Sukses


10 Fakta Unik Samuel Umtiti, Sang Bek Baru Barcelona

Bola.com, Barcelona - Samuel Umtiti menjadi pemain kedua setelah Denis Suarez yang didatangkan Barcelona pada bursa transfer kali ini. Pemain bertahan berusia 22 tahun ini didatangkan Barcelona dari Olympique Lyon dengan harga 25 juta euro (Rp362 miliar) dan durasi kontrak selama lima tahun.

Umtiti menjadi bagian dari tim nasional Prancis yang menempati posisi runner-up pada Piala Eropa 2016. Pemain berdarah Kamerun ini telah menjadi bagian tim utama Lyon sejak berumur 18 tahun.

Umtiti akan tiba di Barcelona pada Jumat (15/7/2016) untuk menjalani tes medis dan menandatangani kontrak bersama Barcelona. Setelah itu, ia akan diperkenalkan secara resmi di Stadion Camp Nou.

Samuel Umtiti berposisi asli sebagai bek tengah. Namun, dia juga mampu beroperasi di posisi bek kiri. Dia tangguh dalam duel udara karena memiliki tinggi badan 181 cm. Tak hanya itu saja, Umtiti juga lihai dalam melepaskan tembakan bebas.

Mayoritas gol yang Umtiti cetak di Lyon lahir melalui sepakan dari jarak jauh. Meski masih muda, Samuel Umtiti juga beberapa kali dipercaya untuk mengenakan ban kapten.

Berikut 10 Fakta Menarik Samuel Umtiti:

1. Walaupun masih berusia 22 tahun, Umtiti telah tampil sebanyak 170 pertandingan untuk skuat senior Lyon. Ia tampil 131 di pentas Ligue 1, 7 di Liga Champions, 15 di Liga Europa, 8 di Coupe de France, 8 di Coupe de la Ligue dan 1 di Piala Super Prancis.

2. Umtiti menjadi pemain kunci di lini pertahanan Lyon. Ia mencatatkan persentase penampilan sebanyak 97.2% dari jumlah laga yang ia jalani bersama Lyon.

3. Pada Februari 2015, Umtiti mencatatkan penampilan ke-100 bersama Lyon dalam laga melawan Bordeaux. Bulan September pada tahun yang sama, ia mengenakkan ban kapten Lyon untuk kali pertama. Hal ini menunjukkan kalau ia terlahir sebagai seorang pemimpin.

4. Umtiti berusia 18 tahun ketika melakukan debut untuk tim utama Lyon pada 8 Januari 2012 dalam pertandingan menghadapi Lyon Duchere.

5. Bersama Lyon, Umtiti telah menghadapi tiga klub asal Spanyol di ajang Liga Europa, yaitu Athletic Bilbao, Real Betis dan Valencia. Dari enam laga tersebut, Umtiti mencatat empat kemenangan, satu hasil imbang dan satu kekalahan.

6. Umtiti pernah berhadapan dengan pemain Barcelona, Rafinha, ketika Prancis U-21 bertanding melawan Spanyol U-21 pada Februari 2012.

7. Umtiti memulai kariernya sebagai seorang penyerang di akademi Olympique Lyon. Namun posisinya berubah seiring kariernya. Selain bermain sebagai bek tengah, Umtiti juga mampu bermain sebagai bek kiri.

8. Pengalamannya yang pernah menjadi penyerang membuat Umtiti mempunyai insting memainkan sepak bola menyerang. Selama lima musim membela Lyon, umtiti sudah mengoleksi lima gol.

9. Umtiti telah memenangi dua trofi bersama Lyon, yaitu trofi Coupe de France dan Piala Super Prancis pada musim kompetisi 2011/12.

10. Umtiti melakukan pertandingan debut untuk tim nasional Prancis saat laga melawan Islandia pada babak perempat final Piala Eropa 2016. Umtiti juga tampil penuh dalam pertandingan melawan Jerman (semifinal) dan Portugal (final).

Sumber: Barcelona

Video Populer

Foto Populer