Sukses


Jadwal El Clasico Ditentukan China

Bola.com, Barcelona - Otoritas pengelola La Liga Spanyol (LFP) baru saja merilis jadwal pertarungan Barcelona kontra Real Madrid. China menyumbang andil besar dalam penentuan jadwal pertandingan dua tim raksasa tersebut.

El Clasico jilid pertama bakal 'manggung' Sabtu (3/12/2016) di Estadio Camp Nou. Selain faktor program televisi dan kondisi keamanan, pengelola LFP 'mengalah' pada China.

Pertarungan Barcelona kontra Real Madrid bakal berlangsung pada pukul 16.15 waktu setempat. Pada saat itu, sebagian besar area wilayah China berada pada pukul 23.15. Artinya, masyarakat China tak terlalu larut untuk menikmati pertandingan spesial tersebut.

Sebelumnya, laga El Clasico biasanya berlangsung pada pukul 20.45 waktu Spanyol. Saat itu, area China tepat di angka 03.45 dini hari pada hari berikutnya. Periode dini hari itu juga yang membuat masyarakat China tak bisa menonton partai krusial tersebut.

Khusus pada musim ini, La Liga mengubah waktu pertandingan menjadi sore di Barcelona, sehingga di China masih belum berganti hari. Seperti dirilis Football Espana, hal itu berkaitan dengan kontrak kerja sama dan penonton di China.

Sejak awal musim 2016-2017, La Liga tengah gencar menggelar kampanye di China. Mereka melakukan beragam aktivitas. Selain itu, dua korporasi raksasa China, Huawei dan Sockatyes, juga mendapat kesempatan menggelontorkan dana sebagai sponsor. Saat ini, duo tersebut tertera pada 14 kostum klub asal La Liga dan 12 dari Liga Adelante atau Segunda Division.

Sindikasi stasiun televisi asal China, baik free to air (tak berbayar) atau langganan, juga membeli hak siar La Liga. Total kontrak sampai tahun 2020 berada di angka 250 juta euro atau sekitar Rp 3 triliun.

"Kami ingin La Liga menjadi konsumsi global, dan berstatus terbaik di dunia. China menjadi proyek pertama kami, dan saya senang karena berjalan bagus," sebut Javier Tebas, Presiden LFP.

LFP merilis, saat ini La Liga memiliki total penonton sebesar 800 juta di seluruh dunia. Sebanyak 150 negara membeli hak siar mereka, lalu 60 juta fans di Facebook dan 9 juta follower di Twitter.

Sumber: La Liga, Football Espana

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer