Sukses


Penunjukkan Zidane Sebagai Pelatih Madrid Dinilai Berisiko Besar

Bola.com, Madrid - Zinedine Zidane ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid menggantikan Rafael Benitez yang dipecat pada Senin (4/1/2016) waktu setempat. Namun, mantan General Manajer Madrid, Jorge Valdano, menyebut keputusan itu berisiko besar.

Zidane memulai karier kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih Real Madrid di masa kepemimpinan Carlo Ancelotti pada 2013-2014. Satu musim berkarier sebagai asisten pelatih, Zidane berhasil mempersembahkan satu trofi Liga Champions, Copa del Rey, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Namun setelah Carlo Ancelotti dipecat pada akhir musim 2013-2014, Zidane ditunjuk oleh jajaran manajemen Los Blancos untuk melatih Real Madrid Castilla sejak 2014. Zidane akhirnya didapuk sebagai pengganti Benitez yang dipecat karena gagal mengangkat performa Madrid.

Los kini berada di peringkat tiga klasemen sementara La Liga dengan nilai 37 hasil dari 11 kemenangan, empat imbang, dan menelan tiga kekalahan. El Merengues menelan tiga kekalahan tersebut melawan Sevilla (8/11/2015), Barcelona (21/11/2015), dan Villarreal (13/12/2015).

Teranyar, Madrid hanya mampu bermain imbang 2-2 kontra Valencia di Estadio Mestalla, Senin (4/1/2016) dini hari WIB. Hasil ini membuat Madrid gagal menempel ketat Atletico Madrid yang kukuh di pucuk klasemen dengan raihan 41 poin.

"Keputusan mengambil alih Zidane sebagai pelatih Madrid sangat berisiko karena kurangnya pengalaman," kata Valdano.

Valdano juga membeberkan alasan menurunnya performa Madrid musim ini. Menurut dia, Benitez gagal mengangkat performa Madrid karena menumpuknya pemain di sektor tengah. Hal itu membuat mantan pelatih Napoli itu kesulitan menerapkan formasi terbaik.

"Benitez kesulitan untuk menerapkan ide-ide tepat karena skuatnya terlalu banyak memiliki gelandang serang," ujar Valdano.

"Benitez juga telah berusaha keras untuk mengakomodasi klub ketimbang klub mengakomodasi Benitez," demikian Valdano.

Zinedine Zidane akan melakoni laga pertama bersama Real Madrid melawan Deportivo La Coruna di Santiago Bernabeu, Madrid, Sabtu (9/1/2016) waktu setempat.

Sumber: Soccerway

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer