Sukses


Ernesto Valverde Akui Barcelona Sulit Keluar dari Tekanan Tinggi Real Madrid

Bola.com, Jakarta - Tak hanya gagal mengalahkan Real Madrid di hadapan suporter sendiri di Camp Nou pada Kamis dini hari WIB (19/12/2019), Barcelona juga minim peluang sepanjang pertandingan yang menyita perhatian banyak pencinta sepak bola dunia ini.

Kali ini, Barcelona harus puas dengan skor 0-0 dan berbagi poin dengan rival abadi mereka.

 

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, menyebut melihat usaha kedua tim untuk menciptakan peluang demi saling mengalahkan, sudah optimal.

"Mereka begitu menekan kami dan menciptakan masalah dengan bola-bola atas, di situlah kekurangan kami," ucapnya.

Secara khusus, Valverde menilai tekanan tinggi yang diberikan Real Madrid cukup efektif meredam permainan skuatnya. Ia juga mengakui Barcelona merasa kesulitan menghadapi lawan yang terorganisasi, serta memiliki energi tinggi.

"Kami sudah memperkirakan itu. Pada akhirnya, itu adalah situasi duel antarindividu yang musti Anda atasi. Terkadang kami bisa memenanginya dan terkadang tidak," ujar Valverde.

2 dari 2 halaman

Busquets Menghilang

 

Hal lain yang jadi sorotan selain minimnya peluang tuan rumah, adalah ketiadaan sosok Sergio Busquets dalam pertandingan bertajuk El Clasico ini.

Valverde menjelaskan, sejatinya Busquets masuk starting line-up. Namun, jelang laga, ia mendadak mengalami demam.

Posisinya lantas disiapkan sebagai pemain cadangan, dan Ivan Rakitic bermain sebagai starter. Namun, hingga laga usai, Busquets tetap tak bermain.

"Benar, Busquets merasa tak enak badan, demam sebelum pertandingan. Kami pikir bisa memainkannya di babak kedua, tapi tidak pada akhirnya. Pelatih mengambil keputusan berdasar apa yang Anda lihat," jelas Valverde.

Skor 0-0 alias tanpa pemenang di El Clasico ini jadi yang pertama sejak 17 tahun silam atau terakhir terjadi pada 2002. Hasil ini juga tidak membawa perubahan pada posisi kedua tim di klasemen sementara La Liga 2019-2020.

Barcelona tetap berada di puncak klasemen, dibuntunti Real Madrid. Kedua tim sama-sama mengoleksi poin 36 dari 17 pertandingan.

Sumber: Four Four Two

Video Populer

Foto Populer