Sukses


Kunci Sukses Barcelona Bukan Hanya Lionel Messi

Bola.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Luis Enrique, menilai kesuksesan klubnya sepanjang 2015 bukan hanya andil dari Lionel Messi, melainkan seluruh pemain Blaugrana.

Barcelona berhasil meraih lima gelar sepanjang 2015, yakni La Liga, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Kesuksesan itu pun menjadi salah satu faktor keberhasilan Messi meraih penghargaan FIFA Ballon d'Or 2015. 

Itu adalah gelar kelima Messi setelah sebelumnya ia meraih penghargaan yang sama pada 2009, 2010, 2011, dan 2012. Selain gelar, Messi juga mampu menyumbangkan 58 gol dan 57 pertandingan di semua ajang pada tahun lalu. 

Kendati senang Messi meraih Ballon d'Or, Enrique tetap menganggap kesuksesan Barcelona musim lalu karena kontribusi seluruh pemainnya. Namun, pelatih asal Spanyol itu mengaku tetap bersyukur memiliki pemain-pemain hebat di lini depan, yakni Messi, Neymar, dan Luis Suarez. 

"Saya sangat senang Messi diakui sebagai pemain terbaik sepanjang waktu. Namun, kami juga merasa beruntung memiliki Neymar musim lalu," kata Enrique.

"Saya pikir ada banyak pemain yang membantu kami mendapatkan tahun yang luar biasa. Mereka juga seharusnya pantas mendapatkan hadiah, tetapi tidak setiap pemain bisa menang. Itu semua kembali kepada para pemilih," tutur Enrique.

Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik usai mengalahkan dua pesaingnya, Cristiano Ronaldo dan Neymar da Silva Jr. Messi mendapatkan 41,33 persen suara, sementara Ronaldo yang menempati peringkat kedua meraih 27,76 persen suara, diikuti Neymar (7,89 persen suara).

Sumber: Bleacherreport

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer