Sukses


Liga Spanyol: Janji Surga Joan Laporta, Pertahankan Lionel Messi dan Bujuk Pep Guardiola Kembali ke Barcelona

Bola.com, Barcelona - Mantan Presiden Barcelona, Joan Laporta, akan mencoba kembali mencalonkan diri untuk jabatan yang sama pada Januari 2021. Dia memberikan dua janji surga, yaitu berusaha mempertahankan Lionel Messi dan membujuk Pep Guardiola kembali ke Barcelona.

Laporta pernah memimpin Barcelona selama tujuh tahun, tepatnya sejak 2003 hingga 2010. Di periode tersebut Barca memenangi sejumlah trofi bergengsi. Pria berusia 58 tahun itu juga yang pertama kali mendapuk Guardiola sebagai pelatih Blaugrana pada 2008.

"Saya ingin mempersatukan seluruh fans Barcelona, ini persaudaraan kami, dan saya ingin memimpin tim ini menang lagi," kata Laporta, pada sesi konferensi pers, seperti dilansir, Senin (30/11/2020).

Barcelona gagal merengkuh titel La Liga musim lalu, yang terbang ke pelukan Real Madrid. Yang lebih menyesakkan, klub Catalan itu dibantai Bayern Munchen 2-8 di perempat final Liga Champions. Saat ini, Barcelona menempati peringkat ketujuh di Liga Spanyol.

"Saya tak ingin melihat ke belakang, tak ada penyesalan. Saya ingin menjadi untuk setiap orang dan saya akan bekerja tak kenal lelah menjadi penggerak optimisme di mana pun Anda berada di dunia ini," imbuh dia.

2 dari 3 halaman

Messi Mencintai Barcelona

Pemilihan presiden Barcelona akan berlangsung pada 24 Januari 2021. Laporta berjanji jika memenangi pemilihan akan mengajak Messi berbicara dan membujuknya tetap bertahan di camp Nou. Tapi, ia juga mengakui Barca butuh rencana B jika La Pulga ngotot pergi. 

"Messi mencintai Barça, tidak ada yang bisa meragukannya," kata Laporta.

"Kami memiliki hubungan saling menghormati dan kasih sayang. Hal terbaik baginya adalah menunggu untuk melihat siapa yang memenangkan pemilihan dan kemudian melihat apa yang mereka usulkan. Saya pikir jika dia menerima proposal yang bagus, dia akan tinggal," sambung Laporta. 

"Akan sangat bagus untuk terus memiliki kepemimpinan Messi di lapangan. Kami tahu dia tidak bisa bertahan selamanya. Tetapi dia masih memiliki beberapa tahun tersisa untuk bermain di level tertinggi. Kami berharap dengan cara itulah yang berhasil dan jika tidak, kami memiliki rencana alternati." 

Laporta juga berjanji akan berusaha membujuk Guardiola kembali ke Camp Nou. Ini bukan misi mudah karena Guardiola baru saja meneken kontrak baru di Manchester City. 

"Pep adalah seorang teman dan jika dia telah mengambil keputusan itu (untuk bertahan di Manchester City) dan dia senang, maka selamat. Seperti semua penggemar Barca, saya berharap dia kembali suatu hari nanti. Dan jika saya menang mungkin suatu hari saya bisa mencapainya," tegas Laporta. 

Sumber: Reuters 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer