Sukses


Messi Tembus Gol ke-300 La Liga, Barcelona Jauhi Duo Madrid

Bola.com, Gijon - Barcelona menang 3-1 atas Sporting Gijon dalam lanjutan La Liga di Stadion El Municipal Molinon, Gijon, Kamis (18/2/2/2016) dini hari WIB. Pada laga ini, Lionel Messi berhasil menembus gol ke-300 di La Liga.

Kemenangan Barcelona ditentukan melalui Messi (25', 31') dan Luis Suarez (67'), sedangkan Gijon membalasnya lewat Carlos Castro (27'). Hasil ini membuat pasukan Luis Enrique kokoh di puncak klasemen dengan 60 poin, unggul enam poin dari Atletico Madrid dan tujuh poin dari Real Madrid.

Sejak awal pertandingan, Barcelona terus mengurung pertahanan Sporting Gijon. Menurut catatan La Liga, Azulgrana bahkan mengoleksi 70 persen penguasaan bola berbanding 30 yang didapat Gijon.

Pada menit ke-3, mereka membangun serangan lewat Adriano. Pemain Brasil itu memberikan umpan kepada Ivan Rakitic, tetapi sepakan bolanya melebar tipis dari kiri gawang tim tuan rumah.

Tak kuasa menahan gempuran El Barca, gawang Gijon akhirnya bobol pada menit ke-25. Luis Suarez membuka pertahanan Gijon dan membuat posisi Messi terlepas. La Pulga yang mendapat bola dari rekannya menembak dari luar kotak penalti dan bola gagal ditahan Ivan Cuelar. Gol tersebut kian indah bagi Messi lantaran itu merupakan gol ke-300 baginya di ajang La Liga.

Meski tertinggal, Gijon malah menerkam balik. Dua menit setelah gawang mereka kebobolan, Gijon melancarkan serangan balik. Alex Menendez mengirim umpan vertikal kepada Carlos Castro yang diubahnya menjadi gol.

Memasuki menit ke-31, Barcelona kembali menggandakan keunggulan lewat Messi yang mengemas gol ke-301 di La Liga. Berawal dari kerja sama dengan Suarez di kotak penalti, pemain Argentina itu sukses membobol Cuellar. Skor 2-1 untuk Barcelona bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Barcelona tetap tampil ofensif dan berupaya mencari gol ketiga. Pada menit ke-55, Sergio Busquets mengirim umpan lambung yang dikontrol Suarez. Kemudian pemain Uruguay itu kembali melambungkan bola melewati Cuellar. Meskipun begitu, bola yang mengarah masuk ke gawang sukses disapu Igor Lichnovsky.

Pasukan Luis Enrique sebenarnya punya kans besar pada menit ke-61. Neymar yang berlari mengejar umpan dijatuhkan Cueller di kotak terlarang. Kendati demikian, Suarez yang maju sebagai algojo gagal menuntaskan tugas sebagai penendang penalti.

Suarez membayar kesalahannya dengan mencetak gol enam menit berselang. Mantan pemain Liverpool itu mendapatkan operan dari Aleix Vidal, ia kemudian melakukan gerak tipu dan melepaskan tembakan yang bersarang di gawang Gijon. Barcelona pun memperbesar keunggulan menjadi 3-1 dan hingga laga berakhir skor tak berubah.

Susunan pemain: 

Sporting Gijon: 1-Ivan Cuellar; 4-Igor Lichnovsky, 11-Alberto Lora, 15-Roberto Canella, 28-Jorge Mere; 3-Alex Menendez (8-Álex Barrera 74'), 10-Nacho Cases, 17-Omar Mascarell, 22-Pablo Perez (18- Isma López 69'), 25-Alen Halilovic; 16-Carlos Castro (23- Jony 68') 
Pelatih: Abelardo (Spanyol)

Barcelona: 13-Claudio Bravo; 3-Gerard Pique (15-Marc Bartra 81'), 21-Adriano, 22-Aleix Vidal, 24-Jeremy Mathieu, 4-Ivan Rakitic, 5-Sergio Busquets (14-Javier Mascherano 80'), 7-Arda Turan; 9-Luis Suarez, 10-Lionel Messi, 11-Neymar.
Pelatih: Luis Suarez (Spanyol)

Wasit: De Burgos Bengoetxea

Video Populer

Foto Populer