sejumlah fans Tanah Air mengkritik tindakan tidak terpuji yang dilakukan pemain Vietnam tersebut.

    Media-media di Tanah Air juga memberitakan kejadian yang menyebabkan Timnas Indonesia U-22 kehilangan jenderal lapangan dalam laga itu. Beberapa di antaranya bahkan menyebut tindakan Van Hau itu layak mendapat kartu merah.

    Saat dilihat dari tayangan ulang, sangat jelas bahwa Van Hau menghajar kaki kiri Evan Dimas dengan sengaja. Namun Bola.com menemukan fakta menarik tentang kejadian tersebut.

    Media-media Vietnan memiliki cara lain untuk memberitakan insiden yang terjadi antar Evan Dimas dan Doan Van Hau. Sebagian besar media Vietnam lebih menyoroti sikap baik Van Hau kepada Evan Dimas.

     

    2 dari 5 halaman

    1. Van Hau Telah Meminta Maaf Kepada Evan Dimas

    Artikel yang diunggah Zing.vn pada Rabu (11/12/2019) memiliki judul "Van Hau telah Meminta Maaf kepada Evan Dimas setalah Laga Final". 

    Zing.vn turut menyertakan pernyataan Evan Dimas yang mengaku telah memberikan maaf kepada Van Hau. Zing.vn turut menyertakan sebuah foto di mana Dong Can Hau dan Evan Dimas saling berjabat tangan.

    "Ya, Van Hau telah meminta maaf secara pribadi kepada saya. Tidak masalah. Saya tidak tahu, apakah dia sengaja atau tidak. Namun dalam sepak bola, semua hal bisa terjadi," kata Evan Dimas mengutip dari Zing.vn.

    3 dari 5 halaman

    2. Evan Dimas Menganggap Semuanya Normal

    Bong Da Plus juga menyoroti insiden yang melibatkan Evan Dimas dengan Doan Van Hau. Salah satu judul artikel yang diunggah Bong Da Plus berjudul "Evan Dimas Menganggap Insiden Itu Normal".

    Bong Da Plus juga memiliki sudut pandang sendiri untuk melihat insiden tersebut. Dalam artikelnya itu, Bong Da Plus menyebut bahwa tak ada dendam antara Evan Dimas dan Van Hau.

    Mereka juga menyoroti inisiatif Van Hau untuk meminta maaf kepada pemain Indonesia itu. Bong Da Plus juga sesekali mengutip pendapat Evan Dimas. Menurut Bong Da Plus, Evan Dimas menganggap insiden tersebut normal dalam sepak bola.

    4 dari 5 halaman

    3. Soroti Permintaan Maaf Doan Van Hau

    Media Vietnam, Dantri, juga lebih menyoroti permintaan maaf Doan Van Hau. Dantri fokus melansir berita bek andalan Timnas Vietnam U-22 itu telah meminta maaf kepada Evan Dimnas.

    "Setelah pertandingan selesai, Van Hau dikabarkan telah meminta maaf kepada Evan Dimas yang harus meninggalkan lapangan karena tabrakan dengan Van Hau," tulis Dantri.com.vn.

    Fokus dalam pemberitaannya juga bukan ke cedera Evan Dimas, Dantri lebih menyoroti pencapaian Van Hau. Dalam laga final SEA Games 2019, Van Hau berhasil mencetak dua gol dan membawa The Golden Star meraih medali emas.

    5 dari 5 halaman

    4. Tindakan Terpuji Van Hau

    Media Vietnam yang lain, 2sao.vn, juga memberitakan tentang insiden yang melibatkan Van Hau dan Evan Dimas. Berbeda dengan media Indonesia yang menganggap Van Hau tidak sportif, media Vietnam justru menulis hal-hal baik tentang Van Hau.

    "Tindakan terpuji Van Hau setelah melakukan pelanggaran yang membuat bintang Indonesia cedera," bunyi salah satu artikel 2san.vn.

    Sesuai dengan judulnya, artikel tersebut juga mengabarkan bahwa Van Hau telah meminta maaf secara pribadi kepada Evan Dimas.

    Video Populer

    Foto Populer