Sukses


Nasib Terkini Para Pemain Starting XI Barcelona di Hari Lionel Messi Mencetak Gol Pertama

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi selalu identik dengan Barcelona, begitu juga sebaliknya. Situasi tersebut terjadi sejak nama Lionel Messi menjulang. Debut bersama Barcelona yang tergolong moncer, membuat perjalanannya lancar.

Yup, kisah karier Lionel Messi bareng Barcelona menjadi legenda tersendiri. Statistik La Liga merilis, Lionel Messi telah mencetak 438 gol bersama Barcelona di pentas liga domestik.

Gol pertama Lionel Messi lahir saat bersua Albacete di Camp Nou, pada 1 Mei 2005. Saat itu, Samuel Eto’o membuka keunggulan pada menit ke-66, untuk membawa Barcelona menang 2-0 dan meraih gelar La Liga.

Barcelona mengangkat trofi untuk kali pertama dalam tujuh tahun. Starting XI pada pertandingan itu penuh dengan bintang-bintang ikonik. Berikut nama-nama yang masuk dalam deretan perjalanan sejarah Lionel Messi.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

2 dari 11 halaman

Victor Valdes dan Juliano Belletti

Victor Valdes

Kiper asli Catalan ini sudah mengenal Lionel Messi sejak berada di La Masia. Ia mencatatkan hampir 400 penampilan untuk Barcelona di La Liga dari tahun 2002 hingga 2014.

Valdes terkenal sebagai satu di antara kiper terbaik dalam sejarah Barcelona. Ia menjalani karier singkat ke Manchester United, Standard Liege, dan Middlesbrough. Setelah pensiun, Valdes menjadi pelatih dan sempat melatih tim Juvenil A (U-19) Barça di tahun 2019.

Juliano Belletti

Juliano Belletti, Full-back asal Brasil, tak disangka-sangka mencetak gol kemenangan di final Liga Champions tahun 2006, dimana Lionel Messi harus absen karena cedera. Setelah karir singkat bersama Chelsea, dan kembali ke Brasil bersama Fluminense, ia pensiun dan sekarang menjadi duta internasional untuk Barcelona.

 

3 dari 11 halaman

Oleguer Presas dan Carles Puyol

Oleguer Presas

Pemain asli kelahiran Catalan, Oleguer berhasil menembus tim utama dari akademi. Ia melakoni debut bersama tim utama bersama Louis van Gaal pada tahun 2003.

Ia bisa bermain sebagai bek tengah dan bek kanan. Oleguer bermain bersama Barcelona hingga tahun 2008, sebelum pindah ke Ajax, dan pensiun di tahun 2011. Ia dikenal dengan berbagai aktivitasnya di luar sepak bola, dan saat ini masih terlibat dalam dunia politik dan telah menerbitkan beberapa tulisan. 

Carles Puyol

Carles Puyol, yang disebut sebagai seorang one-club player. Ikon Barça ini pensiun pada 2014 dengan enam gelar La Liga dan tiga gelar Liga Champions.

Ia sempat kembali ke klub sebagai asisten direktur untuk Andoni Zubizarreta hingga tahun 2015. Puyol hampir menjabat sebagai Direktur Olahraga Barça pada tahun 2019, dan sering diprediksi menjadi bagian administratif klub di masa depan. Ia juga sempat menjadi agen pemain dan duta La Liga.

 

4 dari 11 halaman

Giovanni van Bronckhorst

Bek kiri pilihan Frank Rijkaard saat itu, ‘Gio’ meninggalkan Camp Nou tahun 2007 untuk kembali ke Feyenoord. Setelah pensiun pada 2010, ia menjadi pelatih Feyenoord.

Pada 2017, ia membawa tim tersebut menjuarai gelar Eredivisie untuk kali pertama dalam 20 tahun terakhir. Saat ini, Van Bronckhorst adalah pelatih tim utama tim liga super Tiongkok, Guangzhou R&F.

 

5 dari 11 halaman

Andrés Iniesta

Apalagi yang bisa kita katakan tentang Andrés Iniesta? Gelandang utama dalam karier Lionel Messi di La Liga. Ia mengoleksi 442 penampilan di La Liga.

Ia memenangi sembilan gelar La Liga dan empat gelar Liga Champions untuk Barcelona sebelum pindah ke liga Jepang bersama Vissel Kobe pada 2018. Ia juga mencetak gol kemenangan untuk Spanyol di final Piala Dunia 2010 melawan Belanda.

 

6 dari 11 halaman

Rafael Márquez

Rafael Márquez masih bermain hingga usia 38 tahun, dan pernah berkarier di AS, Italia, dan Meksiko setelah berkarir selama tujuh tahun di Barcelona. Ia mencatatkan penampilan profesional terakhirnya di Piala Dunia 2018.

Kala itu, ia memecahkan rekor timnas Meksiko sebagai pemain yang paling banyak tampil di Piala Dunia. Setelah pensiun, ia menjabat sebagai Direktur Olahraga di klub Meksiko, Atlas, klub dimana ia mencatatkan debutnya, dan hengkang dari klub tersebut pada tahun 2019. Sejak saat itu, Márquez menyatakan minatnya dalam dunia kepelatihan.

 

7 dari 11 halaman

Deco

Selalu menjadi pilihan utama di lini tengah Barcelona sejak tiba di Camp Nou pada 2004. Pemain berkebangsaan Portugal kelahiran Brasil ini melakukan 113 penampilan bagi Barcelona.

Ia hengkang setelah kedatangan Pep Guardiola sebagai pelatih, dan berkarier di Chelsea sebelum kembali ke Brasil bersama Fluminense. Setelah pensiun, ia menetap di Brasil dan bekerja sebagai agen pemain.

 

8 dari 11 halaman

Ludovic Giuly

Seorang pemain sayap cepat yang tangguh ketika membawa bola. Ludovic Giuly menjadi bagian penting dari trio lini depan Barcelona bersama Ronaldinho dan Samuel Eto’o pada era 2000-an.

Pemain asal Prancis ini pindah ke AS Roma pada 2007, sebelum mengakhiri kariernya di Prancis. Hubungan eratnya bersama AS Monaco terus berlanjut; setelah bermain dalam waktu yang lama bersama Monaco, ia menjabat sebagai pejabat klub.

Sekarang, ia menjadi asisten pelatih Tim B AS Monaco. Ia juga dikenang di klub pertamanya, Monts d’Or Azergues Foot, yang menamakan stadion mereka dengan nama Giuly.

 

9 dari 11 halaman

Samuel Eto'o

Tak perlu ragu, ia adalah satu di antara penyerang terbaik di generasinya dan mungkin pemain Afrika terbaik sepanjang masa. Samuel Eto’o mencetak 108 gol dalam 144 penampilan di panggung La Liga bersama Barcelona.

Setelah hengkang dari Camp Nou pada 2010, ia bermain bersama Inter Milan, Anzhi Makachkala, dan Chelsea. Ia mengakhiri karier dengan hampir 300 gol di berbagai kompetisi liga teratas. Saat ini, Eto'o menjadi duta La Liga.

 

10 dari 11 halaman

Ronaldinho

Satu di antara pemain terbaik pada abad ke-21. Ronaldinho menggocek dan menggiring bola untuk menarik hati para penggemar sepak bola di seluruh dunia ketika bermain di Barcelona.

Ia hengkang dari Camp Nou pada 2008, bersamaan dengan kedatangan Pep Guardiola, dan pindah ke AC Milan. Ia meraih Scudetto pada 2010, sebelum pindah ke Brasil dan Meksiko.

Sempat bermain di laga amal sejak pensiun pada 2015, Ronaldinho pensiun sebagai satu dari tujuh pemain yang memenangi Piala Dunia, Liga Champions, dan Ballon d’Or. Ronaldinho akhir-akhir ini disorot karena masuk penjara Paraguay setelah memalsukan paspornya.

 

11 dari 11 halaman

Pelatih: Frank Rijkaard

Karier kepelatihan Rijkaard cukup aneh. Ia membawa Barcelona kembali berjaya setelah performa tak stabil selama beberapa tahun.

Ia membawa Barcelona menjuarai La Liga, Liga Champions, dan memberikan Lionel Messi kesempatan bermain. Tapi ia hanya sukses di Camp Nou.

Pelatih asal Belanda ini lalu melatih Galatasaraay dan timnas Arab Saudi, setelah sebelumnya sempat menangani timnas Belanda dan Sparta Rotterdam. Saat ini, Rijkaard telah pensiun dari dunia sepak bola dan tinggal di Amsterdam.

Sumber : La Liga

Video Populer

Foto Populer