Sukses


4 Komentar Internal Barcelona Terkait Masa Depan Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi belum menentukan masa depan bersama Barcelona. Beberapa media di Spanyol menyebut, dua kubu akan melakukan negosiasi pada awal bulan depan, setelah laga El Clasico.

Sebelum realisasi proses negosiasi kontrak baru, ragam gosip beredar. Ada yang yakin Messi akan tetap berkostum Barcelona, namun banyak juga yang merasa Sang Messiah akan meninggalkan Barcelona saat kontraknya habis pada Juni 2018.

Kondisi tak menentu tersebut memantik atensi kalangan internal Barcelona, dari presiden klub sampai rekan setim Messi. Mereka berkomentar tentang segala kemungkinan masa depan Messi, baik bertahan ataupun bakal berganti kostum.

Masa depan Lionel Messi juga menjadi santapan hangat beberapa media massa di Spanyol, terutama yang terafiliasi pada Barcelona dan Real Madrid. Bukan rahasia lagi, dua kubu tersebut memiliki deretan media massa yang loyal mendukung klub, sekaligus 'menyerang' klub lawan.

Namun, kali ini beberapa komentar terkait Lionel Messi berasal dari dua media penyokong Barcelona, yakni Sport.es dan El Mundo Deportivo. Beberapa pendapat dari persona yang sama diambil dari ESPN dan Football Espana.

Berikut 4 pendapat internal Barcelona terkait masa depan Lionel Messi.

Josep Maria Bartomeu (Presiden Barcelona)

1. Josep Maria Bartomeu (Presiden Barcelona)
"Kami semua yakin, dan kami semua berpikir positif Lionel Messi akan tetap bersama Barcelona. Messi selalu ada dalam setiap rencana klub di setiap musim. Messi sudah memberikan segalanya, dan saya tak pernah berpikir untuk melepasnya. Messi adalah pemain yang memberi kami kesuksesan,"

Komentar tersebut telontar dari mulut Josep Maria Bartomeu saat berada di depan petinggi sponsor baru mereka, Rakuten. Sang Presiden Barcelona perlu menjelaskan itu, karena jajaran penguasa Rakuten menanyakan bagaimana nasib Lionel Messi ketika mereka menjadi sponsor utama mulai tahun depan.

Bartomeu menjelaskan, proses negosiasi dengan kubu Messi akan berjalan lancar. Magnet utama kesuksesan klub dan sosok legendaris, menjadi hal yang tak akan mudah terlupakan begitu saja bagi sosok Messi. "Saya yakin dia akan bertahan," tegasnya.

Manel Arroyo (Wakil Presiden Barcelona)

2. Manel Arroyo (Wakil Presiden Barcelona)
"Kami tak memasukkan klausul mempertahankan Lionel Messi pada kontrak baru bersama Rakuten. Kami harus bersiap dengan kondisi terburuk, yakni tidak ada Messi, meski itu seharusnya tak akan terjadi. Saya percaya Messi akan loyal, dan kami akan mengupayakan itu terjadi dengan segala cara,"

Arroyo mengungkapkan hal tersebut terkait keraguan banyak pihak mengenai usaha Barcelona untuk mempertahankan Messi. Selain itu, Arroyo paham banyak klub raksasa Eropa yang sudah mengincar Messi melalui 'jalur lingkar', bukan berhubungan langsung dengan manajemen Barcelona.

Rasa khawatir Arroyo sudah mulai terlihat. Manchester City secara terbuka akan menggunakan jasa Josep Guardiola untuk menggaet Lionel Messi. Tentu saja, semua itu bersamaan dengan tawaran gaji sensasional, yang kabarnya menembus angka Rp 8 miliar per minggu, belum termasuk nilai kontrak komersiil.

Sergio Busquets (Gelandang Barcelona)

3. Sergio Busquets (Gelandang Barcelona)
"Saya sangat tahu sosok Lionel Messi. Dia orang yang tak mudah berpindah hati jika memang tak ada sesuatu luar biasa terjadi di internal klub. Dia bisa saja pergi 2-3 tahun lalu, tapi Messi tak melakukan itu. Saya pikir pihak klub harus berbicara dengan hati agar Messi tak pergi, dan menghabiskan karier bersama Barcelona,"

Ucapan Sergio Busquets mengacu pada gosip yang pernah beredar kalau Messi akan ikut bersama Josep Guardiola ke Bayern Munchen. Situasi tersebut kembali terulang kala Guardiola menukangi Manchester City.

Simbol kedekatan Guardiola dan Messi menjadi senjata ampuh bagi Manchester City untuk mendapatkan jasa Sang Messiah. Meski terkenal setia, bukan tidak mungkin Messi akhirnya luluh juga jika berhadapan dengan rayuan Guardiola.

Maklum, Messi terkenal sebagai penganut sepak bola gaya tiki-taka ala Guardiola. Pola permainan Barcelona di tangan Luis Enrique sedikit berubah dengan mulai munculnya umpan-umpan jauh dan strategi pragmatis.

Andres Iniesta (Gelandang Barcelona)

4. Andres Iniesta (Gelandang Barcelona)
"Semua tahu Messi akan bertahan, tapi saya pikir manajemen Barcelona harus berjuang keras. Semuanya bisa terjadi, dan saya yakin Messi juga ingin melakukan pembicaraan lebih cepat. Dia ingin bertahan, tapi semua tergantung pada Barcelona. Secara pribadi, Messi adalah simbol klub dan dia sudah memberi banyak trofi juara, layak untuk dipertahankan meski dengan dana besar,"

Beberapa waktu lalu Andres Iniesta mengakui warna permainan Messi menjadi sentral dari performa Barcelona. Absennya Messi bisa mendatangkan masalah besar. Masalah besar juga menjadi milik lawan andai Messi merumput. Apalagi level kebugaran Messi tak menurun, plus sedang berada pada usia yang dianggap paling matang.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

Video Populer

Foto Populer