Sukses


Ogah Dicap Wonderkid Gagal, Bojan Krkic: Kemampuan 4 Bahasa Lebih Baik Ketimbang 5 Gelar Juara

Bola.com, Jakarta - Dulu, Bojan Krkic sempat mendapat label The Next Lionel Messi. Meski dicap wonderkid gagal, pemain Montreal Impact itu menilai kemampuan berbicara empat bahasa masih lebih baik ketimbang raihan lima juara.

Bojan Krkic punya latar belakang yang hampir sama dengan Lionel Messi. Mereka memulai karir di La Masia, akademi milik Barcelona, dan sukses menembus tim utama pada usia yang sangat muda.

Bojan Krkic punya catatan impresif di La Masia. Bojan Krkic sempat dianggap bakal menjadi penyerang masa depan Barcelona, setelah Lionel Messi lebih dulu bersinar bersama tim utama.

Bojan Krkic mencetak gol pertama di Barcelona pada 2007, saat usianya baru 17 tahun dan 53 hari. Itu adalah rekor pencetak gol termuda. Rekor itu kemudian dipatahkan Ansu Fati dengan usia 16 tahun dan 304 hari saat mencetak gol.

Setelah meninggalkan Barcelona, nyaris tidak ada prestasi besar yang diraih Bojan Krkic. Catatan terbaik diukir bersama Ajax saat menjadi juara Eredivisie 2013/3014, tetapi Bojan Krkic tidak menjadi pemain inti.

Akan tetapi, Bojan Krkic menolak jika disebut sebagai pemain yang gagal. "Saya berpikir besar dan saya bermain untuk tim besar. Saya bermain bersama Barcelona-nya Lionel Messi," kata Bojan Krkic.

"Saya bisa berbicara empat bahasa: Inggris, Italia, Spanyol, dan Catalan. Saya lebih menghargai kemampuan bicara empat bahasa daripada lima gelar juara. Berapa banyak orang yang bermimpi punya karir seperti ini?," tutur Bojan Krkic.

 

Video

2 dari 2 halaman

Merasa Sukses

Pada musim debutnya di tim utama Barcelona, Bojan Krkic mencatatkan 31 pertandingan di La Liga dan mencetak 10 gol. Namun, selepas musim gemilang itu, catatan golnya terus menurun.

Bojan Krkic pindah dari Barcelona pada 2011. Ketika itu, dia bermain untuk AS Roma. Karir Bojan Krkic tidak juga membaik dan terus berganti klub. Dia pernah bermain di AC Milan, Ajax Amsterdam, Stoke City, Mainz, Deportivo Alavez.

Pada usia 29 tahun, Bojan Krkic kini di Montreal Impact.

"Saya merasa sukses [sebagai pemain]. Saya tidak tahu berapa banyak yang bisa mencetak 40 gol di tim utama Barcelona dan mereka telah bermain empat musim di sana," kata Bojan Krkic kepada El Pais dikutip dari Marca.

"Saya punya banyak pertandingan yang bagus, sedangkan pemain lain tidak. Saya selalu mengatakan bahwa saya sangat senang dengan empat tahun yang saya lalui di Barcelona," tambah Bojan Krkic.

Sumber Asli: Marca

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 11/6/2020)

Video Populer

Foto Populer