Sukses


Prancis Ajak Barcelona Bermain di Ligue 1

Bola.com, Paris - Perdana Menteri Prancis, Manuel Valls, menegaskan, pihaknya serius menimbang Barcelona untuk menerima raksasa Spanyol tersebut bermain di Ligue 1. Seperti dirilis Marca, Rabu (28/10/2015), otoritas kompetisi kasta tertinggi di negera Menara Eiffel tersebut sudah melakukan diskusi awal terkait kemungkinan mengundang Blaugrana guna bersaing dengan Paris Saint Germain dkk. 

Baca Juga

Keinginan tersebut berawal dari isu panas yang menyebut kemungkinan realisasi wacana pemisahan Catalunya dari Spanyol. Kasus ini memanas setelah publik Catalunya melakukan pemungutan suara guna memutuskan apakah tetap berada di bawah pemerintahan Spanyol atau memilih merdeka pada 27 September 2015.

Berdasarkan pemungutan suara, peluang Catalunya merdeka dari Spanyol terbilang besar. Jika hal tersebut menjadi kenyataan, deklarasi kemerdekaan Catalunya dari Spanyol baru bisa dilakukan 18 bulan setelah pemungutan suara. Walhasil, Los Azulgrana bisa dipastikan bakal meninggalkan La Liga. Situasi itu juga dikuatkan dengan Undang-undang di Spanyol yang mewajibkan kompetisi olahraga di sana hanya boleh diikuti klub-klub yang berasal dari Negeri Matador.

Berlatar itu, ragam kemungkinan untuk Barcelona untuk berkompetisi di luar Spanyol mencuat ke permukaan, termasuk opsi kuat untuk bergabung ke Ligue 1 Prancis. Dalam sebuah artikel di majalah Challanges, Valls mengungkapkan ingin mewujudkan hal tersebut. "Semua hal sedang dipertimbangkan, kami sudah memiliki contoh nyata, yakni AS Monaco yang bisa bermain di Prancis," ujar Valls

Valls menceritakan, ketika remaja, tepatnya pada Agustus 1975, atmosfer di dalam stadion Barcelona sangat luar biasa. "Sejarah Barcelona tidak hanya berhubungan dengan sepak bola. Saya seorang penggemar berat sepak bola, dan seorang fans Barca. Mereka adalah darah saya. Prancis tahu itu dan orang-orang selalu bertanya kepada saya soal Barcelona di jalanan," tuturnya.

Sekadar info, selain Ligue 1, Bundesliga dikabarkan juga tertarik menampung El Barca. Disinyalir, hadirnya skuat Catalan diyakini bakal mendongkrak popularitas kompetisi tersebut. Sayang, sampai saat ini belum ada komentar dari manajemen Barceona terkait aneka isu yang dihubungkan dengan rencana jika Catalunya benar-benar merdeka. 

Sumber: Marca

Saksikan live streaming pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer