Sukses


Menanti Langkah Real Madrid Setelah Ditinggal Ronaldo

Jakarta Kepergian Cristian Ronaldo akan berdampak pada kekuatan Real Madrid. Kejelian langkah manajemen pada bursa transfer musim panas menjadi kunci penting bagi Los Blancos. 

Real Madrid akhirnya gagal menahan kepergian Cristiano Ronaldo musim ini. Pemain yang sudah memperkuat Los Blancos sejak 2009 itu memilih hijrah ke tim Serie A, Juventus. Ronaldo diboyong dengan nilai transfer berkisar 105 juta euro atau setara Rp 1,7 triliun. 

Kepergian Ronaldo tentu meninggalkan celah di lini depan Los Blancos. Sebab, meski permainan tim, peran Ronaldo selama ini terbilang sangat besar di skuat Real Madrid. 

Sejak direkrut dari Manchester United (MU) 2009 lalu, Ronaldo telah menjelma sebagai poros serangan Los Blancos. Sederet rekor diciptakan CR7 selama di Real Madrid. 

Seperti dilansir dari Washington Post, setiap musimnya, pemain asal Portugal itu mencetak rata-rata 50 gol bersama Real Madrid. Tidak heran bila Ronaldo merupakan top scorer sepanjang masa Real Madrid. Selama sembilan musim, Ronaldo mengemas 450 gol dari 438 pertandingan. 

Masih banyak rekor lain yang bakal sulit dipecahkan oleh pemain lain. Selengkapnya, bisa dibaca pada berita '4 Rekor Cristiano Ronaldo di Real Madrid yang Sulit Dipecahkan'.

Di luar itu, pendapatan Real Madrid juga bakal menurun drastis sepeninggal Ronaldo. Maklum selama ini, CR7 merupakan salah satu "sumur emas" bagi tim asal ibu kota itu. 

Situs sportsjoe.ie melaporkan, Real Madrid memang harus merogoh kocek sangat dalam untuk memboyong CR7 dari MU. Kala itu, dia dibawa ke Santiago Bernabeu dengan mahar 80 juta pound sterling atau setara 94 juta euro dan sempat jadi pemain termahal.  

Saat Ronaldo tiba, pendapatan Real Madrid hanya mencapai 401 juta euro. Sementara di musim terakhirnya, pendapatan Los Blancos melambung menjadi 674,6 juta euro. Angka ini lebih tinggi ketimbang pendapatan klub rival Barcelona yang mencapai 648,3 juta euro. 

Sementara menurut Forbes, nilai Real Madrid saat pertama kali Ronaldo datang 2009 mencapai 1.353 miliar euro. Adapun per Juni 2018, nilainya meningkat sebesar 3,48 miliar euro. 

 

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Janjikan Nama Besar

Pelatih Real Madrid, Julen Lopetegui, berusaha membesarkan hati fansnya. Menurutnya, kepergian Ronaldo tidak akan memberi pengaruh besar kepada kekuatan Los Blancos. Hal itu disampaikan Lopetegui, saat mengunjungi tempat latihan Madrid, Valdebebas, Senin lalu. 

"Kami memiliki tim yang luar biasa. Saya telah berada di Valdebebas (pusat latihan Madrid) dan tidak ada kata-kata untuk mendefinisikannya," kata Lopetegui dilansir dari Soccerway.

Presiden Real Madrid, Florentino Perez, juga bersikap sama. Perez yang dianggap menjadi salah satu biang keladi kepindahan Ronaldo, berusaha menenangkan hati fans Los Blancos dengan menjanjikan bakal memboyong sederet pemain hebat untuk menggantikan CR7.

Sebagai langkah pemanasan, Perez mendatangkan tiga pemain baru; Andriy Lunin (kiper) dari Zorya, Alvaro Odriozola (gelandang) dari Real Sociedad, dan Vinicius Junior (penyerang) dari Flamengo. Meski bukan nama besar, mereka diboyong dengan harga yang tidak murah. 

"Beberapa hari yang lalu saya berjanji bahwa kami akan menandatangani pemain yang luar biasa dan itulah yang kami lakukan. Sekarang kami mengumumkan Alvaro Odriozola dan Vinicius Junior. Kami berharap terus melakukannya," ujar Perez, dikutip dari Football Espana.

Sederet pemain bintang sebenarnya sudah mulai dikaitkan dengan Real Madrid. Mulai dari Kylian Mbappe, Neymar, Eden Hazard, hingga penjaga gawang Thibaut Courtois. 

Mbappe dan Neymar telah menyatakan komitmennya untuk bertahan di klubnya saat ini, sedangkan Hazard masih dalam proses tarik ulur. Pemain Belgia ini berpeluang besar menggantikan Ronaldo mengingat perannya di Chelsea yang belakangan melempem. 

Media-media Spanyol menyebut Madrid sudah membuka negosiasi transfer dengan ayah Eden Hazard. Jika sukses, El Real akan mengajukan penawaran resmi kepada The Blues.

Akan tetapi, upaya Real Madrid merekrut sang pemain tidaklah mudah. AS mengabarkan, Maurizio Sarri akan tetap memasukkan Eden Hazard ke dalam rencana masa depan Chelsea.

 

3 dari 3 halaman

Maksimalkan Bale?

 

Bursa transfer musim panas masih terus berlangsung. Siapa pun masih berpeluang untuk diboyong Real Madrid. Di sisi lain, kepergian Ronaldo juga membuka peluang bagi Bale. 

Sebelum Ronaldo hijrah ke Juventus, Bale menjadi pemain yang paling sering digosipkan bakal meninggalkan Real Madrid. Sebab, sejak Zinedine Zidane mengambil alih kursi pelatih Real Madrid pada Januari 2016, nasib Gareth Bale memang langsung berubah drastis. Secara perlahan, ia tersingkir dari starting XI Los Merengues dan lebih sering sebagai cadangan. 

Selain itu, faktor cedera juga jadi penghalang bagi Bale untuk mendapat kepercayaan dari Zidane. Selama bermain di bawah asuhan Zidane, ia hanya dimainkan dalam 82 laga dengan total menit bermain 5.566. Statistiknya adalah 40 gol dan 17 assist.

Bahkan, Gareth Bale sudah secara terang-terangan merasa tak betah di Madrid. Bale ingin memperkuat klub di mana dia mendapat jaminan bermain secara regular. Manchester United (MU) yang disebut-sebut bakal jadi tujuan pemain asal Wales itu.

Namun, Bale tampaknya bakal mengurungkan niatnya meninggalkan Santiago Bernabeu. Itu karena kursi pelatih Madrid kini sudah diambil alih Julen Lopetegui. Seperti dilansir Football Espana, Lopetegui akan menjadikan pemain berusia 29 tahun itu sosok vital di Real Madrid.

Seperti apa manuver yang akan dilakukan Real Madrid sepeninggal Cristiano Ronaldo, semua akan terlihat saat musim baru bergulir kembali mulai Agustus mendatang. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer