Sukses


Rapor 9 Pemain Barcelona yang Berpotensi Ditendang Setelah Ronald Koeman Datang

Bola.com, Jakarta - Barcelona telah meresmikan Ronald Koeman pelatih baru mereka. Barca mendepak Quique Setien dari kursi entrenador usai tim asal Catalan itu dipastikan tak meraih gelar sama sekali pada musim 2019/20.

Bahkan rumor pemecatan Setien sejatinya sudah muncul cukup lama, dan Barcelona pada akhirnya memutuskan berpisah dengan Setien setelah kekalahan menyakitkan 2-8 dari Barcelona di perempat final Liga Champions. 

Nah, seiring kabar bergabungnya Koeman tersebut, santer pula kabar bahwa Koeman akan melakukan revolusi besar-besaran di skuad Barcelona pada musim panas ini. Dilansir dari Mirror dan Diario AS, setidaknya ada 9 pemain yang bisa menjadi sasaran 'tebas' Ronald Koeman.

Siapa saja pemain Barcelona yang bakal didepak dan mak bagaimana performa mereka?

2 dari 11 halaman

Ivan Rakitic

Ivan Rakitic menjadi satu di antara pemain yang paling santer dikabarkan akan pergi. Statistik Rakitic musim ini bisa dikatakan yang terburuk dibandingkan musim-musim sebelumnya bersama Barcelona.

Dari catatan Whoscored, Rakitic hanya tampil 16 kali sebagai starter di La Liga musim ini dengan catatan 1 gol dan 3 assist. Sementara di Liga Champions, ia hanya tampil 4 kali sebagai starter dan membuat satu assist.

Dari sisi ofensif, Rakitic rata-rata membuat 0,8 tembakan per laga di La Liga, memproduksi 0,6 umpan kunci, dan memiliki rataan umpan sukses sebesar 90%.

3 dari 11 halaman

Ousmane Dembele

Didatangkan dengan ekspektasi menjadi suksesor Neymar yang pindah ke PSG, Ousmane Dembele justru menjadi pesakitan di Barcelona.

Musim ini, Dembele lebih banyak bergelut dengan cedera dan hanya tampil 5 kali di La Liga dengan 3 di antaranya sebagai stater dan membuat 1 gol. Catatan menit bermainnya pun mengenaskan dengan hanya 358 menit. Sementara di Liga Champions ia hanya mengoleksi 136 menit dari 2 kali starter dan 2 kali sebagai pengganti.

Sebagai seorang winger, kemampuan utama Dembele adalah melewati lawan dengan rata-rata 2,8 dribel sukses di La Liga, dan melepas 1,6 umpan kunci di liga.

  

4 dari 11 halaman

Arturo Vidal

Musim ini bisa dikatakan adalah musim terbaik Arturo Vidal bersama Barcelona. Di La Liga, Vidal bermain sebanyak 33 kali dengan 16 di antaranya menjadi starter dan mengoleksi 8 gol dan 2 assist.

Dari catatan whoscored, gelandang asal Chile tersebut mampu melepas rata-rata 1,9 tekel per laga, melepas 0,7 umpan kunci di La Liga. Sementara di Liga Champions, Vidal melepas rata-rata 1 umpan kunci dari 7 laga, dengan rata-rata umpan sukses di Liga Champions mencapai 88%.

Namun kendala utama dari Vidal adalah di usianya yang sudah 33 tahun, dan faktor itu yang kabarnya membuat Koeman mempertimbangkannya untuk dilepas sebagai bagian dari proyek regenerasi.

5 dari 11 halaman

Junior Firpo

Didatangkan dari Real Betis musim lalu, performa Junior Firpo tak jelek-jelek amat. Di La Liga, Firpo tercatat 17 kali bermain dengan 11 di antaranya sebagai starter. Sementara di Liga Champions ia sudah tampil 4 kali.

Whoscored mencatat dari sisi ofensif, pemain yang bisa bermain sebagai bek tengah dan bek kiri tersebut membuat 1 assist dan 1 gol di La Liga. Keduanya ia bukukan ketika ditampilkan sebagai bek kiri oleh pelatih Quique Setien.

Dari sisi defensif, Whoscored mencatat Firpo melepas rata-rata 1,4 tekel per laga, membuat rataan 1 intersep, dan membuat 0,5 sapuan per laga di La Liga.

Meskipun catatannya cukup bagus, namun kabarnya pemain Spanyol berusia 23 tahun tersebut tak masuk dalam rencana Ronald Koeman musim depan.

  

6 dari 11 halaman

Martin Braithwaite

Martin Braithwaite didatangkan Barcelona pada awal tahun ini. Ia didatangkan setelah Barcelona krisis penyerang pasca-cederanya Luis Suarez dan Ousmane Dembele.

Namun peran penyerang berusia 29 tahun tersebut sangat minim. Dari 11 pertandingan, ia hanya mampu membuat 1 gol di La Liga musim lalu.

Mundo Deportivo mengklaim bahwa ia tak memiliki masa depan di rencana Ronald Koeman dan menjadi salah satu pemain yang bakal dilepas di musim panas ini.

7 dari 11 halaman

Samuel Umtiti

Salah satu pemain yang juga dikabarkan masuk dalam daftar cuci gudang Barcelona adalah Samuel Umtiti. Bek asal Prancis tersebut musim ini memang lebih banyak bergelut dengan cedera, dan performanya jauh menurun. Bahkan 2 musim terakhir, Umtiti secara total hanya bermain 27 laga di La Liga tanpa mencetak gol.

Berdasarkan catatan Whoscored, dari 13 laga di La Liga dengan torehan 946 menit bermain, bek Prancis ini membuat rata-rata 1,7 intersep per laga, 0.8 tekel per laga, dan 2.5 sapuan per laga. Tak buruk memang, namun cedera yang terus-terusan membuat masa depannya di Camp Nou diragukan.

8 dari 11 halaman

Luis Suarez

Salah satu pemain senior yang bisa dikatakan akan mengejutkan bila benar ditendang adalah Luis Suarez. Performa penyerang Uruguay tersebut tak benar-benar mengecewakan.

Di La Liga, Luis Suarez mampu mengoleksi 16 gol dari 28 penampilan. Bukan itu saja, dari sisi ofensif Whoscored mencatat Suarez adalah pemain yang mengutamakan tim dengan catatan 8 assist, membuat rataan 0.9 umpan kunci, melepas rata-rata 2,8 shots, dan membuat rata-rata 0.9 sapuan per laga di La Liga.

Di Liga Champions pun catatannya tak buruk. Dari 7 laga, mantan penyerang Liverpool tersebut mampu membuat 5 gol dan 2 assist.

Namun memang salah satu kendala utama Suarez adalah di faktor usia. Usianya yang sudah 33 tahun dinilai sebagai sebuah kelemahan dalam rencana Ronald Koeman. Karena itu namanya disebut tak lagi masuk dalam rencana revolusi Koeman di Barcelona.

9 dari 11 halaman

Sergio Busquets

Pemain senior lainnya yang juga disebut masuk dalam rencana penjualan Barcelona adalah Sergio Busquets.

Menghabiskan seluruh karier pemainnya di Barcelona, banyak yang memprediksi bahwa musim lalu akan menjadi musim terakhir Busquets. Dan kedatangan Ronald Koeman disebut akan membuat Busquets harus rela mencari klub baru.

Melansir dari Whoscored, Busquets tampil 33 kali di La Liga dengan membuat dua gol dan dua assist. Kemampuan utamanya memang bukan mencetak gol, namun rata-rata umpan kunci yang ia lakukan adalah 0.7 per laga, dan melepas rataan 0.3 shots per laga.

Sementara dari sisi defensif, Busquetes melakukan rataan 2.4 tekel di La Liga, 1.3 intersep, dan 0.6 sapuan per laga. Sedangkan di Liga Champions, ia tercatat membuat 1.1 tekel dari 7 laga, 2.1 intersep, dan 0.9 sapuan.

Catatan Busquets sebagai gelandang bertahan tak buruk memang. Namun usianya yang sudah 32 tahun dianggap tak sejalan dengan revolusi yang ingin dilakukan Barcelona.

10 dari 11 halaman

Jordi Alba

Meskipun masih disebut sebagai salah satu bek kiri terbaik di dunia, usia Jordi Alba yang sudah menginjak 31 tahun disebut membuat performanya menurun di musim lalu.

Melansir Whoscored, Jordi Alba bermain 27 kali di La Liga dengan torehan 2 gol dan 5 assist. Dari sisi defensif, Alba rata-rata melakukan 0.7 tekel per laga, 1.4 intersep per laga, 1 sapuan, dan 0.8 dribel per laga di La Liga. Dari sisi ofensif, rata-rata 1.1 umpan kunci dengan umpan sukses mencapai 88,6%.

Pada usia 31 tahun dan dengan catatan statistik tersebut, menurut Bolaneters layak atau tidak Jordi Alba masuk dalam rencana jual Ronald Koeman musim panas ini? 

Sumber: Mirror/Whoscored

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 19/8/2020

11 dari 11 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer