Sukses


Lepas Gareth Bale dan James Rodriguez Bikin Real Madrid Berhemat Rp1,3 Triliun?

Bola.com, Madrid - Real Madrid berniat untuk melepas sejumlah pemain seperti Gareth Bale dan James Rodriguez. Kabarnya jika Los Blancos berhasil cuci gudang pada bursa transfer musim panas mendatang, mereka bisa berhemat hingga Rp1,3 triliun dalam anggaran gaji pada musim depan.

Real Madrid kini harus mengencangkan ikat pinggang. Pandemi virus corona membuat pemasukan klub terganggu. Kompetisi dihentikan, tidak ada pertandingan. Aktivitas komersial klub pun terbengkalai.

Sementara itu, klub harus membayar gaji pemain dan staf klub. Real Madrid yang banyak dihuni pemain bintang tentu punya tagihan gaji yang tidak sedikit. Kondisi ini bisa membuat keuangan klub bermasalah.

Pada musim 2019-2020, Real Madrid harus mengeluarkan 284 juta euro untuk membayar gaji pemain. Dari jumlah yang besar tersebut, beberapa pemain tidak memberi kontribusi yang maksimal.

Gelandang Real Madrid James Rodriguez merayakan gol ke gawang Deportivo La Coruna (AP Photo/Lalo R. Villar)

Dikutip dari AS, Real Madrid harus segera memangkas pos pengeluaran gaji pada musim 2020-2021 mendatang. Los Blancos harus segera berhemat agar neraca keuangan klub aman. Melepas pemain menjadi solusi yang bisa ditempuh.

Gareth Bale misalnya. Pemain asal Wales tersebut mendapat gaji 29 juta euro per musim. Padahal, situasinya sudah jelas bahwa Gareth Bale tidak masuk dalam skema permainan Zinedine Zidane.

James Rodriguez juga berada dalam situasi yang sama. Pemain asal Kolombia menerima gaji 16, juta euro per musim. Padahal, dia tidak banyak dimainkan. James lebih sering mengalami cedera pada musim 2019-2020 ini.

Mariano Diaz, Alvaro Odriozola, Brahim Diaz, Dani Ceballos, dan Jesus Vallejo juga berada pada situasi yang sama. Melepas para pemain tersebut bisa membuat Real Madrid berhemat hingga 75 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun.

Video

2 dari 2 halaman

Peluang untuk Achraf Hakimi dan Martin Odegaard

Secara kuantitas, Real Madrid bakal kehilangan kedalaman skuad jika melepas para pemain di atas. Sebagai solusi, mereka bisa membawa pulang pemain yang kini tengah dipinjamkan ke klub lain. Beban gaji mereka juga relatif lebih rendah.

Achraf Hakimi contohnya. Dia tampil sangat bagus bersama Dortmund dalam dua musim terakhir. Pemain asal Maroko tersebut gajinya hanya 3 juta euro per musim. Andai mendapat kontrak baru, tidak akan naik secara signifikan.

Kasus yang sama juga berlaku pada Martin Odegaard. Gajinya hanya 3,5 juta euro per musim. Kualitas pemain berusia 21 tahun tersebut juga tidak kalah jika dibanding barisan gelandang Real Madrid lainnya.

Sumber: AS

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 6/4/2020)

Video Populer

Foto Populer