Sukses


Hasil Buruk Barcelona dan Lionel Messi

Bola.com, Barcelona - Peran Lionel Messi terhadap prestasi yang diraih Barcelona dalam beberapa musim terakhir tidak bisa dipisahkan. Status La Pulga sebagai pemain terpenting El Barca pun tidak terbantahkan. Sejak awal kemunculannya, Messi telah membuktikan kalau ia adalah jantung permainan Barcelona.

Dominasi permainan yang ditunjukkan Messi secara tidak langsung menghasilkan efek ketergantungan terhadap sang pemain. Banyak para pendukung El Barca yang tidak bisa membayangkan apabila Barcelona sudah tidak lagi diperkuat La Pulga.

Pada jornada ke-12 La Liga 2016-17 yang berlangsung Sabtu (19/11/2016), Barcelona menjamu Malaga di Camp Nou. Pada laga ini, Messi tidak bisa tampil karena masalah kebugaran usai membela Argentina di laga internasional. Selain Messi, Luis Suarez juga tidak tampil karena menjalani hukuman akumulasi kartu.

Absennya dua pemain utama Blaugrana membuat strategi Enrique tidak berjalan lancar, khususnya di lini depan. Barcelona unggul dalam penguasaan bola dan rajin menciptakan peluang, namun tidak ada satu pun gol yang tercetak. Laga berakhir imbang tanpa gol dan hal yang paling menjengkelkan adalah Malaga mengakhiri pertandingan hanya dengan sembilan pemain.

Hasil negatif melawan Malaga menjadi laga keempat Barcelona gagal meraih kemenangan saat Messi tidak bermain. Pekerjaan berat pun menanti Luis Enrique yang dituntut untuk membuktikan kalau Barcelona tidak selalu bergantung kepada La Pulga.

Berikut ini adalah empat hasil buruk yang diraih Barcelona dan kaitannya dengan kehadiran Messi:

1. Barcelona 1-2 Deportivo Alaves (Pekan Ketiga La Liga)

Kekalahan dari Deportivo Alaves pada jornada ketiga La Liga Primera Division merupakan hasil buruk pertama yang diraih Blaugrana pada musim ini. Pada laga tersebut, Luis Enrique, mengistirahatkan Messi dan Luis Suarez.

Messi masuk pada menit ke-60 sebagai pengganti Denis Suarez ketika kedudukan masih imbang 1-1. Empat menit setelah Messi memasuki lapangan, gawang El Barca dibobol Ibai Gomez dan membuat kedudukan menjadi 1-2 untuk keunggulan Alaves.

Kehadiran Messi di lapangan tidak membuahkan hasil positif untuk Barcelona. Selain tidak mempunyai banyak waktu untuk mengembangkan permainan, Messi juga sedang tidak berada dalam kondisi terbaik. Barcelona pun harus menelan kekalahan di kandang pada saat itu.

Barcelona vs Atletico Madrid

2. Barcelona 1-1 Atletico Madrid (Pekan Kelima La Liga)

Barcelona menjamu Atletico Madrid pada pekan kelima La Liga. Messi saat itu tampil sejak awal laga bersama Luis Suarez dan Neymar. Barcelona berhasil unggul pada menit ke-41 melalui gol yang dicetak Ivan Rakitic.

Pada babak kedua, Blaugrana kehilangan Messi yang mengalami cedera dan harus ditarik keluar pada menit ke-59. Absennya La Pulga di lapangan membuat Los Rojiblancos mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-61 melalui Angel Correa.

Barcelona gagal mengembangkan permainan dan mengakhiri laga dengan skor imbang, 1-1.

Kontra Celta Vigo dan Manchester City

3. Celta Vigo 4-3 Barcelona (Pekan Ketujuh La Liga)

Cedera yang didapat Messi dalam laga kontra Atletico Madrid membuatnya tidak bisa bergabung dengan skuat El Barca ketika bertandang ke markas Celta Vigo. Enrique memutuskan untuk memainkan Arda Turan sebagai pengganti Messi.

Ketidakhadiran Messi membuat Barcelona kembali gagal mengamankan kemenangan. Laga berakhir dengan skor 4-3 untuk kemenangan tuan rumah, Celta Vigo.

4. Manchester City 3-1 Barcelona (Matchday Keempat Liga Champions)

Barcelona bertandang ke Etihad Stadium untuk menghadapi Manchester City pada lanjutan fase grup Liga Champions Eropa. Pada laga ini, Messi bermain sepanjang laga.

Namun, Blaugrana gagal mengamankan kemenangan dan takluk dengan skor 1-3 dari The Citizens. Laga ini menjadi satu-satunya kekalahan Barcelona meski Messi tampil selama 90 menit.

Sumber: Marca

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer