Sukses


Real Madrid dan Atletico Madrid Langgar 3 Aturan Ini

Bola.com - Dua tim asal kota Madrid, Real Madrid dan Atletico Madrid, dijatuhi larangan mendaftarkan pemain selama dua periode pada Kamis (14/1/2016). FIFA menjatuhkan sanksi tersebut karena Real Madrid dan Atletico Madrid menyalahi tiga pasal dalam aturan status dan transfer pemain.

Pelanggaran yang dilakukan Atletico terjadi pada rentang 2007 hingga 2014, sementara Madrid melakukan pelanggaran tersebut pada periode 2005-2014.

FIFA memberikan waktu selama 90 hari kepada kedua klub untuk mengajukan banding. Menurut laporan The Guardian, Real Madrid dan Atletico bakal mengajukan banding atas sanksi tersebut.

Selain itu, Atletico juga dijatuhi hukuman denda sebesar 900.000 Swiss Franc atau sekitar Rp 12 miliar. Sementara itu, skuat Los Blancos mendapatkan denda sebesar 360.000 Swiss Franc atau sekitar Rp 4,9 miliar.

Berikut ini adalah Pasal 5 peraturan tentang Registrasi:

1. Seorang pemain harus terdaftar pada asosiasi untuk bermain di klub, baik sebagai pemain profesional atau amatir sesuai dengan ketentuan Pasal 2. Hanya pemain terdaftar yang berhak untuk berpartisipasi dalam sepak bola terorganisasi. Dengan pendaftaran itu, sebuah pemain setuju untuk mematuhi undang-undang dan peraturan FIFA, konfederasi, dan asosiasi.

2. Seorang pemain hanya dapat didaftarkan sebuah satu klub pada waktu tertentu.

3. Pemain dapat didaftarkan maksimal tiga klub selama satu musim. Selama periode ini, pemain hanya memenuhi syarat untuk bermain secara resmi dalam pertandingan untuk dua klub. Sebagai pengecualian untuk aturan ini, pemain yang pindah antara dua klub milik asosiasi mungkin memenuhi syarat untuk bermain dalam pertandingan resmi bagi klub ketiga selama satu musim dan pemain itu telah menaati kewajiban kontrak ke arah klub sebelumnya. Terakhir, ketentuan yang berkaitan dengan periode pendaftaran (Pasal 6) serta lamanya kontrak (Pasal 18 lampiran 2) harus dihormati.

4. Dalam semua keadaan, pertimbangan harus diberikan kepada integritas kompetisi. Secara khusus, pemain tidak mungkin memainkan pertandingan resmi lebih dari dua klub yang bersaing pada kompetisi yang sama selama satu musim, menaati peraturan regulasi pemain dari asosiasi.

Berikut ini adalah Pasal 9 peraturan tentang International Transfer Certificate:

1. Pemain terdaftar pada satu asosiasi hanya dapat didaftarkan pada asosiasi baru setelah menerima International Transfer Certificate (ITC) dari asosiasi yang lama. ITC akan diterbitkan secara gratis tanpa syarat apapun atau batas waktu. Apa saja ketentuan yang bertentangan harus batal demi hukum. Asosiasi menerbitkan ITC akan mengajukan salinan kepada FIFA. Prosedur administrasi untuk mengeluarkan ITC yang terkandung dalam lampiran 3 peraturan ini.

2. Sebuah ITC tidak diperlukan untuk pemain di bawah usia 12 tahun.

Berikut ini adalah Pasal 19 peraturan tentang Regulasi Status dan Transfer Pemain:

1. Transfer pemain internasional hanya diizinkan jika pemain sudah berusia lebih dari 18 tahun.

2. Berikut tiga pengecualian untuk aturan ini:
a) Orang tua pemain pindah ke negara tempat klub baru berasal untuk alasan yang tidak terkait dengan sepak bola;
b) Transfer terjadi dalam wilayah Uni Eropa (EU) atau Area Ekonomi Eropa (EEA) dan pemain yang berusia antara 16 dan 18 tahun. Dalam kasus ini, klub baru harus memenuhi kewajiban minumum sebagai berikut:
i) Memberikan pemain pendidikan sepak bola yang memadai dan/atau pelatihan yang sesuai dengan standar nasional tertinggi.
ii) Menjamin pemain mendapat pengajaran dan/atau sekolah dan/atau pendidikan kejuruan dan/atau pelatihan di samping pendidikan sepak bola dan/atau pelatihan yang akan memungkinkan pemain untuk mengejar karier selain sepak bola bila harus berhenti bermain sepak bola profesional.
iii) Membuat semua pengaturan yang diperlukan untuk memastikan bahwa pemain mendapat cara yang terbaik (standar hidup optimal dengan keluarga atau akomodasi klub, penunjukan seorang mentor di klub, dll).
iv) Pendaftaran seperti pemain, memberikan hubungan terkait dengan bukti bahwa itu sesuai dengan kewajiban tersebut;
c) Pemain hidup tidak lebih dari 50 km dari perbatasan nasional dan klub dengan pemain yang ingin didaftarkan di asosiasi sepak bola terdekat juga dalam 50 km dari perbatasan itu. Itu jarak maksimum antara domisili pemain dan markas klub harus 100 km. Dalam kasus tersebut, pemain harus terus tinggal di rumah dan dua asosiasi yang bersangkutan harus memberikan persetujuan eksplisit mereka.

3. Kondisi pasal ini juga berlaku bagi setiap pemain yang sebelumnya tidak terdaftar dengan klub dan bukan merupakan asosiasi di mana ia ingin didaftarkan untuk pertama kalinya.

4. Setiap asosiasi harus menghormati ketentuan ini oleh klub tersebut.

5. Komite Status Pemain (FIFPro) harus memiliki kompetensi untuk memutuskan setiap perselisihan yang timbul sehubungan dengan hal ini dan akan memberlakukan sesuai sanksi dalam hal pelanggaran ketentuan ini.

Sumber: FIFA

Video Populer

Foto Populer