Sukses


Liga Spanyol: 5 Kendala Real Madrid Menaklukkan Osasuna, Miskin Kreativitas dan Masalah Cuaca

Bola.com, Jakarta - Real Madrid harus meratapi kegagalan mereka meraih tiga poin dan menggeser Atletico Madrid dari puncak klasemen. Bertandang ke markas Osasuna, Minggu (10/1/2021) dini hari WIB, Los Blancos bermain imbang tanpa gol.

Pertandingan yang digelar di El Sadar itu seharusnya berjalan baik bagi Real Madrid. Apalagi Osasuna memang tengah berada di zona degradasi dan harus berjuang untuk bisa keluar dari bahaya.

Namun, Los Blancos malah tidak maksimal dan harus puas pulang dengan membawa satu poin karena ditahan imbang Osasuna tanpa gol.

Hasil ini tentu sangat mengecewakan bagi Real Madrid. Padahal mereka bisa saja memangkas jarak dengan Atletico Madrid yang berada di puncak klasemen tapi gagal bermain menghadapi Athletic Bilbao lantaran cuaca yang buruk.

Namun, dari pertandingan antara Osasuna kontra Real Madrid, ada sejumlah hal penting yang terjadi. Apa saja itu?

2 dari 7 halaman

Real Madrid Tidak Kreatif

Satu hal yang paling menonjol dalam pertandingan ini adalah Real Madrid miskin kreativitas. Statistik mencatat Real Madrid memiliki 70 persen penguasaan bola.

Namun, mereka tercatat hanya mampu membuat sembilan tembakan dalam laga ini, dan hanya satu yang tepat sasaran.

Masalah kreativitas ini harus segera diselesaikan jika Real Madrid ingin mempertahankan gelar juara mereka.

3 dari 7 halaman

Cuaca Buruk Jadi Penghalang

Faktor non-teknis juga memengaruhi jalannya pertandingan. Faktor tersebut adalah masalah cuaca.

Pertandingan ini digelar saat terjadi hujan salju. Permukaan lapangan El Sadar sempat tertutup salju sehingga panitia pertandingan harus bekerja keras membersihkan salju tersebut.

Salju yang ada di atas lapangan ini besar kemungkinan menjadi penyebab performa tim, terutama Real Madrid, menjadi tidak optimal. Lapangan licin memang berpotensi membuat para pemain menjadi cedera.

4 dari 7 halaman

Pertahanan Real Madrid Lengah

Satu hal yang perlu diperbaiki oleh Real Madrid setelah pertandingan ini adalah konsentrasi para pemain bertahan mereka.

Dalam laga ini, Osasuna memang kalah penguasaan bola. Namun, mereka kerap mengancam melalui serangan balik.

Dari pengamatan kami, bek Real Madrid kerap terlambat merespons serangan balik sang tuan rumah, sehingga Thibaut Courtois harus bekerja ekstra keras untuk menggagalkan serangan balik tersebut.

5 dari 7 halaman

Eden Hazard Belum Bisa Diandalkan

Pemain yang harus disorot pada laga ini adalah Eden Hazard. Playmaker Real Madrid asal Belgia itu kembali dipasang sebagai starter oleh Zidane.

Dalam dua laga sebelumnya ia masuk sebagai pemain pengganti. Namun, kali ini ia bermain selama 75 menit, tapi minim kontribusi.

Ia bahkan tidak melepaskan satupun tembakan dalam laga tersebut. Hazard masih belum membuktikan bahwa ia bisa jadi pembeda di Madrid.

6 dari 7 halaman

Penampilan Kiper Osasuna yang Cemerlang

Pemain yang tampil ciamik di laga ini adalah kiper Osasuna, Sergio Herrera. Sang kiper tampil tangguh di bawah mistar gawang Osasuna.

Meski Real Madrid tidak membuat banyak percobaan, namun Herrera selalu sigap ketika El Real menyerang.

Ia juga mematahkan tembakan apik Marco Asensio yang berpotensi menjadi gol bagi El Real.

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 10/1/2021)

7 dari 7 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer