Sukses


Real Madrid Sedang Rindukan Ronaldo

Jakarta - Pundi-pundi gol yang kerap diciptakan oleh Cristiano Ronaldo saat masih di Real Madrid hilang pada musim ini. Rafael Van der Vaart pun merasa bahwa wajar jika bekas klubnya tersebut merindukan sosoknya saat ini.

Selama sembilan musim, Ronaldo menorehkan catatan luar biasa di Real Madrid. Ia mengoleksi 450 gol dari 438 penampilan, di mana pada tiap musimnya raihan golnya tidak pernah kurang dari angka 30.

Setelah memutuskan pergi pada bursa transfer 2018 lalu, Real Madrid gagal mendapatkan pengganti Ronaldo. Nomor punggung tujuh yang selalu ia kenakan saat ini menjadi milik Mariano Diaz yang baru mencetak satu gol dari sembilan penampilannya.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 3 halaman

Peran Ronaldo Sulit Digantikan

Van der Vaart, yang pernah bermain bareng Ronaldo pada musim 2009-2010, paham betul pentingnya pemain asal Portugal itu untuk Los Merengues. Ia pun tak kaget jika juara bertahan Liga Champions tersebut merindukan sosoknya.

"Anda tidak bisa mengganti seseorang yang mencetak 40 sampai 50 gol permusimnya, dan, tentu saja, Real merindukan Ronaldo," ujar Van der Vaart kepada Goal.

"Apa yang ia lalukan di Real Madrid sangatlah gila," lanjutnya.

Pelatih sebelumnya, Julen Lopetegui, mencoba untuk percaya pada permainan kolektif tim semenjak kepergian Ronaldo. Namun, eks nahkoda Timnas Spanyol itu gagal hingga akhirnya dipecat pada bulan Oktober lalu.

3 dari 3 halaman

Solari Masih Butuh Waktu

Van der Vaart merasa bahwa hal itu sulit untuk terjadi dalam waktu dekat, meskipun kehadiran Santiago Solari di kursi kepelatihan memberi dampak positif sejauh ini. Tetapi, ia yakin Los Merengues tak perlu mencari pengganti Ronaldo di bulan Januari nanti.

"Kualitas skuat masih ada. Mereka tidak membutuhkan pemain baru di musim dingin nanti. Selalu sulit menemukan pemain yang cocok pada musim dingin untuk membantu tim pada kelas seperti ini," tambahnya.

"Tim harus berkembang bersama lagi untuk mengkompensasi kepergian Ronaldo. Santiago Solari melakukan tugasnya dengan sangat baik, tetapi dia masih butuh waktu," tandasnya.

Sejak dipegang Solari, performa Real Madrid mengalami peningkatan drastis. Dari lima partai yang telah dilakoni di La Liga, Los Merengues hanya menelan satu kekalahan dan membuatnya kini bertengger di posisi empat pada klasemen sementara.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer