Sukses


Motta: Latihan Barcelona Selalu Brutal

Paris - Mantan gelandang Barcelona, Thiago Motta masih ingat dengan cara berlatih klub asal Katalunya tersebut. Dia mengatakan, sesi latihan di Camp Nou selalu berjalan brutal.

Semua pemain, kata Motta, selalu berlatih dengan keras dan tanpa kompromi. Ini tak lain agar Barcelona bisa selalu maksimal di setiap pertandingan.

Motta gabung Barcelona pada 2001 dan memperkuat klub itu selama enam tahun. Pemain yang kini membela Paris Saint-Germain itu sempat berlatih dengan Lionel Messi dan Andres Iniesta.

Ia menjelaskan, sesi latihan di Camp Nou sangat kasar. Semua pemain harus serius selama di lapangan. 

"Latihan di sana seperti perang. Aku ingat suatu ketika ketika melakukan tekel kepada Messi dan ayahnya berteriak padaku. Dia mengatakan aku menekelnya terlalu keras, tetapi itu adalah satu-satunya cara untuk menghentikannya," kata Motta seperti dilansir Football Espana.

2 dari 3 halaman

Tekel Keras

Thiago Motta (AFP/Paul Ellis)

“Aku akan menyentuh bola dan mereka semua akan berteriak kepadaku untuk mengopernya kepada mereka. Tekelnya terkadang sangat kasar, tetapi Carles Puyol mengatakan kepadaku untuk melakukan hal yang sama, jadi setelah itu aku tidak punya masalah dan mendapat lebih banyak rasa hormat.”

“Pelatih Louis van Gaal juga sangat keras dan jika Anda tidak memasukkan baju ke celana, ia bahkan tidak akan membiarkan Anda berlatih. Itu adalah tahun pertama Iniesta berhasil masuk ke tim utama. Dia luar biasa dan bahkan pada usia 14 tahun, tidak takut pada siapa pun,” Motta menambahkan.

3 dari 3 halaman

Statistik Motta

Selama memperkuat Barcelona, Motta tampil dalam 139 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga menyumbangkan tujuh gol dan empat gelar bergengsi.

Video Populer

Foto Populer