Sukses


5 Transfer Pemain Barcelona yang Mengejutkan

Bola.com, Jakarta - Barcelona menggaet Kevin-Prince Boateng pada bursa transfer Januari ini. Transfer ini cukup mengejutkan publik sepak bola internasional, karena Boateng bukan pemain dengan nama besar.

Pemain berusia 31 tahun tersebut dipastikan bergabung ke Camp Nou setelah datang dari Sassuolo. Kesepakatannya adalah dengan status pinjaman hingga akhir musim dengan memiliki opsi membeli di akhir musim.

Transfer ini jelas mengejutkan karena sebelumnya nama Boateng sama sekali tak banyak dirumorkan. Barcelona sebelumnya lebih sering dikaitkan dengan nama Alvaro Morata yang gagal di Chelsea, hingga nama Christian Stuani.

Kepastian akan datangnya Kevin-Prince Boateng ini jelas menimbulkan banyak tanda tanya. Namun, Barcelona bukan kali ini saja melakukan transfer yang cukup mengejutkan.

Berikut ini lima transfer mengejutkan dalam sejarah Barcelona seperti dilansir Sportskeeda.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 6 halaman

Paulinho

Meski bermain di China bersama Guangzhou Evergrande, Paulinho tidak lepas dari pantauan Barcelona. Bahkan raksasa La Liga itu bersedia menebus Paulinho dengan biaya yang mencapai 40 juta euro.

Tentu saja tidak ada yang menyangka klub sebesar Barcelona membeli pemain yang sebelumnya bermain di China dan pernah gagal di Premier League bersama Tottenham. Banyak yang skeptis dengan kedatangan Paulinho. Namun, pemain berusia 30 tahun itu membungkam kritik dengan menunjukkan penampilan yang solid bagi klub.

Paulinho mencetak sembilan gol dalam 49 penampilan di semua kompetisi untuk tim Catalan. Setelah hanya satu musim di klub, Barcelona melepas Paulinho ke Guangzhou dengan status pinjaman dan gelandang Brasil itu sekarang sudah sepenuhnya milik Guangzhou.

3 dari 6 halaman

Thomas Vermaelen

Thomas Vermaelen pernah menjabat sebagai kapten Arsenal. Akan tetapi, pemain asal Belgia itu sering diganggu oleh cedera sehingga membuatnya kehilangan tempat di tim utama.

Meskipun begitu, Barcelona berani mengambil resiko untuk merekrut Vermaelen dengan biaya 15 juta pounds pada musim panas 2014. Namun, pemain berusia 33 tahun itu tidak banyak berkontribusi selama lima tahun di Camp Nou.

Vermaelen sempat dipinjamkan ke Roma menjelang musim 2016/2017 dan hanya membuat 12 penampilan untuk tim Italia tersebut. Vermaelen selama ini hanya tampil 49 kali dalam kostum Barcelona karena sebagian besar mengalami cedera.

4 dari 6 halaman

Alex Song

Banyak yang terkejut ketika Barcelona memutuskan untuk mendatangkan Alex Song dari Arsenal. Pemain asal Kamerun itu ditebus dengan biaya yang mencapai 15 juta pounds.

Akan tetapi, Barcelona sudah punya lini tengah yang kuat pada saat itu. Song pun kesulitan mendapatkan tempat reguler saat bersaing dengan Cesc Fabregas, Xavi Hernandez, Andres Iniesta dan Sergio Busquets.

Song kemudian dipinjamkan ke West Ham pada musim panas 2014. Sejak saat itu, sang pemain melanjutkan kariernya di Rubin Kazan dan tim Swiss Sion.

5 dari 6 halaman

Emmanuel Amunike

Amunike berhasil membantu Nigeria meraih juara Piala Afrika pada tahun 1994. Setelah itu, ia membawa negaranya tampil di Piala Dunia pertama mereka dan hampir lolos ke perempat final.

Aksinya tahun itu membuat Amunike dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika Tahun 1994, serta pindah ke raksasa Portugal Sporting Lisbon. Ia tampil mengesankan di sana sehingga membuatnya bisa pindah ke Barcelona pada tahun 1996.

Namun, kiprah Amunike di Barcelona dihancurkan oleh cedera. Dia hanya membuat 19 penampilan di La Liga dalam empat musim sebelum dilepas oleh klub pada tahun 2000.

6 dari 6 halaman

Dmytro Chygrynskiy

Chygrynskiy adalah pemain Ukraina pertama yang bermain di Barcelona setelah ditebus dengan biaya 25 juta euro. Dia diharapkan bisa menjadi penerus jangka panjang bagi Carles Puyol dan membuat barisan belakang Barcelona semakin kuat.

Namun, harapan itu tidak pernah menjadi kenyataan karena Chygrynskiy kesulitan menembus tim utama Barcelona. Dia hanya membuat 14 penampilan di semua kompetisi.

Chygrynskiy pada akhirnya dijual kembali ke Shakhtar dengan biaya sebesar 15 juta euro pada musim berikutnya. Dia meninggalkan Nou Camp tanpa membuat dampak yang berarti di klub.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer