Sukses


Akun Facebook Terindikasi Sewaan Barcelona Memiliki Ratusan Ribu Followers

Bola.com, Jakarta - Barcelona kembali diterpa isu tak sedap. Kali ini perihal klaim yang menyebut jika manajemen klub menyewa 'influencers' untuk mendiskreditkan sejumlah pemain dan mantan pemain mereka sendiri.

Jaringan radio terkenal Spanyol, Cadena SER, melalui programnya, Què Thi Jugues mengungkapkan bahwa ada perusahaan khusus yang disewa oleh Barcelona untuk mempermanis citra manajemen klub dan memperburuk imej para pemainnya sendiri.

Lebih dari itu, para influencers tersebut juga berupaya untuk membersihkan citra Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Siapa pun figur yang mencoba mengkritik Bartomeu, maka langsung diserang lewat kampanye-kampanye busuk, baik itu lewat rilis media mau pun memes.

Marca menjelaskan, puluhan bahkan mungkin ratusan akun menyerang Messi setelah legenda hidup Timnas Argentina dan Barcelona itu menunda penandatanganan kontrak baru. Contoh lainnya, Pique, yang dikritik karena jalinan bisnisnya dan keterikatannya dengan Davis Cup.

Barcelona telah membantah kabar tersebut lewat rilis resmi. Manajemen klub juga akan menempuh jalur hukum jika ada pihak-pihak serupa yang mencoba meneruskan praktik tersebut.

"Terkait pemberitaan yang menyatakan bahwa Barcelona menyewa sebuah perusahaan yang didedikasikan khusus guna menciptakan opini di media sosial dengan tujuan menjelek-jelekkan citra klub ini, Barcelona menegaskan bahwa:

"Barcelona menolak adanya hubungan dan keterikatan dengan layanan jasa media sosial untuk menyoroti imej negatif baik itu individu, entitas, atau organisasi yang sedang atau pernah berhubungan dengan klub ini."

"I3 Ventures tidak ada hubungannya dengan Barcelona, dan sekali pun ada, maka kami akan langsung memutus kontrak dengan mereka." tulisnya.

2 dari 3 halaman

Total Ratusan Ribu Followers

Meski sudah dibantah oleh Barcelona, El Larguero, program lain milik jaringan radio Spanyol, Cadena SER, merilis sebuah dokumen yang membuktikan bahwa I3 Ventures memang benar menggerakkan 'kampanye busuk' Barca.

Secara garis besar, I3 Ventures berupaya untuk memperindah citra manajemen Barcelona dan menjelek-jelekkan imej para pemainnya sendiri.

Cadena SER, lewat program El Larguero, menyebut sedikitnya ada enam akun Facebook yang dijalankan oleh I3 Ventures. Tiap akun memiliki jumlah followers yang sangat banyak, sehingga tiap konten yang diunggah berpotensi viral dan dimakan publik.

  • Més que un club (66,000 followers)
  • Respeto y Deporte (56,000)
  • Alter Sports (27,000)
  • Sport Leaks (21,000)
  • Justicia y Diálogo en el Deporte y Jaume (8,500)
  • Un film de terror (5,000)

Dengan angle pemberitaan yang sama, I3 Ventures leluasa menyebarluaskan opini yang 'dipesan' oleh Barcelona kepada followers-nya. Ini baru dari Facebook saja, belum akun media sosial lain seperti Twitter dan situs.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer