Sukses


Sebuah Utas: Barcelona Kusut, Bikin Lionel Messi Jengkel hingga Akhirnya Minta Dijual

Bola.com, Jakarta - Barcelona mengalami tahun 2020 yang mengerikan sebagai tim sepak bola, klub, dan institusi. Kekalahan telak 2-8 yang terjadi di tangan Bayern Munchen adalah hasil yang mengejutkan bagi sebagian orang, bagi banyak orang, itu terasa seperti puncak dari penurunan bertahun-tahun.

Kedatangan Ronald Koeman telah mendorong Lionel Messi mengeluarkan ultimatum kepada mereka; jika segala sesuatunya berlanjut sebagaimana adanya, dia tidak akan ada untuk melihatnya.

Tapi bagaimana kita bisa sampai di sini?

Hasil imbang 0-0 dengan Real Madrid pada El Clasico sebelum Natal tahun lalu memantik segalanya.

Banyak hal yang membuat Lionel Messi gerah di Barcelona. Mulai dari masalah internal, pemecatan dua pelatih, hingga penutupan musim tanpa satupun trofi.

Padahal, nyaris tiap musim ia selalu mencetak rekor demi rekor, menjadikannya pesepak bola jenius dalam satu dekade terakhir.

Musim 2019/2020 bisa jadi merupakan mimpi buruk buat manajemen Barcelona. Berbagai persoalan menimpa mereka, dari faktor teknis sampai non-teknis, hingga akhirnya Lionel Messi jengkel dan meminta dijual musim panas ini.

Mari memulainya dari Desember.

 

Video

2 dari 6 halaman

Desember

18 Desember

Barcelona 0-0 Real Madrid. Bukan hasil akhir saja yang mengecewakan. Ivan Rakitic dkk. juga bermain buruk, sangat buruk.

Berlaga di depan publiknya sendiri di Camp Nou, Barcelona hanya sanggup melepaskan dua shots on target.

19 Desember

Sehari setelah laga tersebut, Eric Abidal bersuara. Ia mengatakan kepada jajaran manajemen Barcelona bahwa Ernesto Valverde tidak becus.

Ucapan ini membuat internal klub memanas. Sebagian orang mengiyakan opini Eric Abidal, tapi tak sedikit yang merasa Abidal terlalu 'rusuh' dan ikut campur, termasuk dari para pemainnya sendiri.

Merasa diserang oleh Lionel Messi dkk., Eric Abidal lantas mengklaim bahwa para pemain Barcelona kurang kerja keras. Makin runyam sudah.

28 Desember

Di tengah melempemnya performa Barcelona, Arturo Vidal malah berulah. Dilansir dari Harian ABC, gelandang asal Chile itu menuntut klubnya sendiri karena belum membayarkan bonus sebesar 2,4 juta euro.

 

3 dari 6 halaman

Januari

1 Januari

Agen Matthijs De Ligt, Mino Raiola, bikin geger publik Camp Nou. De Ligt, yang kini bermain di Juventus, disebutnya tidak mendapatkan perlakukan yang layak dari Barcelona.

Ketika Barcelona mendaratkan Frenkie De Jong, Raiola kecewa karena kliennya, Matthijs De Ligt masuk dalam opsi jual beli tersebut. Raila menganggap Barca tidak serius dan menganggap remeh De Ligt.

10 Januari

Luis Suarez menderita cedera lutut parah yang mengharuskannya absen selama empat bulan.

13 Januari

Valverde out - Setien in

30 Januari

Eric Abidal berulah lagi. Ceritanya, mantan striker Villarreal, Cedric Bakambu sudah terbang dari Beijing ke Barcelona untuk menandatangani kontrak peminjaman.

Giliran sudah sampai, Eric Abidal memberi tahu Cedric Bakambu bahwa semuanya dibatalkan. Pada 31 Januari, ketahuan siapa yang sebenarnya direkrut.

Yaitu Francisco Trincao. Tapi, entah kurang komunikasi dengan pihak Sporting Braga, klubnya, Trincao baru bisa merapat ke Camp Nou pada 1 Juli.

 

4 dari 6 halaman

Februari

4 Februari

Kesal dengan tingkah Eric Abidal yang 'luar biasa', Lionel Messi membalas perbuatannya dengan membuat pernyataan di laman resmi Instagram-nya.

"Menurut saya, kalau Anda membicarakan para pemain, sebut namanya. Sebab kalau tidak, publik akan menerka siapa yang Anda maksud, dan itu bisa saja salah," kata Messi.

Tak lama setelah unggahan tersebut, Ousmane Dembele dikabarkan mengalami cedera dan tak bisa bermain hingga akhir musim. Makin berat saja Barcelona karena sudah lebih dulu ditinggal Luis Suarez.

6 Februari

Athletic Bilbao 1-0 Barcelona (Copa del Rey).

25 Februari

Napoli 1-1 Barcelona (leg 1 babak 16 besar Liga Champions).

 

5 dari 6 halaman

Maret - Juni

30 Maret

Manajemen Barcelona memutuskan pemotongan gaji pemain mencapai 70 persen.

18 Juni

Frenkie De Jong cedera. Tak bisa bermain hingga akhir musim La Liga.

19 Juni

Bermain tanpa banyak pemain kunci, Barcelona ditahan imbang Sevilla tanpa gol. Real Madrid buka peluang juara La Liga.

28 Juni

Menyusul hasil hasil imbang 2-2 atas Celta Vigo, ruang ganti Barcelona makin runyam. Real Madrid makin jemawa di puncak klasemen.

30 Juni

Barcelona 2-2 Atletico Madrid (La Liga).

 

6 dari 6 halaman

Juli - Agustus

16 Juli

Barcelona 1-2 Osasuna. Real Madrid juara La Liga.

14 Agustus

Barcelona 2-8 Bayern Munchen (perempat final Liga Champions).

16 Agustus

Pasca kekalahan telak dari Munchen, Gerard Pique secara tersirat ingin menyudahi kariernya di Barcelona.

20 Agustus

Ronald Koeman diangkat sebagai pelatih baru Barcelona. Kontrak dua tahun.

23 Agustus

Dengan gayanya, mengumumkan siapa-siapa yang akan ditendang, siapa yang bakal bertahan. Lionel Messi tak suka cara itu. Ia mau Luis Suarez bertahan.

Bukannya mendinginkan, pada 25 Agustus, Ronald Koeman mengatakan kepada Lionel Messi untuk 'main kalem', bahwasanya tak ada yang spesial di Barcelona, termasuk Messi.

26 Agustus

Muncul sebuah surat dari Lionel Messi yang berisikan keingianannya meninggalkan Barcelona.

 

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer