Sukses


7 Perbedaan Situasi Terkini Real Madrid dan Barcelona

Bola.com — Real Madrid dan Barcelona terus bersaing memperebutkan berbagai trofi pada musim 2016-2017. Di ajang La Liga, misalnya, kedua klub masih bertengger di posisi pertama dan kedua klasemen sementara hingga pekan ke-23. 

Pada pertandingan terakhir, Real Madrid mengalahkan Espanyol 2-0 berkat gol-gol Alvaro Morata dan Gareth Bale. Demikian halnya dengan Barcelona yang menang 2-1 atas Leganes berkat sepasang gol Lionel Messi.

Sementara itu, di ajang Liga Champions, nasib kedua klub terasa berbeda. Barcelona secara mengejutkan tak berdaya saat bertandang ke Parc des Princes, markas Paris Saint-Germain. Lionel Messi dan kawan-kawan takluk empat gol tanpa balas. 

Berbeda dengan nasib Real Madrid. Menjamu Napoli di Santiago Bernabeu, Real Madrid menang 3-1 berkat gol Karim Benzema, Toni Kroos, dan Casemiro. 

Lantas, seperti apa perbedaan lainnya mengenai kondisi terkini Real Madrid dan Barcelona? Berikut ini adalah ulasannya yang coba dirangkum Bola.com

1. Peran pelatih

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza).

Sementara Luis Enrique dilanda kesulitan, Zinedine Zidane bisa dibilang ibarat sedang "terbang ke awan". Pada musim ini, terlihat jelas Zinedine Zidane mampu menjalankan rotasi lebih baik di Real Madrid ketimbang Luis Enrique. Padahal, pelatih asal Prancis itu sempat dilanda masalah cedera pemain. 

Luis Enrique sebaliknya. Alih-alih melakukan rotasi, perubahan skema Luis Enrique justru terkadang membuat performa Barcelona menurun. Beberapa media Spanyol memprediksi salah satu faktor utama adalah keputusan Luis Enrique memainkan Andre Gomes dan Sergi Roberto yang dinilai tampil jauh di bawah standar. 

2 dari 4 halaman

Sikap Pelatih dan Turnamen Eropa

2. Sikap pelatih

Sejak melatih Barcelona, Luis Enrique sangat jarang berseteru dengan media. Namun, dalam beberapa pertandingan terakhir, mantan pelatih Celta Vigo itu mulai tidak bisa menahan emosi. Setelah kalah 0-4 dari PSG, misalnya, Luis Enrique meluapkan amarah terhadap jurnalis televisi.

Di sisi lain, Zidane Zidane lebih tenang. Meski Real Madrid sempat mengalami masalah badai cedera, Zinedine Zidane dikabarkan tetap tenang ketika menjawab berbagai tekanan, baik dari suporter atau para jurnalis, yang mempertanyakan kelanjutan nasib Los Blancos.

3. Turnamen Eropa

Pemain Barcelona tertunduk seusai dikalahkan Paris Saint-Germain 0-4 pada leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (15/2/2017) dinihari WIB. (AP Photo/Michel Euler).

Melihat lawan di Liga Champions, Real Madrid jelas lebih diuntungkan ketimbang Barcelona. Real Madrid, yang berstatus sebagai runner-up pada fase grup, menghadapi Napoli, sedangkan Barcelona melawan PSG. Hasilnya pun bisa ditebak. Barcelona tak berdaya, Real Madrid berpesta.

Kekalahan 0-4 dari PSG pada 16 besar membuat peluang Barcelona lolos ke perempat final kian kecil. Lionel Messi dan kawan-kawan harus menang dengan selisih empat gol jika ingin melangkah ke putaran selanjutnya. Selisih itu pun terjadi jika PSG tidak mencetak gol pada laga leg kedua nanti.

Peluang Real Madrid lebih terbuka lebar. Meski kebobolan gol tandang, Real Madrid hanya butuh hasil imbang saat menghadapi Napoli pada pertandingan leg kedua, di Naples. Pada pertandingan leg pertama, Real Madrid menang 3-1.

3 dari 4 halaman

Messi vs Ronaldo dan Lini Tengah

4. Messi dan Ronaldo

Bicara Real Madrid dan Barcelona tentu tidak bisa dilepaskan dari Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Peran Lionel Messi di Barceloa kian besar. Sang pemain kini tercatat sebagai pencetak gol terbanyak klub pada musim 2016-2017. Namun, ketergantungan itu justru bisa menjadi bumerang.

Tidak jarang, Barcelona kesulitan mengalahkan lawan-lawannya jika Lionel Messi tampil di bawah standar. Peran Cristiano Ronaldo sebenarnya sama. Namun, pada musim ini, Real Madrid dianggap sukses mengurangi ketergantungan terhadap aksi individual sang pemain di lapangan.

5. Kekuatan lini tengah

Gelandang Real Madrid Toni Kroos merayakan gol ke gawang Napoli pada laga Liga Champions di Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (15/2/2017). (AFP/Javier Soriano).

Kekuatan lini tengah ditengarai menjadi aset penting bagi skuat asuhan Zinedine Zidane. Casemiro, Toni Kroos, dan Luca Modric pun memiliki pelapis cukup mumpuni, yakni Isco, Mateo Kovacic. Kedalaman skuat tersebut pun menjadi kekuatan utama performa Los Galacticos.

Sementara itu, lini tengah Barcelona sedang dirudung masalah. Performa Ivan Rakitic dianggap tidak maksimal. Demikian halnya dengan Andre Gomes, Denis Suarez, dan Rafinha, yang belum menunjukkan konsistensi. Bergantung kepada Andres Iniesta pun tidak dapat dijadikan opsi lantaran masalah usia sang pemain.

4 dari 4 halaman

Kiper dan MSN vs BBC

6. Peran kiper

Satu-satunya hal yang menggembirakan bagi Barcelona adalah penampilan konsisten kiper Marc-Andre ter Stegen. Meski Barcelona kalah 0-4 dari PSG, penampilan sang kiper tidak dapat disepelekan. Bahkan, Barcelona bisa saja kebobolan lebih banyak jika Ter Stegen tampil di bawah standar.

Berbeda dengan Ter Stegen, kiper Real Madrid, Keylor Navas justru dianggap tampil mengecewakan. Bahkan, menurut media-media Spanyol, Real Madrid mulai mencari pengganti. Salah satu nama yang gencar diberitakan sedang diincar adalah kiper Chelsea, Thibaut Courtois.

7. MSN vs BBC

Trio penyerang Barcelona, Luis Suarez (kiri) bersama Neymar (tengah) dan Lionel Messi, pada laga kontra Real Madrid, di Estadio Camp Nou (3/12/2016). Trio MSN Barcelona berhasil mencetak gol ke-300, Kamis (12/1/2017) dini hari WIB.  (EPA/Toni Albir).

Menilik performa lini depan Barcelona dan Real Madrid, trio MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar) memang lebih unggul jika dibandingkan trio BBC (Gareth Bale, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo).

Pada musim 2016-2017, trio MSN telah mencetak total 69 gol dan 36 assist dari 98 pertandingan (akumulasi dari tiga pemain), sedangkan trio BBC baru menorehkan 49 gol dan 16 assist dari total 74 laga.

Sumber: Marca, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer