Sukses


6 Wonderkid La Masia yang Lepas dari Barcelona

Bola.com, Jakarta - Selama lima tahun terakhir, ada beberapa pemain yang meninggalkan kebanggaan Barcelona, La Masia, dan bersinar di tempat lain. Adama Traore adalah salah satu contoh yang terkini.

La Masia seolah tak henti menghasilkan pemain-pemain bertalenta. Namun, tak semuanya mendapatkan kesempatan untuk menembus tim utama Barcelona.

Dari semua jebolan La Masia selama lima tahun terakhir, mungkin hanya Ansu Fati yang mampu menyelamatkan muka mereka. Dia mulai bersinar di tim utama, bahkan sudah menembus tim nasional Spanyol.

Namun, ada beberapa jagoan La Masia yang sudah lepas dari tangan Barcelona selama lima tahun terakhir. Simak ulasannya berikut ini.

Video

2 dari 7 halaman

Adama Traore

Pemain sayap 24 tahun Spanyol ini berada di akademi Barcelona periode 2004-2013. Dia memperkuat Barcelona B periode 2013-2015.

Dia sejatinya digadang-gadang bakal jadi pemain hebat saat masih di La Masia. Namun, dia gagal memaksimalkan kesempatan-kesempatan yang diberikan kepadanya.

Dia akhirnya menemukan tempat yang tepat di Wolverhampton Wanderers. Di sana, dia memanfaatkan transformasi fisiknya yang mengagumkan itu untuk menjadi salah satu pemain yang ditakuti di Premier League.

3 dari 7 halaman

Eric Garcia

Sama seperti Adama Traore, bek 19 tahun ini juga telah melakoni debutnya bersama tim nasional Spanyol.

Dia berada di akademi Barcelona periode 2008-2017. Dia kemudian bergabung dengan akademi Manchester City. Pada musim pertamanya di sana, dia mengkapteni tim U-18 dan bermain di UEFA Youth League.

Dia mulai mendapatkan kesempatan di tim utama Manchester City besutan Josep Guardiola. Namun, dia beberapa waktu lalu telah menolak memperpanjang kontraknya di City, yang hanya tersisa satu tahun.

Akankah salah satu bek bertalenta jebolan La Masia ini kembali ke Barcelona?

4 dari 7 halaman

Marc Cucurella

Bek sayap kiri 22 tahun Spanyol ini merupakan pemain akademi Barcelona periode 2012-2017. Sekarang, dia di Getafe.

Di Getafe, dia bersinar. Oleh pelatih Jose Bordalas, dia dipasang di posisi yang lebih ofensif, sebagai gelandang sayap kiri.

Salah satu kesulitan yang dialami Barcelona sejak beberapa tahun terakhir adalah mencari pengganti Jordi Alba di pos bek kiri. Andai tak melepas Cucurella, itu mungkin takkan terjadi.

5 dari 7 halaman

Alex Grimaldo

Dia adalah bek kiri jebolan La Masia lainnya yang dilepas Barcelona. Pemain 25 tahun itu sejatinya juga bisa menjadi solusi untuk bek kiri Barcelona.

Dia di akademi Barcelona periode 2008-2012, kemudian bermain untuk Barcelona B periode 2011-2015.

Pada 2015, ketika kontraknya akan habis, dia bergabung dengan Benfica di Portugal. Sejauh ini, dia sudah mencetak 12 gol dalam 162 penampilan bersama Benfica.

6 dari 7 halaman

Carles Perez

Pemain sayap kanan 22 tahun Spanyol ini berada di akademi Barcelon periode 2012-2017.

Di bawah kepelatihan Ernesto Valverde, dia mendapatkan lebih banyak kesempatan bermain di tim utama Barcelona. Dia juga mencetak beberapa gol di Camp Nou.

Namun, semakin ke sini, kesempatan mainnya semakin berkurang. Beberapa minggu setelah gabung AS Roma pada Januari 2020, Ousmane Dembele mengalami cedera panjang.

Barcelona waktu itu sampai harus merekrut Martin Braithwaite dari Leganes sebagai pengganti darurat.

7 dari 7 halaman

Mateu Morey

Bek kanan 20 tahun mantan pemain Spanyol U-17 dan U-18 ini merupakan salah satu kehilangan yang paling merugikan bagi Barcelona.

Dia adalah pemain akademi Barcelona periode 2016-2019. Barcelona sejatinya berharap banyak kepadanya.

Namun, kedua pihak gagal mencapai kata sepakat untuk perpanjangan kontrak. Itu membuatnya bisa direkrut Borussia Dortmund secara gratis.

Di Jerman, dia sudah menjadi bagian tim utama Dortmund. Sejauh ini, dia sudah memainkan total lima pertandingan.

 

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 11/10/2020

Video Populer

Foto Populer