Sukses


Cerita Thiago Alcantara dan 4 Pemain Didikan La Masia yang Dibuat Patah Hati oleh Barcelona Kemudian Bersinar di Klub Lain

Bola.com, Jakarta - Akademi La Masia tak pernah berhenti menghasilkan pemain-pemain bertalenta. Namun, tak semuanya bisa mendapatkan kesempatan untuk menembus tim utama Barcelona. Mereka pun memilih pergi membangun reputasi di klub lain.

Salah satu jebolan La Masia yang berhasil menjadi bintang di Barcelona adalah Lionel Messi. Kapten timnas Argentina itu sudah menjadi tulang punggung Barca selama bertahun-tahun.

Selama beberapa tahun terakhir, tidak banyak lulusan La Masia yang mendapat kesempatan di tim utama Barcelona. Mungkin hanya Ansu Fati yang bisa dibanggakan.

Ansu Fati saat ini bersinar di tim utama Blaugrana. Bahkan pemain berusia 18 tahun itu sudah mendapat panggilan tim nasional Spanyol.

Namun, ada beberapa pemain La Masia yang lepas dari tangan Barcelona. Mereka bisa bersinar setelah meninggalkan Blaugrana.

2 dari 7 halaman

Adama Traore

Adama Traore tampil mengesankan di Premier League setelah bergabung dengan Wolverhampton Wanderers pada 2018. Pemain sayap sudah mencetak gol-gol penting untuk klub sekaligus menjadi motor serangan di timnya.

Performa hebat Traore membuatnya mendapat panggilan memperkuat tim nasional Spanyol. Sang pemain juga telah dikaitkan dengan kepindahan dari klubnya saat ini.

Traore hanya membuat empat penampilan untuk tim senior Barcelona setelah menimba ilmu di akademi. Tapi tidak mudah mendapat tempat reguler di Barcelona dan Traore memilih pindah ke Aston Villa pada 2015.

3 dari 7 halaman

Eric Garcia

Eric Garcia juga sempat menimba ilmu di akademi Barcelona. Namun, sang pemain memutuskan pindah ke Manchester City pada 2017.

Garcia pindah tim junior City saat itu dan pada akhirnya menjadi pemain tim utama untuk Josep Guardiola. Sampai sejauh ini Garcia sudah mencatatkan 27 penampilan di semua kompetisi untuk The Citizens.

Barcelona menginginkan pemain berusia 19 tahun itu untuk kembali ke Camp Nou. Kontraknya di City berakhir pada akhir musim ini, tetapi untuk saat ini dia tetap menjadi bagian dari The Citizens.

4 dari 7 halaman

Hector Bellerin

Hector Bellerin lahir di Barcelona dan memulai kariernya di tim junior klub sebelum pindah ke Arsenal. Pemain Spanyol itu pindah ke Inggris pada tahun 2011.

Setelah pindah ke Arsenal, Bellerin sempat dipinjamkan ke Watford. Namun, sang pemain pada akhirnya berhasil menjelma menjadi bek kanan pilihan utama di klub.

Bellerin sudah mencatatkan 215 penampilan untuk Arsenal dengan mencetak 8 gol dan 29 assist. Selain itu, sang pemain juga berhasil memenangkan tiga Piala FA bersama The Gunners.

5 dari 7 halaman

Mauro Icardi

Mauro Icardi telah membuktikan kelasnya sebagai penyerang yang haus gol selama memperkuat Inter Milan. Saat ini sang pemain sedang menunjukkan kualitasnya di PSG.

Icardi adalah lulusan La Masia lainnya yang memutuskan untuk meninggalkan Barcelona lebih awal. Penyerang asal Argentina itu bahkan belum pernah tampil di tim utama Barca.

Ironisnya, Barcelona mendapatkan Icardi setelah mengalahkan tim-tim seperti Real Madrid, Liverpool dan Arsenal. Pemain berusia 27 tahun itu pernah memenangkan Capocannoinere dua kali bersama Inter dan telah mencetak 187 gol dalam kariernya di klub.

6 dari 7 halaman

Thiago Alcantara

Thiago Alcantara menyudahi kebersamaannya bersama Bayern Munchen pada musim panas. Gelandang asal Spanyol itu sekarang sedang mencoba lembaran baru bersama Liverpool.

Thiago sebenarnya sempat memperkuat tim senior Barcelona dengan mencetak 11 gol dan membuat 20 assist dalam 100 pertandingan. Namun, ia tak pernah menjadi pemain reguler di Camp Nou karena ada Xavi dan Andres Iniesta.

Pemain berusia 29 tahun itu kemudian meninggalkan Barcelona pada 2013 dengan mengikuti Josep Guardiola ke Bayern Munchen. Sejak saat itu, Thiago berhasil membuktikan kualitasnya sebagai salah satu gelandang terbaik.

Sumber asli: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 16/11/2020)

7 dari 7 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer