Sukses


6 Fakta Unik soal Rekor 301 Gol Messi di La Liga

Bola.com, Gijon - Penyerang Barcelona Lionel Messi mencetak gol pada menit ke-25 dan ke-31, pertandingan Primera Division La Liga melawan Sporting Gijon, di El Molinon, Gijon, Rabu (17/2/2016), yang berakhir 3-1 untuk Barcelona. Gol Barcelona lainnya dicetak Luis Suarez pada menit ke-67.

Dua gol itu adalah gol ke-300 dan ke-301 Messi di Primera Division. Messi pun menjadi pemain pertama yang mencetak 300 gol di Primera Division.

Rekor pencetak gol terbanyak di Primera Division La Liga sebelumnya dipegang oleh legenda Athletic Bilbao Telmo Zarra (251 gol).

Sebagai catatan, gol pertama Messi di Primera Division tercipta pada pertandingan melawan Albacete, di Camp Nou, pada 1 Mei 2005, yang berakhir 2-0. Saat itu, Messi mencetak gol pada menit ke-90, sementara gol lain diciptakan Samuel Eto'o pada menit ke-66.

Sejumlah catatan mengiringi keberhasilan Messi menjadi pencetak 300 gol pertama di Primera Division. Berikut ini adalah catatan-catatan tersebut.

1. Messi mencetak 301 gol dalam empat era kepelatihan, yaitu Frank Rijkaard (31 gol), Josep Guardiola (138), Tito Vilanova (46), Tata Martino (28), dan Luis Enrique (58).

2. Bagi Barcelona, gol kedua Messi ke gawang Gijon adalah gol ke-10.000 di ajang Primera Division La Liga.

3. Gol ke-9000 Barcelona di Primera Division La Liga juga dicetak oleh Messi, yaitu pada pertandingan melawan Almeria, di Juegos Mediterraneos, pada 6 Maret 2010, yang berakhir 2-2. Sementara gol Barcelona dicetak Messi (42', 66'), gol Almeria diciptakan Domingo (12') dan Carles Puyol (57', bunuh diri).

4. Dengan dua gol ke gawang Gijon tersebut, Messi mengemas 15 gol di Primera Division 2015-2016. Dengan 15 gol itu juga, Messi menjadi pemain paling konsisten mencetak gol di lima liga top Eropa. Posisi kedua hingga kelima daftar ini diduduki penyerang Barcelona Luis Suarez (13 gol), Penyerang Celtic Leigh Griffiths (11), Penyerang Paris Saint-Germain Zlatan Ibrahimovic (11), Penyerang Benfica Jonas Goncalves (11), dan penyerang Sporting Lisbon Islam Slimani (10).

5. Dalam sejarah lima liga top Eropa, Messi menduduki peringkat ketiga dalam daftar lima pencetak gol terbanyak. Posisi pertama dan kedua daftar ini dihuni Gerd Muller (Liga Jerman, 365 gol) Jimmy Greaves (Liga Inggris, 357 gol), sementara di posisi keempat dan kelima ada Delio Onnis (Liga Prancis, 299 gol), dan Silvio Piola (Liga Italia, 290 gol).

6. Jika ditambah dengan performa di tim nasional Argentina, Messi telah mencetak 487 gol di semua ajang level klub dan ajang internasional level senior.

Sumber: Infostrada, MisterChip, OptaJose

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.

    La Liga

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

Video Populer

Foto Populer