Sukses


3 Klub yang Bakal Jadi Ancaman Buat Barcelona dan Real Madrid

Bola.com — Barcelona dan Real Madrid sejak beberapa tahun terakhir memang selalu mendominasi La Liga. Beberapa tahun lalu, ada Atletico Madrid yang mampu mematahkan kedigdayaan kedua klub tersebut ketika skuat asuhan Diego Simeone itu mampu mencuri gelar juara La Liga pada musim 2013-14. 

Kini menjelang musim kompetisi baru, nama Barcelona dan Real Madrid kembali menjadi yang terdepan dalam bursa juara. Barcelona sebagai juara bertahan menunjukkan performa yang bagus dalam laga pramusim.

Pelatih El Barca, Luis Enrique, tidak mendatangkan banyak pemain, namun ia memerlukan satu striker tambahan untuk menjadi pelapis Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar Junior. Hingga saat ini, belum ada striker yang bersedia pindah ke Catalan untuk menjadi cadangan ketiga pemain tersebut.

Daniel Carvajal mencetak gol penentu kemenangan Real Madrid atas Sevilla 3-2 pada laga Piala Super Eropa 2016 di Stadion Lerkendal, Rabu (10/8/2016) dini hari WIB. (AFP/Jonathan Nackstrand).

Lain halnya dengan pelatih Los Blancos, Zinedine Zidane, yang sudah merasa puas dengan skuatnya. Nama Marco Asensio disebut sebagai bintang muda yang akan bersinar pada musim mendatang. Asensio sudah menunjukkan tajinya pada laga Piala Super Eropa. Zidane pun tidak segan untuk memuji pemainnya tersebut.

Barcelona dan Real Madrid hampir dipastikan masih menjadi klub unggulan pada musim mendatang. Namun setidaknya ada tiga klub Spanyol lain yang siap menjegal dua klub besar tersebut, termasuk Atletico. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Atletico Madrid

Atletico Madrid

Atletico Madrid menjadi momok Barcelona dan Real Madrid dalam beberapa musim terakhir. Skuat besuatan Diego Simeone ini bahkan menjadi finalis Liga Champions sebanyak dua kali pada 2016 dan 2014. Los Rojiblancos bahkan pernah meruntuhkan dominasi Barcelona dan Real Madrid pada La Liga musim 2013-14.

Kekalahan dari Los Blancos pada final Liga Champions 2016 hampir membuat Simeone mundur dari jabatannya sebagai pelatih Atleti. Namun, bujukan dari manajemen klub membuat sang pelatih mengurungkan niatnya dan kembali ke Madrid untuk mengincar prestasi.

Kembali ke Atleti, Simeone yang tidak ingin kecewa lagi segera mengumpulkan skuatnya untuk berlatih dan memulai kegiatan pra musim. Simeone mempunyai visi yang jelas dan menyadari kekurangan timnya. Ia pun meminta manajemen untuk mendatangkan striker berkelas. Gonzalo Higuain yang menjadi incaran utama gagal bergabung karena terkendala harga jual sang pemain.

Sebagai gantinya, manajemen mendatangkan striker Sevilla yang berasal dari Prancis, Kevin Gameiro. Kedatangan sang pemain dipuji Simeone karena ia kini mempunyai duet Prancis di lini depan Atletico.

Untuk lini tengah, kedatangan Nicolas Gaitan membuat skuat Atleti semakin solid. Kolaborasi Gaitan, Koke dan Saul menjadi andalan Simeone di dalam skuat koletifnya.

Pada pertandingan pramusim, Atletico menelan dua kekalahan, yaitu ketika melawan Melbourne Victory dan Cadiz. Namun hasil tersebut sudah cukup bagi Simeone yang ingin melihat visi dari para pemainnya.

Prakiraan Starting XI Atletico Madrid (4-4-2):

Jan Oblak; Juanfran, Diego Godin, Stefan Savic, Filipe Luis; Nico Gaitan, Gabi, Koke, Yannick Carrasco; Kevin Gameiro, Antoine Griezmann

3 dari 4 halaman

Sevilla

Sevilla

Sevilla menunjukkan kapasitas sebagai klub kuda hitam setelah menjadi juara Liga Europa tiga tahun berturut-turut. Pergantian pelatih dari Unai Emery ke Jorge Sampaoli tidak lantas menurunkan kualitas Los Nervionenses. Kekalahan dari Real Madrid pada laga Piala Super Eropa tidak bisa dijadikan acuan penampilan Sevilla pada musim 2016-17.

Sampaoli merupakan pelatih yang sukses membawa Cile menjadi juara Copa America pada 2015. Pendekatan yang tidak terlalu beda dari Emery membuat skuat Sevilla tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi.

Pada bursa transfer musim ini, Sevilla kehilangan tiga pemain penting, yaitu Grzegorz Krychowiak, Kevin Gameiro dan Ever Banega. Tiga pemain tersebut merupakan aktor utama klub dalam meraih prestasi. Namun, Sampaoli yang mempunyai daya juang tinggi mempunyai kapabilitas untuk memompa skuatnya saat ini agar bisa bersaing.

Ganso yang didatangkan dari Sao Paulo menjadi bintang yang diharapkan bersinar di Sevilla. Selain Ganso, Franco Vazquez mempunyai potensi besar untuk masuk dalam starting line-up andalan Sampaoli. Pada laga melawan Real Madrid, Vazquez yang dibeli dari Palermo sudah menyumbang gol untuk Los Nervionenses.

Prakiraan Starting XI Sevilla (4-4-2):

Sergio Rico; Gabriel Mercado, Adil Rami, Daniel Carrico, Sergio Escudero; Vitolo, Ganso, Vicente Iborra, Yevhen Konoplyanka; Franco Vazquez, Luciano Vietto

4 dari 4 halaman

Valencia

Valencia

Valencia sejak lama sudah menjadi klub penjegal Barcelona dan Real Madrid. Namun, masalah finansial yang sempat melanda membuat klub ini kesulitan untuk menembus papan atas. Valencia pun hanya bisa berkutat di papan tengah dan hanya menjadi pengganggu Barcelona dan Real Madrid.

Pada musim ini, Pako Ayestaran melanjutkan kiprah sebagai pelatih Los Che. Suksesor Gary Neville tersebut berhasrat untuk menjadikan Valencia setidaknya bisa berjuang di zona Eropa. Jelang bergulirnya musim baru, Valencia sedikit mengalami masalah dalam menentukan skuat karena banyak pemainnya yang menjadi incaran klub besar.

Striker utama Los Che, Paco Alcacer, saat ini masuk dalam radar Barcelona, sedangkan Shkodran Mustafi sudah tidak fokus karena mendapat tawaran dari Arsenal. Hal tersebut semakin menegaskan, dalam beberapa musim terakhir Valencia memang terkenal suka menjual pemain andalannya ke klub lain.

Meskipun dirundung masalah, optimisme Valencia dalam menatap musim depan patut diacungi jempol. Kedatangan Luis Nani membuat para pendukung Los Che gembira karena klub berhasil mendatangkan pemain berkualitas.

Prakiraan Starting XI Valencia (4-3-3):

Diego Alves; Martin Montoya, Aymen Abdennour, Shkodran Mustafi, Guilherme Siqueira; Luis Nani, Enzo Perez, Zakaria Bakkali; Santi Mina, Paco Alcacer, Rodrigo

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer