Sukses


Waswas Kehilangan Lionel Messi, Presiden La Liga Rayu Jurgen Klopp

 

Bola.com, Jakarta Presiden La Liga, Javier Tebas, sedang berharap-harap cemas menunggu kelanjutan masa depan Lionel Messi di Barcelona. Di tengah-tengah ketidakpastian nasib Messi, Tebas malah melancarkan rayuan kepada manajer Liverpool, Jurgen Klopp

Tebas punya misi mengembangkan La Liga dengan melakukan ekspansi. Demi mewujudkan ambisinya itu, dia ternyata ingin ada manajer hebat lagi yang datang ke Liga Spanyol. Sosok yang sangat diidamkan Tebas adalah Jurgen Klopp.  

Pelatih asal Jerman itu menjadi satu dari beberapa manajer terbaik di dunia. Kesuksesan bersama Liverpool baru-baru ini kian menegaskan kualitas Klopp. 

Di bawah besutan Klopp, The Reds berhasil menjuarai Liga Champions 2019, serta menyabet gelar Liga Inggris 2019/2020. Penantian Liverpool untuk kembali mencicipi titel liga domestik setelah 30 tahun akhirnya kesampaian juga. 

Tebas tampaknya menilai Klopp sebagai sosok yang tepat untuk menaikkan citra La Liga. Sejauh ini, La Liga sudah kehilangan beberapa sosok terbaiknya seperti Pep Guardiola, Jose Mourinho, Cristiano Ronaldo, hingga Neymar. Bukan tak mungkin Messi segera menyusul karena tidak kunjung meneken perpanjangan kontrak dengan Barca. 

Guardiola dan Mourinho sekarang berkiprah di Inggris. Jika Messi meninggalkan Barca, klub yang paling difavoritkan sebagai pelabuhan barunya juga dari Inggris, Manchester City. 

Presiden La Liga tentu selalu menginginkan para superstar sepak bola, termasuk pelatih papan atas, untuk berkiprah di Spanyol jika memungkinkan. Dia juga ingin menutup kesenjangan finansial yang terbentang antara La Liga dan tim papan atas di Inggris.

"Kami selalu menginginkan yang terbaik," kata Tebas, seperti dilansir Mirror, Sabtu (28/11/2020).  

"Saya menginginkan Lionel Messi di La Liga. Seperti juga saya ingin ada Jose Mourinho, Pep Guardiola, Jurgen Klopp, Cristiano Ronaldo, semua yang bisa membantu kami maju," imbuh Tebas. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Berharap Messi Pensiun di Barcelona

Kesepakatan hak siar televisi yang dimulai pada 2019 dan berakhir 2022 menunjukkan Premier League mengantongi nominal yang lebih banyak dibanding La Liga, 5 miliar pounds berbanding 3,4 miliar pounds. 

Tebas juga sangat menyadari butuh nama besar untuk mempertahankan citra dan status La Liga sebagai liga elite. 

 "Saya ingat pernah mengatakan (pada Agustus 2020) bahwa Messi tidak penting," kata Tebas.

"Kami sedang mempersiapkan diri jika (kepergian Messi) terjadi suatu hari nanti. Pemain sangat penting tetapi mereka tidak esensial. Liga mana pun yang tergantung kepada pemain berarti telah membuat kesalahan."

"Tentu saja saya akan senang Messi lanjut di sini untuk bebererapa tahun. Dia pemain terbaik di dunia dalam sejarah dan harapan saya dia mengakhiri karier di Spanyol," imbuh Tebas. 

Sumber: Mirror 

Video Populer

Foto Populer